Ternyata Lubang Hidung Kanan dan Kiri Punya Fungsi Berbeda

Lubang hidung kanan dan kiri punya fungsi berbeda, banyak orang tidak mengetahui perbedaan tersebut. Masing-masing lubang hidung memiliki fungsi yang berbeda hingga bisa memiliki khasiat penyembuhan. Lalu fungsi dan perbedaan apa saja dari lubang hidung kanan dan kiri?

Ternyata Lubang Hidung Kanan dan Kiri Punya Fungsi Berbeda

Kinerja Lubang Hidung Kanan dan Kiri Punya Fungsi Berbeda 
Berikut beberapa perbedaan fungsi dari lubang hidung kanan dan kiri:

1. Tahukah Anda lubang hidung punya fungsi yang berbeda? Ternyata fungsi dari lubang hidung kanan dan kiri memiliki perbedaan. Lubang hidung sebelah kanan lebih dominan mengeluarkan hawa panas tubuh dan untuk lubang sebelah kiri mewakili hawa dingin. Contohnya saja pada saat sakit kepala Anda bisa mencoba menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafas melalui lubang kiri, lakukan berulang selama 5 menit hasilnya sakit kepala Anda akan sembuh. Kasus lainnya adalah pada saat merasa lelah lakukan pernafasan secara bolak balik selama kurang lebih 10 menit maka tidak lama kemudian rasa lelah Anda hilang. Banyak orang yang tidak mengetahui rahasia lubang hidung manusia yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit. 

2. Kondisi pernafasan antara laki-laki dan perempuan ternyata berbeda, perempuan cenderung bernafas lebih melalui hidung sebelah kiri, hal itu berkorelasi dengan hati yang mudah sekali dingin. Sedangkan untuk laki-laki lebih cenderung bernafas dengan hidung sebelah kanan, sehingga lebih mudah marah.

3. Pada pagi hari kecepatan bernafas antara lubang hidung kiri dan kanan berbeda. Jika lubang hidung sebelah kiri bernafas cepat itu tandanya Anda sedang merasa sangat lelah.

Masih ada beberapa orang yang bertanya apa perbedaan fungsi lubang hidung kanan dan kiri? Sejatinya setiap lubang hidung manusia bekerja secara independen dan sangat bermanfaat dalam metabolisme tubuh. Pada saat kedua lubang hidung bekerja bersamaan maka kimia tubuh juga mengalami perubahan. Tahukah Anda? Jika lubang hidung kanan dan kiri memiliki sisi berlawanan dari belahan otak dan lobus penciuman. Saluran hidung dalam kontak langsung dengan hipotalamus di otak. Hipotalamus sangat berperan dalam emosi dan motivasi manusia. Saraf dalam lubang hidung dihubungkan dengan sistem saraf otonom dan respons neuromotor. Nantinya neuromotor ini memiliki fungsi untuk mempengaruhi belahan otak bernama hemisphere dan berperan juga terhadap aktivitas kimia otak serta berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Ada satu keunikan yang perlu diketahui bahwa bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri dapat mempegaruhi aktivitas otak sebelah kanan dan sebaliknya. Seperti yang kita ketahui belahan otak kanan memiliki peran untuk mendukung kemampuan visual, relaksasi, emosional, dan kegiatan bersifat feminism. Untuk belahan otak kanan memiliki fungsi mempegaruhi kegiatan verbal, olahraga, dan rasional.

Dua lubang saluran pernafasan yang memiliki tugas masing-masing ini juga mempunyai karakteristik menarik. Ketika hidung mencium bau, akan ada partikel yang masuk ke hidung dan untuk mengetahui atau mengenali bau tersebut ada satu sensor di dalam hidung. Ada beberapa kendala yang pernah Anda rasakan seperti pada saat sakit flu, salah satu atu kedua lubang hidung pasti mengalami gangguan. Tetapi ada satu materi yang bisa didapat dari sakit flu dimana jika satu lubang hidung mengalami mampet maka kinerja lubang lainnya akan bekerja dua kali lipat.

Ternyata Lubang hidung kanan dan kiri punya fungsi berbeda, sekarang Anda tahu tentang fungsi masing-masing dari lubang hidung, alangkah baiknya kita membersihkan dan menjaga lubang hidung dari kotoran!
0 Komentar untuk "Ternyata Lubang Hidung Kanan dan Kiri Punya Fungsi Berbeda"

Back To Top