Ternyata Buaya Lebih Pintar dari yang Kita Duga

Buaya merupakan binatang buas yang biasanya berdiam diri di dalam suangai atau danau, meskipun hanya diam ternyata buaya lebih pintar dari yang kita duga. Buaya ini merupakan predator yang sangat berbahaya karena hewan ini dapat memangsa manusia yang berada di sekitarnya, dengan mulutnya yang lebar dan gigi tajamnya maka mudah bagi buaya untuk menangkap mangsanya.

Ternyata Buaya Lebih Pintar dari yang Kita Duga

Inilah Faktanya, Ternyata Buaya Lebih Pintar dari yang Kita Duga
Meskipun terlihat hanya diam di permukaan air saja, ternyata buaya memiliki kepintaran yang lebih dari bayangan kita. Buaya memang terlihat seperti binatang yang paling malas karena binatang buas ini selalu berjemur di pinggiran sungai dan terlihat sangat santai menikmati panasnya matahari. Namun semua itu ternyata hanyalah kamuflase semata, binatang buas ini tidak semalas yang kita duga dan ternyata buaya lebih cerdas dari yang kita duga. Benarkah itu?

Ada satu penelitian yang menyatakan bahwa buaya memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Penelitian itu dilakukan oleh Vladimir Dinets yang berasal dari University of Tennessee. Dalam penelitiannya, Dinets melakukan pengamatan terhadap dua spesies buaya yaitu Muggers dan American Aligator. Buaya-buaya yang diamati ternyata sering meletakkan ranting pohon dimoncongnya dan hal ini bertujuan untuk menarik perhatian mangsanya agar mau datang kepadanya. Buaya itu tidak hanya meletakkan ranting pohon saja tetapi juga menggoyang-goyangkannya agar burung-burung yang berada disekitar tempat buaya hinggap di moncongnya karena biasanya burung akan mencari ranting-ranting pohon untuk membuat sarangnya.

Temuan pertama Dinets yaitu pada tahun 2007 di India, dia dan timnya mangamati perilaku buaya yang berada disebuah kolam. Setelah dicermati lagi ternyata buaya itu telah mengumpulkan beberapa ranting pohon diatas moncongnya. Ranting-ranting itu terlihat sangat mirip dengan sarang burung, beberapa menit kemudian ada beberapa burung yang tertarik dengan kumpulan ranting pohon yang berada diatas moncong buaya itu dan akhirnya burung-burung itu hinggap di atas moncong buaya sehingga dengan mudah buaya dapat menyergap mangsanya dengan moncongnya yang lebar. Hal ini membuktikan bahwa seekor buaya bukanlah binatang yang hanya malas-malasan berjemur di bawah sinar matahari, melainkan buaya lebih pandai dari yang kita duga karena memiliki kecerdasan dalam mengelabui mangsanya dan memiliki strategi berburu yang sangat baik dan terkoordinasi.

Penemuan ini merupakan suatu penemuan yang sangat mencengangkan bagi ilmu pengetahuan karena buaya yang terlihat sebagai hewan pemalas dan membosankan ternyata memiliki tingkat kecerdasan dalam berburu mangsanya. Jadi Anda perlu waspada dengan binatang buas ini karena meskipun terlihat diam dan malas-malasan ternyata hewan ini telah merencanakan strategi untuk memburu mangsanya.

Apakah buaya lebih pintar dari yang kita duga? Yups, kecerdasan hewan buas ini terlihat dalam strategi berburu mangsanya dengan memasang umpan berupa ranting pohon yang berbentuk mirip sebuah sarang burung yang diletakkan diatas moncongnya. Ternyata kemampuan mengalabui mangsa ini tidak hanya dimiliki oleh buaya saja, ada beberapa binatang lainnya yang juga berburu mangsanya dengan membuat jebakan untuk menarik perhatian mereka. Binatang-binatang itu antara lain bangau Butorides yang menggunakan ranting, bulu, atau buah untuk menarik perhatian mangsanya yaitu ikan, burung hantu Athene yang menggunakan kotoran hewan untuk menarik perhatian mangsanya yaitu kumbang kotoran, dan burung camar yang menggunakan sebuah umpan untuk menarik perhatian ikan Finch.

Itulah beberapa informasi seputar perilaku unik buaya untuk menarik perhatian mangsanya dan hal ini membuktikan bahwa ternyata buaya lebih pintar dari yang kita duga.
0 Komentar untuk "Ternyata Buaya Lebih Pintar dari yang Kita Duga"

Back To Top