Platybelodon, Gajah Purba yang Mirip Monster

Sejarah mengajarkan kita tentang berbagai kehidupan yang pernah ada di masa lampau. Tidak hanya kegiatan dan jenis manusianya saja. Pada zaman dahulu juga terdapat berbagai hewan purba yang sudah punah. Salah satunya adalah Platybelodon, gajah purba yang mirip monster.

Platybelodon, Gajah Purba yang Mirip Monster

Inilah Platybelodon, Gajah Purba yang Mirip Monster
Berbagai macam hewan pernah hidup di zaman dahulu. Namun, hewan-hewan purba tersebut tidak dapat hidup hingga sekarang sehingga kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Salah satu hewan purba yang mempunyai daya tarik adalah gajah purba yang bernama Platybelodon, hewan purba berwajah monster. Hewan ini memiliki keunikan yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Pada zaman sekarang, kita dapat dengan mudah melihat bagaimana bentuk dan rupa dari gajah pada umumnya. Gajah identik dengan ukurannya yang besar, belalai yang panjang, dan kedua gadingnya. Gajah-gajah ini bisa kita jumpai di berbagai kebun binatang. Berbeda halnya dengan gajah pada zaman purba kala. Pada zaman dulu, gajah memiliki bentuk yang aneh dan hampir mirip dengan monter. Namun, bisa saja hal itu menjadi wajar bagi manusia purba dulu.

Berdasarkan laporan dari Daily Mail menyebutkan bahwa bentuk gajah purba sangatlah berbeda dengan gajah modern yang sering kita lihat. Diketahui bahwa gajah purba tidak memiliki belalai, melainkan mulut yang lebar dan panjang hingga menyerupai sekop. Beberapa memperkirakan bahwa gajah purba ini hidup pada 20 juta tahun yang lalu. Mereka hidup di daerah perairan seperti rawa-rawa. Mungkin karena alasan inilah mulut mereka berbentuk seperti sekop agar memudahkan mereka dalam mencari makanan di daerah rawa. Gajah purba ini memiliki nama yakni Platybelodon, gajah purba yang memiliki wajah seperti monster.

Platybeledon juga mempunyai gading sama seperti gajah pada umumnya. Gading ini berbentuk besar dan terletak di sudut bibir gajah. Gading ini digunakan untuk mengoyak makanan yang sulit. Platybelodon, gajah purba mengerikan yang mirip moster. Pada zaman purba, hewan-hewan biasanya memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. namun, berbeda halnya dengan gajah ini yang memiliki ukuran lebih kecil dari gajah yang sekarang. Terlebih jika itu pada zaman dahulu, gajah purba ini akan terlihat sangat kecil dibanding hewan-hewan purba lainnya. diketahui bahwa hewan ini hidup antara tahun 8 sampai 20 juta tahun yang lalu di daerah Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Pada zaman dahulu hewan ini dapat berkembangbiak dengan baik, tapi karena suatu hal ia punah dan tidak dapat kita jumpai lagi hingga sekarang.

Keberadaan hewan seperti ini menambah keanekaragaman di lingkungan binatang. Sekarang pun, gajah merupakan salah satu hewan yang memilki populasi sedikit. Semakin lama populasinya semakin berkurang. Hal ini dikarenakan adanya pemburuan liar yang mencari gading gajah. Apabila hal ini terus dibiarkan maka lama-kelamaan gajah akan punah dan anak cucu kita tidak bisa melihat bagaimana bentuk gajah yang sekarang.

Perlu adanya tindakan bagi mereka yang berburu secara liar untuk mendapatkan gajah demi keuntungan pribadinya. Penjagaan dan perwatan gajah juga harus diperhatikan untuk terus melestarikan atau megembangbiakkan gajah agar tidak punah. Karena bisa saja gajah sekarang akan menjadi unik di waktu-waktu kedepan karena perbedaan zaman.

Demikian inilah Platybelodon, gajah purba yang mirip monster. Perhatian terhadap populasi gajah ini harus dilakukan agar mereka tidak mengalami kepunahan. Kesadaran untuk menjaga apa yang ada hendaknya sudah ditanamkan sejak dini sehingga tidak menghasilkan orang-orang perusak alam.
0 Komentar untuk "Platybelodon, Gajah Purba yang Mirip Monster"

Back To Top