Ternyata Tubuh Manusia Bisa Dijadikan Sumber Energi Listrik

Sumber energi listrik adalah sesuatu yang dapat menghasilkan listrik. Listrik tersebut dapat digunakan di kehidupan sehari-hari kita. Hal tersebut menunjukkkan bahwa sumber energi listrik sangat dibutuhkan oleh manusia. Akhir-akhir ini diketahui jika tubuh manusia bisa dijadikan sumber energi listrik. Berikut adalah penjelasan mengenai fenomena tersebut.

Ternyata Tubuh Manusia Bisa Dijadikan Sumber Energi Listrik

Tubuh Manusia Bisa Dijadikan Sumber Energi Listrik
Ingatkan pelajaran IPA ketika SD? Saat SD kita akan menemukan pelajaran IPA yang membahas mengenai muatan listrik di penggaris plastik. Awalnya, penggaris plastik tersebut digosok-gosokkan ke kepala terutama rambut untuk beberapa menit. Sebelum itu potong-potonglah kertas menjadi kecil-kecil. Setelah itu, dekatkan penggaris yang telah digosok-gosok pada kertas. Maka apa yang akan terjadi? Kertas kecil-kecil tersebut akan tertarik mendekat ke penggaris plastik. Hal ini dikarenakan penggaris tersebut mempunyai muatan listrik setelah digosok di rambut.

Beberapa orang belum mengetahui peristiwa apa yang benar-benar terjadi pada sumber energi yang jarang anda ketahui. Ternyata semua benda yang ada di dunia memiliki atom. Seperti halnya di tubuh manusia, peristiwa pada penggaris dapat juga terjadi pada tubuh manusia.

Kenapa setelah digesek ke rambut, penggaris memiliki energi listrik? Tubuh manusia memiliki atom bermuatan positif (proton), negatif (elektron), dan netral (neutron). Di antara ketiga atom tersebut, elektron adalah atom yang paling mudah berpindah. Sebenarnya kita hidup dipenuhi dengan listrik berjenis statis. Adapun yang kita lakukan dapat menghasilkan listrik statis meskipun itu dalam kadar yang kecil. Hal-hal tersebut antara lain berjalan, duduk, bersandar, dan tidur. Muatan listrik yang kecil membuat kita tidak dapat merasakan efeknya secara nyata atau jelas.

Namun, tak semua muatan yang dihasilkan bermuatan kecil. Muatan tersebut dapat menjadi besar apabila terakumulasi secara terus-menerus hingga membesar. Hal inilah yang kadang membuat seseorang kesetrum lebih besar juga. Fenomena ini sebenarnya telah ada pada 200 tahun yang lalu. Pada zaman tersebut mengatakan bahwa panas pada tubuh manusia dimungkinkan dapat menjadi sumber energi listrik. Pendapat ini dikeluarkan oleh seorang fisikiawan, Thomas Johann.

Sebagai contohnya adalah pengisian ulang pada gadged melalui panas tubuh manusia. Seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan Perpetua saat mengembangkan energi listrik. sebuah gebrakan diproduksi dalam bentuk gelang yang berguna untuk pengisian ulang gadget hingga menghasilkan energi listrik 3-4 volt. Konsep kerja tubuh manusia sebagai sumber energi listrik yang digunakan adalah dengan suhu panas dan dingin pada tubuh manusia. Tubuh manusia mempunyai suhu hingga mencapai 37,1 cecius. Suhu ini memiliki panas yang lebih dari suhu disekitar. Sehingga pada nantinya panas tersebut akan dialirkan ke gadget melalui bluetooth.

Mungkin hal ini sulit dipercaya karena belum ada bukti yang nyata dan diproduksi secara massa sehingga dapat berguna bagi masyarakat secara langsung. Namun, hal ini telah membuktikan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan kita dengan begitu indah. Segala sesuatu yang ada di tubuh manusia, baik itu sel, jaringan, organ dan yang sebagainya mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing. Begitu juga dengan suhu tubuh, suhu tubuh yang panas dapat menghasilkan sumber listrik meskipun itu masih terlalu kecil untuk merasakan pengaruhnya. Di masa depan panas tubuh menjadi sumber energi listrik akan direalisasikan.

Demikian tubuh manusia bisa dijadikan sumber energi listrik. Penemuan ini sangatlah bermanfaat dan dapat menjadi suatu gebrakan terbari di bidang SAINS. Namun, hal ini harus diteliti lebih lanjut dan mendalam. Jika memang benar, tugas selanjutnya adalah bagaimana pengoptimalan kita terhadap kelebihan di tubuh manusia.
0 Komentar untuk "Ternyata Tubuh Manusia Bisa Dijadikan Sumber Energi Listrik"

Back To Top