Inilah Barisan-Barisan Umat Muslim di Hari Kiamat Nanti

Hari kiamat merupakan hari akhir kehidupan di dunia. Pada hari itu segala kehidupan akan tiada dan dunia akan hancur luluh lantak. Peristiwa kiamat ditandai dengan dibunyikannya terompet sangkakala oleh malaikat Israfil berdasar perintah Allah SWT. Lalu bagaimana nasib umat muslim setelah itu? Inilah barisan-barisan umat muslim di hari kiamat!

Inilah Barisan-Barisan Umat Muslim di Hari Kiamat Nanti

Berikut Ini 12 Barisan-Barisan Umat Muslim di Hari Kiamat
Muadz bin Jabal bertanya dan meminta kepada Rasulullah untuk menjelaskan firman Allah SWT mengenai kedatangan umat Muslim yang berbaris-baris saat terompet sangkakala ditiup. Kemudian Rasulullah menjawab pertanyaan yang berat tersebut bahwa umatnya akan dibagi menjadi 12 baris dengan pembawaan mereka masing-masing. Berikut adalah barisan-barisan umat Islam di hari kiamat:

1. Barisan pertama
Orang-orang ada barisan ini akan dibangkitkan dari kubur dengan keadaan tak bertangan dan berkaki. Hal ini dikarenakan, semasa hidupnya mereka selalu menyakiti hati tetangganya. Dan dipastikan orang yang seperti ini akan masuk neraka.

2. Barisan kedua
Barisan manusia saat kiamat yang kedua ini terdiri dari mereka yang suka meringan-ringankan sholat. Sehingga mereka dibangkitkan dalam bentuk babi hutan. Tempat kembali yang paling tepat adalah neraka.

3. Barisan ketiga
Barisan ketiga ini lebih pedih. Mereka dibangkitkan dalam bentuk keledai, namun perutnya berisi kalajengking dan ular. Barisan ini ditujukan kepada mereka yang ssemasa hidupnya enggan untuk menunaikan zakat dan neraka adalah tempat yang tepat bagi mereka.

4. Barisan keempat
Darah seperti air mancur akan keluar dari mulut mereka yang berdusta di dalam jual beli saat dibangkitkan dalam kubur. Tempat kembali bagi mereka adalah neraka.

5. Barisan kelima
Mereka yang berada di dalam barisan ini adalah mereka yang semasa hidupnya menyembunyikan perlakuan durhakanya karena takut diketahui oleh orang lain. namun, mereka tidak takut akan Allah SWT. Maka mereka akan dibangkitkan dari kubur dengan bau busuk yang baunya melebihi bangkai. Kemudian Allah akan menurunkan angin agar bau busuknya tersebar di seluruh Padang Mahsyar. Pastilah mereka akan masuk ke neraka.

6. Barisan keenam
Barisan ini berisi orang-orang yang telah menjadi saksi palsu di semasa hidupnya. Oleh karena itu Allah akan membangkitkan mereka dengan kepala yang terputus dari badannya. Dan nerakalah yang pantas untuk orang-orang ini.

7. Barisan ketujuh
Mereka dibangkitkan dari kubur dengan mulut tanpa lidah tetapi mulut tersebut mengeluarkan darah dan nanah. Hal ini akan terjadi bagi mereka yang enggan bersaksi di atas kebenaran. Dipastikan bahwa tempat kembali mereka adalah neraka.

8. Barisan kedelapan
Orang dalam barisan ini adalah orang yang semasa hidupnya melakukan dosa besar, yakni zina. Maka mereka akan dibangkitkan dengan keadaan terbalik, kepala di bawah dan kaki di atas. Dan mereka akan masuk neraka.

9. Barisan kesembilan
Barisan ini sangatlah mengerikan. Mereka akan dibangkitkan dengan wajah yang berwarna hitam gelap, mata berwarna biru, dan terdapat api gemuruh di seluruh badannya. Keadaan ini akan terjadi kepada mereka yang memakan harta anak yatim dengan cara yang salah dan neraka adalah tempat bagi mereka di akhirat.

10. Barisan kesepuluh
Barisan ini berisi orang-orang yang durhaka terhadap orang tua mereka. Maka mereka akan dibangkitkan dari kubur dengan keadaan penuh kusta dan sopak.  Balasan di akhirat adalah di neraka.

11. Barisan kesebelas
Keadaan bagi orang yang suka arak sangatlah mengerikan. Mereka akan dibangkitkan dengan buta mata-kepala, bibir melebar hingga ke dada, gigi memanjang serupa dengan lembu jantan, dan lidah yang menjulur panjang hingga ke perut, serta keluar berbagai kotoran. Neraka adalah tempat bagi mereka.

12. Barisan kedua belas
Barisan umat islam di hari kiamat yang kedua belas ditujukan kepada mereka yang beramal salih dan senantiasa berbuat baik, serta bagi mereka yang memelihara shalat wajibnya dan ketika meninggalkan dunia dalam keadaan sudah bertaubat. Maka mereka akan dibangkitkan dengan wajah yang bersinar seperti bulan, dan mereka bisa dengan mudah melaui titian sirat. Inilah balasan bagi mereka adalah surga dengan ampunan, kasih sayang dan keridhoan Allah SWT.

Demikian Inilah barisan-barisan umat muslim di hari kiamat. Barisan ini ditentukan oleh perbuatan kita semasa hidup. Oleh karena itu, berbuat baiklah dengan menjalani perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
2 Komentar untuk "Inilah Barisan-Barisan Umat Muslim di Hari Kiamat Nanti"

الله اكبر.. ya Robb jadikanlah kami termasuk golonganmu yg berserah diri,segala puji bagi Engkau Tuhan seluruh alam

Back To Top