Benarkah Mandi Malam Menyebabkan Rematik?

Mandi adalah salah satu kegiatan rutin yang kita lakukan setiap hari. Bahkan 2 kali dalam sehari, yakni pagi dan sore. Meskipun masih banyak orang yang mandi pada malam hari, namun ada juga yang menghindari untuk mandi malam. Benarkah mandi malam menyebabkan rematik?

Benarkah Mandi Malam Menyebabkan Rematik?

Benarkah Mandi Malam Menyebabkan Rematik pada Tulang?
Nasihat orang terdahulu mengatakan jika kita mandi malam, maka kita akan terkena penyakit rematik. Nasihat ini di dapatkan dari pengalaman orang-orang terdahulu yang membandingkan antara penderita rematik yang suka mandi malam dan tidak. Dan hasilnya, orang yang suka mandi malam rentan terhadap penyakit rematik. Meskipun tidak ada penjelasan mengenai apakah mandi malam dapat menyebabkan rematik, masih banyak orang yang percaya dengan hal ini.

Para ahli kesehatan percaya bahwa penyebab utama rematik atau nyeri sendi adalah asam urat. Dan air tidak mengandung asam urat. Apabila kita mandi pada malam hari, tidak akan terjadi apa-apa pada tubuh kita kecuali dingin karena basah terkena air. Dan kedua hal itu tidak memiliki hubungan sebab akibat. Mandi malam penyebab rematik adalah mitos dalam kesehatan.

Penderita rematik sebagian besar berasal dari mereka yang sudah berusia lanjut. Tinggal seberapa cepat ia mengalaminya. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti akan mengalami penyakit sendi ini. Hal ini dapat dipengaruhi oleh asupan gizi pada makanan. Hampir setiap makanan yang ada dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah, kecuali untuk buah-buahan.

Apakah mandi malam menyebabkan rematik? Mandi pada malam tidak akan menimbulkan penyakit rematik tapi akan memperparah rematik. Jadi untuk penderita rematik, tidak dianjurkan mandi pada malam hari. Hal ini dikarenakan dinginnya air akan membuat sendi semakin sakit. Namun, jika belum menderita rematik maka pencegahan yang baik dilakukan adalah dengan menjaga asupan makanan. Salah satu penyebab rematik adalah seringnya makan makanan yang mengandung purin. Padahal hampir semua makanan yang mengandung protein juga mengandung purin. Jika kita mengurangi makanan berprotein maka tubuh akan terasa lemas. Maka kita harus pandai-pandai mengatur komposisi makanan kita. Bagi orang muda gejala ini belum terlalu terasa, tapi akan mengganggu saat berusia lanjut.

Selain bisa memperparah penyakit rematik, mandi pada malam hari bisa menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan saat terkena air dingin, maka tubuh kita akan menjadi stress. Untuk dapat menyeimbangkan suhu tubuh, maka aliran darah akan meningkat guna menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga menyebabkan kabutuhan kalori dan oksigen semakin meningkat. Oksigen yang meningkat dapat mempercepat pernapasan. Meskipun asupan gizi terpenuhi, tetapi hasil metabolismenya cenderung menumpuk dan apabila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, maka dapat mempercepat penuaan. Dan pada akhirnya dapat menimbulkan sakit sendi layaknya penderita rematik. Tetapi hal ini bukanlah satu-satunya faktor yang dapat menyebabkan penyakit rematik.terdapat beberapa faktor lainnya, seperti faktor keturunan, faktor eksternal, kondisi psikologi, kebiasaan, dan lain sebagainya.

Meskipun fakta mengenai benarkah mandi malam menyebabkan rematik, mengatakan bahwa mandi malam tidak dapat menimbulkan penyakit rematik, tetapi mandi malam dapat memperparah rematik. Apa salahnya jika mandi diwaktu yang benar, yakni pagi dan sore hari. Namun, jika memang situasi memaksa kita untuk mandi di malam hari, maka gunakanlah air hangat. Selain dari sisi waktu dan air yang digunakan dalam mandi. Menjaga asupan makanan juga dibutuhkan untuk mengatur nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Buah-buahan dan sayur-sayuran sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh.
0 Komentar untuk "Benarkah Mandi Malam Menyebabkan Rematik?"

Back To Top