Ternyata Fenomena Facebook Sudah Disinggung Dalam Al-Qur’an


Facebook adalah salah satu media sosial yang telah berkembang sejak beberapa tahun lalu. Dengan facebook kita bisa berkomunikasi dengan orang dimana pun dan kapan pun. Kita bisa saling bercakap, berbagi foto, video, status, dan masih banyak lagi. Ternyata fenomena facebook sudah disinggung oleh al-Qur’an.

Ternyata Fenomena Facebook Sudah Disinggung Dalam Al-Qur’an

Subbhanallah, Ternyata Fenomena Facebook sudah Disinggung Al-Qur’an
Perkembangan jaman membuat teknologi semakin modern. Salah satu fenomena yang sedang terkenal adalah adanya berbagai macam medsos seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, Line, dsb. Facebook lebih dahulu dikenal daripada yang lain. Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg dan kawan-kawannya pada tahun 2004.

Jejaring sosial ini sudah digemari sejak awal kemunculannya. Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini, baik itu murid, mahasiswa, hingga para pekerja. Tapi, ternyata fenomena facebook sudah disinggung dalam Al-Qur’an.

Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa manusia mempunyai sifat suka mengeluh. Apabila ia diberi kesusahan ataupun musibah, ia selalu berkeluh kesah. Namun, jika ia diberkahi dengan kebaikan atau nikmat maka ia akan menjadi kikir. Hal tersebut telah menjelaskan fenomena jamaah “fesbukiyah” pada umumnya.

Apabila kita lihat di wall Facebook, maka kita akan menemui status-status yang bertebaran. Kebanyakan dari status itu merupakan keluh kesah yang sedang ia hadapi. Hal ini serupa dengan sinetron-sinetron yang ada. Mulai dari jerawat, bisul, hingga sakit punggung semuanya ada di sana. Tidak hanya itu, masalah cuaca pun sering diperbincangkan. Saat cuaca panas atau dingin, banyak di antara mereka yang membuatnya menjadi status, seperti “Kepanasan nih, minum es enak kali yaa”. Semuanya pun bisa dijadikan status, situs jejaring sosial sudah disinggung Al-Qur’an karena keluh kesah ini.

Tidak sampai disitu. Bahkan ibadah juga dipost, seperti “Akhirnya bisa buka puasa bersama teman-teman, moga besuk bisa lagi”, ada juga yang membuat status “Alhamdulillah, bisa khatam Al-Qur’an 2 kali”. Status tersebut bisa membuat orang yang membacanya menganggap bahwa ia pamer atau riya terhadap ibadah. Tapi semoga saja mereka berniat untuk menyebarkan kebaikan agar menjadi contoh bagi orang lain.

Sepertinya ada salah satu hal yang belum pernah dijadikan status, yakni masalah shalat. Sebagai contohnya “Baru shalat Jumatan nih, dan ini sudah rakaat kedua. Tapi bacaan imamnya panjang-panjang, jadi capek deh”.

Ternyata fenomena facebook sudah disinggung di Al-Qur’an yang mengatakan bahwa apabila seseorang diberi kebaikan maka ia akan menjadi kikir. Sebagai contohnya adalah saat gaji naik, makan enak, mobil baru maka status yang muncul hanya sekedar pemberitahuan.

Namun sepertinya ada juga status yang belum pernah dibuat seperti, “Aku nemuin uang 100 ribu nih, kalau mau ditraktir langsung dateng aja ke kantin sebelah”. Nah, kalau berstatus ini kan akan menyenangkan banyak orang.

Sesungguhnya Facebook seperti dua mata pisau yang dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi penggunanya. Namun, niat awal pembuatan ini cukuplah bagus. Pendirinya menginginkan bahwa Facebook bisa dijadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi, berbagi pengalaman, foto, video atau yang lain sebagainya, meskipun berada di lokasi yang jauh berbeda. Namun, jika penggunaannya disalah gunakan maka bisa merugikan dirinya sendiri bahkan orang lain.

Demikianlah ternyata fenomena Facebook sudah disinggung Al-Qur’an. Sifat mengeluh hendaknya dikurangi karena sudah sepantasnya kita selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberi oleh Allah. Karena dengan bersyukurlah kita bisa mendapatkan kebahagiaan sejati. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kita dan menjadikan kita lebih baik lagi dari sebelumnya.
61 Komentar untuk "Ternyata Fenomena Facebook Sudah Disinggung Dalam Al-Qur’an"

kayanya sifat2 manusia seperti itu juga udah dari dulu deh,jauh sebelum fb itu ada

Mengabarkan berita dari ufuk barat sampai ke ufuk timur

Memang benar kang imron. Tp dg adanya fenomena fesbuk ini kenyataan tentang semua itu menjadi semakin jelas dan real bahwa sifat manusia itu suka berkeluh kesah dan bahkan untuk hal sesepele apapun

Terlalu mengada-ada jangan melihat dari satu sudut pandang saja karena msh banyak yang di untungkan seperti bisa jualan gak usah punya toko atau bisa menjalin tali silaturahmi yang putus karena jarak. Jadi jgn selalu melihat dari satu sisi saja, Mungkin emang sifat orang indonesia jg kali yah lihat orang lain susah sorak klo orang lain senang sirik

ayatnya dan landasannya cantumkan dong

Jgn nyinggung yg laen2lah... benerin diri sendiri aja sulit... mo nyambangin yg laen pula...

Be positive thinking

surat AL-Ma’arij ayat 19-21 :

“Sungguh,manusia di ciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah. Dan apabila mendapat kebaikan dia jadi kikir"

ambil hikmahnya sja lah.. baik fb maupun artikel ini
...

Di alquran ada jg tuh petunjuk tentang membuat kue, membuat bubur kacang hijau, nasi lemak, handphone dsb. Cari aja pasti dapat. Pokoknya alquran tuh top banget deh. Makanya semua penemuan di dunia ini asalnya dari arab, krn alquran adanya di arab. Mobil, pesawat, handphone, komputer dsb semua dari arab. Hebat kan? Preeeeettt.....

Pastinya Al quran tuh hebat banget, isinya ga pernah direvisi, kata2 kalimat huruf titik koma, jumlah ayat dan surat sama terus g kurang dn g lebih. Bangganya beriman Islam, sampai akuntansipun ada ilmunya disitu.

Satu satunya kitab yg dpt menyesuaikan zaman. Ga bakal bosen baca kisah2 penuh makna di Al quran. Coba sering baca terjemahnya, thats AWASOME

Yg jelas al-quran tak akan berubah hingga umur jagat raya ini, dan cobalah kita baca,kita teliti maknanya,kalian pasti tau....

Kayanya anonymous sakit hati tuh bahwa alquran bener hahaha

Udah man-teman, biarin aja, mungkin dia iri dengan kita yg muslim, hahaha

Ssstttt....
Jangan Rameee.....
Intropeksi Diri lah......
Ambil Hikmah nyaa....
Ambil perkara yg baek dan Buang Perkara yg Buruk

tergantung pemakaiannya juga sih,,,

Ajab tuhan lah yg akan membalasmu anonimous,

Klaim...klaim...klaim..? Hanya itu yang bisa dilakukan umat ini

Ia tuh sakit hati bgt kayanya dia haha

Yang bikin umat lain
Umat ini tinggal pake, klaim, sambil mengkafirkan.

menurut saya yang awam, bukankah ayat tersebut membicarakan tentang sifat dasar manusia? yng jika diberikan kesusahan, ia akan mengluh dan jika diberikan kebaikan, ia akan menjadi kikir. Tanpa adanya facebook atau jejaring sosial lainnya setiap orang pasti suka mengeluh, entah mengeluh sama teman, sama orng tua, tetangga, mengeluh pada diri sendiri,, bahkan mengeluh pada Tuhan. Fenomena mengeluh seperti ini bukan hanya pada zaman sekarang,, dari sejak jaman purbapun saya kira manusia suka mengeluh atau memiliki sifat kikir. So, ayat tersebut hanya menegaskan tentang sifat dasar manusia, sama sekali tdk membicarakan khusus tentang fenomena facebook, karena di facebook isinya bukan hanya tentang status keluhan orang melulu atau status pamer2 lainnya,, tetapi sangat beragam. toh juga selain facebook atau medsos lainnya,, sms, telp, surat menyurat, blog, buku, dll, itu semua juga merupakan sarana buat keluh kesah. CIMW

Menurut aku facebook memang byk mengandung keluh kesah, walaupun di medsos lain jg ada. Pemilihan judul artikel ini berdasarkan fenomena yg muncul, setiap org memiliki facebook. Tak pat dipungkiri, aku pun jg sering mengeluh dan pamer apapun di facebook. Seharian aku bisa buka facebook dan melupakanku pada kewajibanku. Memang sebagian orang yg sepertiku, tp sebagian itu sudah byk dibandingkan dgn medsos lain. Tanpa disadari terkadang aku melupakan Allah. Astagfirullah aladzim
Waallahualam.

katanya disinggung al qur'an, mana dalilnya ?

Anjing jgn ngjelek jelekin alquran... dasar kafir

Biar allah yg membalas semuanya,
Amin

Biar allah yg membalas perbuatanmu

paling tidak sy bertrimakasih karna udah mengingatkan ............jujur sj blakangn ini sy jarng bc al qur an

ini sudah akhir zaman, dimana manusia berbicara menggunakan tangannya (mengetik) , dibandingkan menggunakan mulutnya (berbicara), yxs

Al qur'an di surah mana dan ayat berapa klw boleh tau secara jelas,terimakasih..

Hanya orang yang bertaqwa yang menjadikan al - qur'an itu petunjuk,albaqoroh ayat 2.Hanya orang2 bertaqwalah yang diberikan petunjuk,sungguh orang yang mendapatkan keberuntungan itu adalah orang yang bertaqwa albaqarah ayat 5. Meremehkan al-qur'an sama aja meremehkan Allah, sungguh engkau telah menyekutukan Allah.
Sadarlah sebelum terlambat

Kali ini penulis keliru krn judul tidak bs dijelaskan dgn jelas dlm pembahasan.
Saran: penulis hrs lbh banyak membaca agar tulisannya berkualitas lbh baik, lbh korelatif, deskriptif, berimabg, rasional sehingga tidak menyulut sentimen negatif dr pembaca sekuler.
Agama Islam adalah agama rasional ktk benar dlm penjelasannya, jk penulis keliru menjelaskan, maka justru memojokkan Agama Islam.

Wis... ngono tok? Tulisannya kurang dalam, kurang bisa menjelaskan lebih detail korelasi antar keduanya : realita dan yang tertulis di Al Quran.

Mohon tolong cantumkan surah dan ayatnya
trimakasih.

Ya bro, memang sudah ada, tapi dengan adanya FACEBOOK, makin kelihatan ternyata makin banyak orang yang seperti itu di dunia....

ini mah di sambung sambungin kali, saya setuju dengan alquran sebagai pedoman hidup. dan hal hal yang ada di dunia ini juga banyak yang berkaitan dengan alquran.
tapi saya tidak melihat adanya yang berkaitan dengan kata atau firman allah yang berbunyi tentang media sosial ( dengan kata lain merujuk, akan adanya masa dimana orang sering posting dan upload dan suka pamer foto selfie ) kalo sombong dan suka mengeluh sih, iya kali dari dulu jaman nabi adam diciptakan, udah ada yang sombong yaitu setan.

Kafir yg cerdas anda.. teliti lagi yg baca ini jgn sampai kehasut... secara ga langsung orang ini menyamakan derajat kitab suci umat muslim dan fb yg hanya buatan manusia.. garis bawah dari sYa.. klw lgi susah kita update di fb tapi klw lgi senang engga ,, hanya pemberitahuan saja..Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa manusia mempunyai sifat suka mengeluh. Apabila ia diberi kesusahan ataupun musibah, ia selalu berkeluh kesah. Namun, jika ia diberkahi dengan kebaikan atau nikmat maka ia akan menjadi kikir.. itu adalah ciri ciri manusia yg tidak bersukur .. bkn berarti fb itu baik dalam hal yg anda maksud.. fb dipakai untuk berkomunikasi itu bagus bisa dikatakan baik.. tpi fb kalau dijadikan tempat berkeluh kesah ataupun berdoa ataupun bersukur itu sepenuhnya tidak baik.. sesungguhnya tempat yg baik itu hanya kepada tuhan.. anda termasuk kafir yg cerdas mampu membuat penyamaran seperti ini secara tidak langsung anda membuat stetmen umat islam terhadap fb itu sepenuhnya baik sehingga mendorongnya lebih antusias lagi bermain fb karena menurut anda kebiasaan status difb itu sudah disinggung di alquran . Berarti secara tidak langsung anda menganggapkan fb itu suatu media yg diridhai dan ditakdirkan oleh tuhan. .. klw anda memang cerdas atau anda hanya orang yg fakir alias miskin yg membutuhkan uang jgn seperti cara anda.. berpikirlah untuk mencari pekerjaan yg halal.. kalau anda tidak suka dengan agama islam pelajarilah dengan kecerdasan anda

Ini saya suka comment nya. Lebih objektif dan tidak memaksakan penafsiran kayak artikel dia atas. Saya setuju pendapat Anda.

Saya setuju dengan Anda. Tapi disini kelihatan banget komentatornya terlalu mudah termakan opini.

Bro...kan dah disebut diatas...tergantung org yg menggunakannya utk apa...klo utk dagang positif kan bagus...klo digunakan utk yg jelek ya maka jelek juga...biasakan baca lengkap..dimengerti baru deh komentari....

banyak yg perlu diperbaiki dlm diri,dr pada berdebat tiada arti,pisau jd berguna klw buat motong sayuran,tp jd petaka klw buat bunuh orang jd berpulang ke pengguna FBnya bukan aplikasinya!!

pisau akan bermanfaat klw dipake buat motong sayur,tp jd petaka klw buat bunuh orang,jd berpulang lg ke pengguna nya,mw dibuat gmna FBnya!

Ingat Mark Zuckenberg adaalah Yahudi tulen.Tradisi ritual orang yahudi adalah meratap di dinding ratapan.Kita tinggal mengambil pelajaran aja dari fenomena semacam ini.

di baca dari atas ke bawah jadi rame ngerebutin apa sih hehehehehe

Bener..semua hal dr yg kecil sampe yg besar sudah diterangkan dan dijelaskan oleh alquran , iqra..baca ..baca..baca..setelah di baca dipahami arti dan maksudY,insya allah qta semua dlm lindunganY .. aamiin

Bener bgt...semua hal dri yg kecil sampai yg besar ada di alquran,iqra..baca..baca..setelah dibaca , dipahami dimengerti,memang bahasaY dirubah oleh manusia krn penemuanY itu tdk ingin org tau kalau penemuan itu jiplakan dr alquran.allah maha besar,allah maha tau,allah maha kuasa.. jgn kau menuding apa yg engkau sebenarY tidak engkau ketahui sepenuhnya,maka iqra..

Back To Top