Rumus Menghitung Jarak Nonton TV yang Aman dan Sehat untuk Mata

Menonton TV merupakan salah satu aktifitas yang paling banyak digemari orang karena selain untuk bersantai, aktifitas ini juga dapat menghibur setiap orang. Tetapi Anda harus hati-hati jika menonton TV terlalu dekat karena dapat mengganggu kesehatan mata, namun ada rumus menghitung jarak nonton TV yang aman dan sehat untuk mata sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk sering-sering menonton TV. Bagaimanakah rumusnya?

Rumus Menghitung Jarak Nonton TV yang Aman dan Sehat untuk Mata

Inilah Rumus Menghitung Jarak Nonton TV yang Aman dan Sehat Untuk Mata Kita
Televisi merupakan media elektronik yang ditonton oleh hampir seluruh orang didunia ini karena banyak tayangan televisi yang menarik dan menghibur bagi semua orang. Namun banyak sekali orang yang menyalahkan televisi karena gangguan mata yang mereka alami setelah menonton TV. Tidak hanya itu saja, banyak orang tua yang melarang anak mereka untuk tidak menonton televisi dengan jarak yang dekat karena dapat mengganggu bahkan merusak penglihatan anak. Namun mereka tidak menjelaskan secara detil seberapa dekat batas yang dilarang untuk menonton TV atau jauh jarak nonton Televisi yang sehat dan baik sehingga anak-anak tidak tahu batas jarak untuk menonton televisi yang benar.

Banyak para ahli yang telah melakukan penelitian jarak teraman bagi mata untuk menonton televisi. Hasil penelitian itu membuahkan sebuah rumus untuk menghitung jarak aman untuk menonton TV agar tidak menyebabkan hal buruk pada mata seseorang. Rumus ini dibuat berdasarkan ukuran televisi karena ukuran televisi yang berbeda-beda ternyata juga dapat mempengaruhi jarak tonton seseorang. Rumus ini telah diakui diseluruh dunia dan telah berlaku secara internasional. Bagaimanakah rumus itu?

Rumus untuk menghitung jarak aman dan nyaman menonton TV di ruangan adalah:

Jarak aman nonton TV = Ukuran layar TV (inchi) × 5

Setiap televisi yang telah diproduksi memiliki ukuran layar yang berbeda-beda dan biasanya ukuran layar televisi ini ditulis dalam ukuran inchi. Apa itu ukuran layar TV? Ukuran layar TV merupakan panjang diagonal layar TV yang diukur dari ujung layar bagian kiri atas hingga ujung layar bagian kanan atas dan ukurannya dalam satuan inchi.

Ternyata nonton TV harus pakai rumus, dalam matematika 1 inchi sama dengan 0,0254 meter, jadi untuk menghitung jarak aman untuk menonton TV tinggal mengalikan ukuran televisi dengan 5 kemudian dikalikan lagi dengan 0,0254 meter maka akan ketemu jarak aman untuk menonton televisi. Sangat mudah bukan?

Berikut adalah jarak teraman untuk menonton TV berdasarkan rumus tersebut dan juga berdasarkan ukuran layar televisi yang banyak beredar di Indonesia yaitu:

- Ukuran layar TV 14 inchi, maka jarak tonton amannya adalah 1,78 meter
- Ukuran layar TV 17 inchi, maka jarak tonton amannya adalah 2,16 meter
- Ukuran layar TV 20 inchi, maka jarak tonton amannya adalah 2,54 meter
- Ukuran layar TV 21 inchi, maka jarak tonton amannya adalah 2,67 meter
- Ukuran layar TV 29 inchi, maka jarak tonton amannya adalah 3,67 meter
- Ukuran layar TV 32 inchi, maka jarak tonton amannya adalah 4,07 meter
- Ukuran layar TV 50 inchi, maka jarak tonton amannya adalah 6,35 meter

Jika Anda memiliki ukuran televisi dilura dari ukuran diatas maka Anda dapat menghitung sendiri jarak aman menonton televisi dengan mengalikan ukuran layar TV dengan 5 kemudian kalikan lagi dengan 0,0254 meter. Mudah kan?

Itulah beberapa informasi seputar rumus menghitung jarak nonton TV yang aman dan sehat untuk mata yang dapat dipraktekkan di rumah.
0 Komentar untuk "Rumus Menghitung Jarak Nonton TV yang Aman dan Sehat untuk Mata"

Back To Top