Inilah Bukti Bahwa Indonesia Dulu Menjadi Macan Dunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dan juga terdiri dari pulau-pulau besar yang berjejer dari sabang hingga merauke. Ternyata negara kita ini pernah menjadi macam dunia dan bukti bahwa Indonesia dulu menjadi macan dunia telah tertulis dalam sejarah Indonesia. Apa sajakah bukti-bukti yang menyatakan bahwa Indonesia dulu pernah menjadi macan dunia?

Inilah Bukti Bahwa Indonesia Dulu Menjadi Macan Dunia

Ternyata Ada Bukti Bahwa Indonesia Dulu Menjadi Macan Dunia
Masihkah kita macan Asia? Indonesia pernah mendapatkan masa kejayaannya hingga menjadi macan dunia dan disegani oleh semua negara. berikut adalah bukti-bukti yang menyebutkan bahwa Indonesia dulu pernah menyandang sebagai macan dunia:

1. Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan Sriwijaya merupakan kerjaan besar yang memiliki kekuasaan yang sangat luas yaitu Kalimantan, Jawa, Sumatera, Malaysia, Thailand, dan Kamboja. Menurut catatan sejarah kerajaan ini telah berdiri sekitar 387 tahun dan pada abad ke-9 melakukan banyak kolonisasi di kerajaan-kerajaan besar Asia Tenggara yaitu kerajaan-kerajaan besar yang terdapat di Jawa, Sumatera, Thailand, Semenanjung Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan Filipina.

Kerajaan Sriwijaya telah menguasai selat sunda dan juga selat malaka sehingga kerajaan ini telah mengendalikan rute perdagangan, baik rute perdagangan rempah-rempah maupun rute perdagangan lokal. Kerajaan ini memiliki kekayaan seperti gudang perdagangan dan pelabuhan untuk melayani pasar India dan juga Tiongkok. Karena hal inilah maka kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang disegani di dunia dan kita tahu bahwa Sriwijaya merupakan bagian dari Indonesia jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Indonesia pernah menjadi macan dunia saat itu.

2. Kerajaan Majapahit
Bukti otentik Indonesia pernah jadi macan dunia lainnya yaitu kerajaan Majapahit. Kerajaan terbesar yang menandingi Sriwijaya adalah kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan paling disegani di Asia dan juga Eropa, kerajaan ini memiliki waktu berkuasa paling lama. Kerajaan Majapahit pernah mengalami masa kejayaan saat diperintah oleh Hayam Wuruk dan dibantu oleh Gajah Mada. Wilayah kekuasaan Majapahit sangat luas yaitu hampir seluruh wilayah Asia Tenggara dan juga Asia Timur. Bukan hanya ditakuti saja, ternyata kerajaan Majapahit sudah memiliki pemikiran yang sangat cerdas yaitu mereka telah menerapkan system pajak untuk kelangsungan perang, biaya pendidikan , dan juga untuk biaya lainnya sehingga kerajaan ini sangat di takuti oleh dunia.

Setelah Hayam Wuruk dan Gajah Mada meningggal, maka kerajaan ini mengalami keruntuhan karena tidak ada seorang pun yang dapat memimpin Majapahit dengan baik seperti kedua sosok ini.

3. Masa Bung Karno
Salah satu bukti otentik Indonesia pernah jadi macam Asia adalah masa Bung Karno. Bung Karno merupakan presiden pertama Indonesia dan sosok ini memiliki tangan dingin untuk memimpin Indonesia menuju puncak kejayaan. Pada masa pemerintahan Bung Karno Indonesia banyak ditakuti oleh negara-negara lainnya karena memiliki kekuatan militer yang tidak tertandingi. Kekuatan Belanda pun juga tidak dapat menandingi kekuatan militer Indonesia, bahkan negara adidaya Amerika juga khawatir dengan kemajuan kekuatan militer Indonesia karena Indonesia mendapat dukungan penuh dari Uni Soviet.

Pada tahun 1960, Belanda masih berada di Papua dan ingin membentuk sebuah negara boneka yang akan dikendalikan oleh mereka. Melihat hal itu Bung Karno tidak tinggal diam, beliau segera mengeluarkan maklumat Trikora untuk merebut kembali Papua dan menyatukan nusantara.

Indonesia tidak berjuang sendirian, karena kedekatannya dengan Uni Soviet maka Indonesia mendapatkan bantuan militer dalam skala yang sangat besar yaitu bantuan kekuatan militer armada laut, darat, hingga udara. Uni Soviet tidak segan-segan menggelontorkan dana besar untuk mendorong kemajuan kekuatan militer Indonesia yaitu sekitar US$ 2,5 milyar. Sehingga saat itu Indonesia merupakan negara yang paling ditakuti oleh negara-negara dunia karena kuatnya kekuatan militer., jadi tak heran jika Indonesia menjadi macan dunia saat itu.

Itulah beberapa informasi seputar bukti bahwa Indonesia dulu menjadi macan dunia yang telah ditulis dalam catatan sejarah Indonesia.
16 Komentar untuk "Inilah Bukti Bahwa Indonesia Dulu Menjadi Macan Dunia"

Jangan lupakan jaman Suharto...!!!

Rezim suharto bikim indonesia banyak utang gunung emas di papua lun samle dijual ke amerika

Jaman suharto??? Macan koruptor..macan pengimpor segala..macan pengirim TKW..macan penyesatan sejarah dll

gue lebih senang jaman suharto...drpada presiden sekarang bisany cuma bebani rakyatny aja...lu pikir sendiri apaan tu...

enak suharto kali dr pada sekarang ...hahaha

Jaman selanjutnya jaman macan koruptor di dunia..

Hahahh dungu lo
Zaman soeharto prestasi nya hanya satu
Koruptor terbesar sepanjang sejarah indonesia dan dunia

Terkadang mendengar berita di atas seperti mendengarkan fiksi, krn membandingkan dgn situasi sekarang..

Piye kabare, enak jamanku toh.( soeharto )

Indonesia mendapatkan bantuan militer dalam skala yang sangat besar yaitu bantuan kekuatan militer armada laut, darat, hingga udara.

Soeharto nya menjadi kambing hitam saja ... sebenarnya Soeharto pemimpin yang baik , sayang isu macam-macam terlanjur tersebar ... sebenarnya ada pihak tertentu yg bermain di belakang soeharto dan mengatasnamakan soeharto .

Ia memang tpi pada zaman pak soeharto indonesia aman gak kayak sekarng

Hanya tuhan yang tau niat kita sesungguhnya, dan ada pertanggung jawaban atas segala perbuatan duniawi, pada hari dimana hanya kejujuran yg bicara!

Cb pikir malaysia australia sekarang berani melecehkan bangsa kita apa jaman sebelumnya pernah terjadi

ah lo tahun brp lahir,,, tu zaman soeharto bnyk intimidasi ny,,, klo protes bs d sebut makaaar,,, d penjara tnpa putusan...

Back To Top