Flying Fish, Ikan yang Bisa Terbang Sejauh 400 Meter

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Salah satu kekayaannya berada dalam perairan, yakni ikan. Berbagai macam ikan dapat kita jumpai diperairan Indonesia, baik itu yang bisa dimakan atau tidak. Flying fish adalah salah satunya. Flying fish merupakan ikan terbang yang cukup terkenal.

Flying Fish, Ikan yang Bisa Terbang Sejauh 400 Meter

Inilah Flying Fish, Ikan yang Bisa Terbang Sejauh 400 Meter
Sebagian besar ikan hidup dengan insangnya dan berenang di dalam air. Sehingga aneh rasanya jika kita mendengar ada ikan yang bisa terbang. Apabila itu hanya sebuah loncatan dari dalam air masihlah wajar. Berbeda halnya dengan ikan ini yang bisa keluar dari perairan dan terbang pada jarak 200 meter bahkan ada yang sampai 400 meter.

Mengenal ikan terbang (flying fish) hewan ini mempunyai sirip besar, sekitar 30 sampai 45 cm. Ikan ini terbang dengan kecepatan hingga 60 km/jam dan bisa menempuh jarak 30 hingga 50 m. Bahkan jaraknya bisa mencapai ratusan meter atas bantuan ombak. Rekor ikan dengan terbang terlama mencapai 45 detik. Flying fish menggunakan badan aerodinamisnya dalam menembus dengan kecepatan tinggi permukaan air. Kemudian dengan sirip besar dan anehnya berguna untuk menjaganya agar tetap melayang di atas permukaan air.

Ikan terbang bukanlah hewan terbang seperti halnya burung. Flying fish hanya sekedar melayang di atas permukaan laut dengan jarak tempuh 200 meter dan dengan ketinggian yang cukup. Terkadang hal ini terlihat tdak sengaja, ikan bisa saja melayang dan berada di dek kapal laut. Ikan terbang memiliki berbagai spesies mencapai 40 lebih. Alasan ikan ini terbang keluar dari air adalah untuk menghindari predator yang ingin memangsanya, yakni ikan tuna, marlin, mackerel, dan swordfish. Meskipun demikian, mereka juga garus memperhatikan keadaan di atas atau diudara. Mereka juga harus menghindar dari predator burung. Mereka juga sangat dicari oleh para nelayan sebagai santapan yang sangat nikmat bagi orang-orang Jepang.

Cara ikan untuk dapat terbang ini cukuplah sederhana. Awalnya ikan-ikan tersebut melakukan akselerasi di dalam air hingga 70 km/jam dengan bantuan kepakan ekor mereka. Sesekali mereka akan melompat ke atas air dan sirip mereka akan mengembang untuk memanfaatkan angin agar dapat terbang. Kadang mereka juga mengepakkan ekornya unruk dapat melompat tinggi dan mengatur arah terbang.

Terdapat salah satu spesies ikan terbang yang cukup unik, yakni memiliki 4 sirip untuk terbang. Sirip di bagian dada akan dibantu oleh sirip di bagian belakang agar mencapai ketinggian saat terbang. Meskipun ikan terbang melayang di udara ini memiliki kemampuan terbang yang sangat jauh dengan burung-burung. Tapi, ikan ini juga tidak mau kalah, mereka terbang dengan jarak mencapai 400 meter dan tak jarang mereka juga bisa membuat formasi terbang seperti halnya burung-burung di udara.

Flying fish ini memanglah salah satu jenis ikan yang cukup unik. Ia memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari berbabagi macam ikan lainnya. Fenomena ini akan menarik perhatian kita untuk melihat indahnya formasi yang akan dibentuk oleh mereka.

Demikian flying fish, ikan yang bisa terbang sejauh 400 meter. Ikan ini harus senantiasa di lindungi karena memiliki kharakteristik yang unik. Meskipun sekarang masih banyak ikan terbang yang bisa kita temui di perairan luas. Kemampuan mereka dalam tebang mampu menjadi daya tarik tersendiri saat kita melihatnya.
0 Komentar untuk "Flying Fish, Ikan yang Bisa Terbang Sejauh 400 Meter"

Back To Top