Ternyata Inilah Buah Terlarang yang Diduga Dimakan Adam Hawa

Adam dan Hawa merupakan manusia pertama yang turun ke bumi dan mereka mendapat larangan memakan buah tertentu, inilah buah terlarang yang diduga dimakan Adam Hawa sehingga mereka diusir dari surga. Banyak pendapat yang menduga buah apa yang Adam Hawa makan dan hingga saat ini ada 12 buah yang diduga merupakan buah terlarang yang dimakan mereka. Apa sajakah buah itu?

Ternyata Inilah Buah Terlarang yang Diduga Dimakan Adam Hawa

12 buah yang diduga buah terlarang yang pernah dimakan Adam Hawa yaitu:

1. Buah Ara atau Fig
Buah Ara atau Fig disebut juga sebagai buah Tin. Buah ini merupakan buah yang sering dikaitkan dengan buah terlarang yang dimakan oleh Adam Hawa dan buah ini banyak tercantum dalam kitab suci dan kebudayaan. Tak hanya itu, para seniman sering menggambarkan Adam dan Hawa dengan penutup aurat menggunakan daun Ara ini. Ternyata buah ini banyak mengandung kalsium dan serat serta mengandung antioksidan tinggi, polyphenol, dan flavonoid.

2. Anggur
Munculnya buah ini sebagai buah terlarang yaitu dimungkinkan Hawa memetik buah anggur dan meminum sarinya yang telah diperas. Sari anggur ini memiliki efek seperti minuman keras yaitu wine sehingga memabukkan dan pakaian keduanya terlucuti. Buah ini mengandung vitamin A, C, K, B komplek, karoten dan senyawa resveratrol yang dapat mencegah penyakit kanker, jantung, dan Alzheimer.

3. Tomat
Tomat disebut ‘paradajz’ yang berarti surge dalam bahasa Slavia. Buah ini dianggap mengandung racun sebelum abad ke-17 oleh beberapa negara Eropa sehingga buah ini juga dikaitkan dengan buah terlarang yang dimakan oleh Adam dan Hawa. Ternyata buah ini mengandung vitamin A, C, dan lycopene, selain itu buah ini juga baik untuk kesehatan jantung dan juga dapat berfungsi untuk mencegah kanker prostat.

4. Apel
Kata Apel memiliki kata yang mirip dengan setan dalam bahasa latin, sehingga buah ini banyak dihubungkan dengan buah terlarang yang dimakan oleh Adam dan Hawa. Ternyata buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yaitu mencegah penyakit jantung, prostat, kanker usus, paru-paru, dan kolesterol.

5. Etrog
Salah satu dari 12 buah tersangka buah terlarang yang pernah dimakan Adam dan Hawa yaitu Etrog. Buah ini merupakan buah yang mengacu pada citrun kuning yang banyak digunakan oleh orang Yahudi pada saat hari libur seminggu penuh.

6. Gandum
Kata gandum dalam bahasa Ibrani adalah ‘khitah’ mirip dengan ‘khet’ yang berarti dosa, sehingga buah ini sering dikaitkan dengan buah terlarang. Konon dahulu kala gandum memiliki ukuran sebesar ginjal dan pohonnya setinggi pohon palem, namun setelah buah ini dimakan manusia maka pohon dan buahnya pun juga berubah seperti saat ini dan telah menjadi makanan pokok dunia.

7. Ceratonia siliqua
Buah Ceratonia ini merupakan jenis kacang-kacangan dan buah ini sering dijadikan sebagai pemanis makanan pada jaman Mesir kuno. Buah ini banyak diolah menjadi sirup dan telah terkenal sebagai emas hitam dari Malta dan Siprus. Selain itu polongnya digunakan untuk makanan ternak khususnya keledai.

8. Buah Delima
Buah delima banyak dibudidayakan oleh berbagai negara di dunia dan diproduksi dalam bentuk jus. Buah ini banyak disebutkan dalam teks-teks kuno dan kitab-kitab sehingga sering dikaitkan sebagai buah terlarang. Di India buah ini telah digunakan sebagai obat trdisional sejak dahulu kala.

9. Pir
Buah-buah dugaan terlarang di masa nabi Adam lainnya yaitu Pir. Kata ‘pir’ mirip dengan bahasa yunani yaitu ‘apios’ yang berarti tempat para peri, sehingga buah ini juga sering dikaitkan dengan buah terlarang.

10. Datura
Datura merupakan buah yang sering digunakan sebagai racun dan halusinogen selama berabad-abad lalu karena dalam bunga dan biji tanaman ini mengandung alkaloid tropane seperti hiosiamin, skopolamin, dan atropine.

11. Quince
Quince juga dikenal sebagai Akkadians, sebagian besar tanaman ini memiliki zat asam dan keras. Buah ini biasa dimanfaatkan untuk membuat jelly, selai, dan puding. 

12. Jamur Amanita muscaria
Jamur ini merupakan tanaman yang dianggap beracun meskipun kasus kematian akibat mengkonsumsinya belum ditemukan, namun jamur ini juga banyak dimanfaatkan untuk membuat minuman keras oleh orang Siberia.

Inilah buah terlarang yang diduga dimakan Adam Hawa sehingga keduanya diusir dari surga dan turun ke bumi.
0 Komentar untuk "Ternyata Inilah Buah Terlarang yang Diduga Dimakan Adam Hawa"

Back To Top