Newspaper Rock, Surat Kabar Tertua yang Ditulis di Batu Kuno

Surat kabar sangat terkenal pada zaman dahulu, zaman di mana belum ada alat-alat canggih seperti sekarang ini. Surat kabar pun juga mengalami perkembangan sejarahnya. Bahkan telah ditemukan surat kabar yang digunakan pada batu. Inilah Newspaper Rock, surat kabar tertua yang ditulis di batu.

Newspaper Rock, Surat Kabar Tertua yang Ditulis di Batu Kuno

Inilah Newspaper Rock, Surat Kabar Tertua yang Ditulis di Batu
Surat kabar terasa tidak asing jika kita dengarkan di zaman dahulu. Perkembangan teknologi yang belum mengalami kemajuan yang berarti membuat orang-orang harus menggunakan surat kabar untuk menuliskan sebuah periwtiwa atau suatu hal untuk disebarkan kepada khalayak ramai. Terlebih jika tulisan tersebut ada di atas batu. Hal ini menunjukkan peradaban yang cukup lama karena penggunaan batu tersebut. Namun, jika dilihat dari ukiran yang ada, batu ini memiliki berbagai bentuk ukiran yang artistik dengan berbagai makna di dalamnya.

Apabila kita mendengarkan kata Newsaper maka yang terbesit di dalam benak adalah lembaran-lembaran kertas, perangko, dan masih banyak lagi. Kertas tidak terdapat di kehidupan zaman dahulu. Oleh karena ada beberapa di antara mereka yang menuliskan sebuah simbol di batu. Inilah Newspaper Rock, surat kabar tertua yang didunia di batu.

Beberapa orang belum mnegetahui akan keberadaan newspaper rock ini. Namun, melalui artikel ini kita akan membahas mengenai surat kabar tertua ini. Kita akan mendapatkan banyak hal yang bisa menjadi pelajaran. Oleh karena itu, simaklah artikel yang berisi sejarah surat kabar tertua, Newspaper Rock. Newspaper ini sudah cukup dikenal masyarakat Amerika Serikat. Tidak seperti newspaper pada umumnya, surat kabat ini terbuat dari persegi empat batu dengan luas 200 kaki. Kita dapat menjumpai batu ini di San Juan County, Utah. Batu ini berisi penuh tuliasan atau ukiran (petroglyps) di atasnya. Newspaper rock adalah surat kabar tertua.

Newspaper tersebut memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri. Ukiran tersebut terasa memiliki sangat banyak arti. Berbagai gambar terkesan mewakili aktivitas yang terjadi pada kala itu. Batu tersebut memiliki ukiran batu (petroglyps) yang terdapat gambar hewan, manusia, dan beberapa bentuk abstrak seperti budaya kuno Angio, Navajo, dan Anasazi. Berdasarkan laporan dari Amusing Planet, sejarah surat kabar ukiran ini dutulis sejak 2000 tahun yang lalu. Surat kabar ini merupakan benda petrohlyps yang tertua dan terawat hingga saat ini. Sehingga dapat dengan mudah dilihat oleh orang-orang yang ingin melihatnya.

Berdasarkan sejarah, pada zaman dahulu masyarakat suku Anasazi memanglah terkenal dengan kemampuan ukir batunya. Mereka menggambarkan manusia dan berbagai domba bertanduk besar yang menunjukkan perburuan mereka. Tidak hanya itu, ada beberapa ukiran yang menjelaskan mengenai perisai prajurit di atas kuda sehingga menunjukkan peperangan yang terjadi pada zaman dulu. Sekarang ini, surat kabar ukir di batu ini telah menjadi situs bersejarah dilindungi. Di sekeliling batu ukir tersebut dibatasi dengan pagar seluas 10 kaki untuk mnegantisipasi pada pengunjung yang ingin merusaknya.

Demikian newspaper rock, surat kabar tertua yang ditulis di batu. Surat kabar ini tidak memiliki bentuk yang sama dengan surat kabar pada umumnya. Di atas batu koran ini terdapat berbagai ukiran yang memiliki arti di masa yang lalu. Sehingga kemudian batu ini dijadikan sebagai situs bersejarah di daerah tersebut. Oleh karenanya, sebagai masyarakat kita juga harus ikut menjaga peninggalan bersejarah tersebut agar dapat bertahan lama sehingga anak cucu kita dapat melihatnya.
0 Komentar untuk "Newspaper Rock, Surat Kabar Tertua yang Ditulis di Batu Kuno"

Back To Top