Jika Tengah Malam Lapar, Minum Saja Air Hangat

Makan adalah salah satu keperluan pokok yang harus terpenuhi. Pada umumnya, kita makan tiga kali sehari, yakni pagi, siang, dan malam. Namun, tak jarang dari kita yang masih merasakan lapar di tengah malam. Hal ini akan sangat mengganggu terutama bagi mereka yang sedang diet. Tapi jangan khawatir, tengah malam lapar, minum saja air hangat.

Jika Tengah Malam Lapar, Minum Saja Air Hangat

Tengah Malam Lapar, Minum Saja Air Hangat Lebih Bermanfaat
Malam hari merupakan waktu dimana semua sistem dalam tubuh beristirahat setelah seharian beraktivitas. Selain itu, kita juga mengistirahatkan tubuh dengan tidur. Namun, kadang kita terbangun di tengah malam karena rasa lapar. Apabila kita menuruti nafsu makan ini maka akan mengganggu kesehatan tubuh terutama para sistem pencernaan. Kemampuan untuk kelabuhi nafsu makan di malam hari dapat membantu kita menghilangkan rasa lapar dengan benar dan tepat.

Dr. Darmono seorang pakar gizi mengungkapkan bahwa rasa lapar pada malam hari merupakan sensasi semata. Sensasi itu muncul ketika keinginan untuk makan juga mucul. Karena seharusnya, jika kita sudah makan pada jam 19.00 sampai 20.00 maka lambung kita sudah penuh dan kenyang. 

Selain sebagai seorang pakar gizi, ia juga mengajar di Universitas Diponegoro. Ia menambahkan bahwa lapar di tengah malam bukanlah karena porsi makan malam yang kurang. Namun, rasa yang tidak terpenuhi setelah makan makanan yang berkarbohidrat lebih. Jadi, hal ini lebih mengarah pada keinginan bukan kebutuhan.

Perut lapar tengah malam, minum air hangat karena rasa lapar ini bisa dipenuhi dengan meminum air hangat. Jadi apabila kita merasa lapar pada malam hari, hindari untuk makan makanan berat karena sebenarnya pada waktu itu sistem pencernaan kita sedang beristirahat. Maka dengan minum air hangat, selain menghilangkan rasa lapar juga dapat menjaga sistem pencernaan kita. Selain itu, makan makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya dapat menyebabkan kegemukan dan diabetes yang berbahaya untuk kesehatan.

Beberapa orang memilih untuk memakan cemilan ringan untuk memenuhi rasa laparnya pada malam hari. Namun, ternyata hal ini juga tidak di rekomendasikan oleh Darmono. Karena menurutnya, cemilan ringan dengan rasa manis maupun gurih juga memiliki kandungan energi seperti nasi. Oleh karena itu juga dapat menyebabkan kegemukan.

Solusi lapar di tengah malam yang paling tepat untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari bahaya diabetes adalah minum air hangat. Jika dengan hal itu kita masih merasakan lapar, maka kita dapat memakan sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan ini tidak mengandung energi, justru mengandung serat yang cukup tinggi jadi aman untuk dikonsumsi pada malam hari.

Apabila rasa lapar pada malam hari sering muncul, maka Darmono menyarankan untuk berkonsultasi pada dokter. Dokter akan menghitung keseimbangan positif pasien, dan memberikan saran makanan apa yang cocok untuk dimakan secara spesifik. Karena hal ini bisa menjadi indikasi masalah pada sistem pencernaan.

Demikian penjelasan kenapa tengah malam lapar, minum saja air hangat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit diabetes. Karena rasa lapar yang ada hanyalah suatu keinginan bukan kebutuhan. Jadi kita harus bisa mengendalikan rasa lapar itu dengan minum air hangat atau makan makanan berserat sepeti buah-buahan dan sayur-sayuran. Konsultasi dengan dokter akan terasa lebih tepat karena ia mengetahui makanan apa yang cocok untuk kita secara spesifik. Terlebih setiap orang membutuhkan kadar gizi yang berbeda sesuai dengan usia dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari.
0 Komentar untuk "Jika Tengah Malam Lapar, Minum Saja Air Hangat"

Back To Top