Ternyata Pencetus Pembuat Robot Bukan Jepang atau AS, Tapi Muslim

Siapa pencetus pembuat robot? Jepang, AS?.... Bukan !!!, Tapi Muslim. Selama ini penciptaan teknologi robot identik dengan negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat, tetapi tidak banyak orang mengetahui bahwa sebenarnya pencetus robot pertama kali adalah seorang ilmuwan Muslim bernama Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī dari Al-Jazira. Lalu bagaimana kisah dan apa saja karya dari Al-Jazari ini?

Ternyata Pencetus Pembuat Robot Bukan Jepang atau AS, Tapi Muslim

Berikut kisah atau biografi dari Al-Jazari:
Al-Jazari, merupakaan seorang penulis kitab yang disebut juga dengan buku pengetahuan ilmu mekanik pada tahun 1206. Di dalam buku yang Ia buat berisi tentang 50 peralatan mekanik beserta instruksi bagaimana cara merakitnya. Karena buku itulah Al-Jazari disebut sebagai ilmuwan muslim penemu konsep robot pertama di dunia.

Nama Al-Jazari sendiri berasal dari Mesopotamia yang sekarang dikenal sebagai wilayah tenggara dari Turki. Kehidupan sehari-hari dari Al-Jazari tidak berbeda jauh dari sang Ayah yang mengabdi sebagai kepala insinyur di Istana Artuklu. Istana dimana Al-Jazari hidup merupakan kediaman dari Dinasti Artuqid yang mempunyai wewenang di wilayah timur Anatolia.

Dalam kesehariannya ternyata Al-Jazari lebih tertarik pada membangun atau membuat  suatu alat dan mesin-mesin hasil ciptaannya dirakit berdasarkan trial and error daripada perhitungan teoritis. Buku hasil tulisannya sangat populer dan telah disalin dalam jumlah yang besar dan isi dari buku tersebut terdiri penjelasannya tentang peralatan yang dibangunnya sendiri.

Al-Jazari, ilmuwan muslim perancang pertama robot ternyata Ia juga seorang seniman. Dalam bukunya Ia memberikan tulisan tentang penemuannya dan menggambarkannya dalam sebuah lukisan miniatur bergaya seni Islam abad pertengahan.

Hasil Karya Al-Jazari
Berikut hasil dari penemuan Al-Jazari yang sudah terungkap:

1. Elephant Clock
Dalam zaman masih tradisonal, seorang Al-Jazari sudah mampu menemukan berbagai macam alat sederhana yang menjadi dasar membuat robot saat ini. Hasil karya tulisan pertamanya berjudul “The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices” menjelaskan 100 alat dengan teknologi mekanik beserta cara untuk membuatnya. Berkat hasil karyanya, bangsa barat ikut memujinya. Salah satu aplikasi teknologi milik Al_Jazari adalah jam astronomi milik Giovanni de Dondi di tahun 1364 dan kini ide-idenya tentang membuat mesik seduah menyebar luas di kawasan Eropa. Al-Jazari, ilmuwan jenius penemu robot canggih berhasil membuat satu karya terkenal yakni The Elephant Clock atau jam gajah. Jam tersebut terdiri dari jam hidrolik dengan bentuk seekor gajah dan di atasnya terdapat sebuah dekorasi berbentuk tenda kecil yang didalamnya berisi kompenen jam sampai patung yang akan bergerak dalam selang 1 jam. 

Sampai saat ini para pakar ilmu pengetahuan masih mengakategorikan sebagai satu informasi penting dan sosok Al-Jazari menjadi satu orang yang mampu menggabungkan ilmu Arab dan non Arab serta dibumbui dengan kreatifitasnya. 

2. A Musical Toy
Satu penemuan lain dari Al-Jazari adalah A Musical Toy yang terdiri dari satu set robot drumband otomatis. Tujuan dari pembuatan mesin drumband otomatis ini digunakan untuk menghibur para tamu dan perjamuan minum. A Musical Toy terdiri dari replika manusia buatan yang sedang duduk di atas perahu dengan teknologi hidrolik dan mampu menggerakkan sekaligus memainkan alat musik yang masing-masing mereka pegang. Al-Jazari berhasil membuat settingan yang cocok untuk membuat satu mesin untuk menghasilkan irama merdu. Mungkin penemuannya yang satu ini juga berpengaruh terhadap perkembangan dunia musik pada zaman itu. 

Nah, itu tadi sekilas tentang biografi dan hasil karya Al_Jazari, jadi sekarang siapa pencetus pembuat robot? Jepang, AS?.... Bukan !!!, Tapi Muslim!
1 Komentar untuk "Ternyata Pencetus Pembuat Robot Bukan Jepang atau AS, Tapi Muslim"

walaupun jepang sering bikin robot tetapi itu baru sebatas prototype prototype minim fungsi aja. seolah olah memberi penegasan pada opini bublik bahwa "ini loh gue, gue negara termaju" padahal funfsunya itu itu aja, sebatas jalan kaku....

Back To Top