Kebiasaan Memegang Muka Bikin Wajah Jelek

Kebiasaan pegang-pegang muka bikin wajah ‘jelek’ ternyata bukan sebuah isapan jempol saja. Berapa sering Anda memegang wajah dalam sehari? Setiap orang dapat menyentuh wajah lebih dari 10 kali dan itu dilakukan tanpa sadar. Kebiasaan menyentuh wajah ternyata membawa efek kurang baik bagi kulit muka. Lalu apa efek dari kebiasaan pegang wajah terlalu sering?

Kebiasaan Memegang Muka Bikin Wajah Jelek

Pegang-Pegang Muka Bikin Wajah ‘Jelek’ Ini Efeknya
Kebiasaan memegang muka memiliki beberapa efek yang bisa terjadi:

1. Memegang wajah dapat menyebabkan iritasi
Iritasi bisa terjadi di permukaan kulit wajah karena sifat dari kulit yang sangat sensitif sehingga rentan sekali terkena iritasi. Bentuk dari iritasi kulit bisa berupa peradangan dan kemerahan, perlu diperhatikan bagi siapa saja khususnya kaum wanita untuk tidak terlalu sering menyentuh permukaan kulit wajah.

2. Dapat meningkatkan kadar minyak di kulit
Kadar minyak di permukaan kulit wajah bisa bertambah karena kulit terangsang untuk memproduksi minyak lebih banyak. Nantinya minyak di permukaan kulit akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jika tidak ditangani atau mengurangi kebiasaan sentuh muka jerawat akan sulit hilang dan cenderung berkembang. Jadi, kebiasaan memegang muka bikin wajah jelek ternyata benar.

3. Dapat menyebabkan penyebaran bakteri
Kebiasaan pegang-pegang wajah bikin muka jelek bisa terjadi karena bakteri dari permukaan tangan berpindah ke wajah. Tangan yang tidak higenis menjadi sarang bakteri sehingga jika terlalu sering memegang wajah bisa berakibat muka menjadi kusam, timbulnya jerawat, dan iritasi kulit. Bila wajah Anda sudah berjerawat alangkah baiknya jangan terlalu sering mengusap tangan tanpa mencucinya dahulu.

4. Menyentuh wajah dapat menimbulkan jaringan parut
Melakukan sentuhan tangan secara berlebihan di muka ternyata bisa menimbulkan jaringan parut yang sulit hilang. Jaringan parut akan lebih sulit dihilangkan jika muncul di daerah kulit yang berjerawat. Untuk menghilangkan jaringan parut dibutuhkan proses perawatan yang cukup lama dan bisa menghabiskan banyak biaya. Anda pasti tidak ingin permukaan kulit wajah tidak halus bukan?

5. Memegang wajah bisa menimbulkan kerutan
Seseorang yang terlalu sering menggosok wajah menggunakan tangan dapat menyebabkan kulit tertarik sehingga muncul kerutan-kerutan di wajah. Untuk memulihkan atau menghilangkan kerutan wajah membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Mencegah Iritasi Wajah Akibat Terlalu Sering Disentuh
Bagaimana cara mencegah terjadinya iritasi wajah akibat terlalu sering disentuh?

1. Kurangi frekuensi menyentuh wajah
Terjadinya iritasi ditimbulkan karena banyaknya frekuensi tangan menyentuh wajah. Kurangi kebiasaan memegang wajah dengan cara menggantinya dengan sering mencuci muka dengan sabun muka. Jangan terbiasa memegang muka kalau tidak ingin jelek.

2. Gunakan handuk dengan permukaan lembut
Jika kulit wajah terasa berminyak atau kotor, gunakanlah sapu tangan atau handuk khusus muka untuk membersihkan wajah. Tidak hanya itu gantilah setiap hari handuk dengan yang baru dan rajinlah mencucinya. 

3. Rajin mencuci tangan
Walau kebiasaan mengusap wajah dengan tangan sulit ditangani, Anda bisa mengurangi resiko terjadinya iritasi dengan cara rajin mencuci tangan. Permukaan kulit tangan menjadi sumber kuman, cucilah tangan menggunakan sabun atau hand cleanser.

4. Lindungi wajah dengan masker
Saat beraktivitas di luar ruangan resiko terjadinya iritasi kulit di wajah semakin tinggi. Selain membersihkan permukaan kulit wajah dengan pembersih wajah, lindungi wajah dengan memakai masker.

Itulah tadi beberapa efek yang bisa ditimbulkan dari mengusap wajah secara berlebihan dan bagaimana cara pencegahannya, ternyata benar kebiasaan pegang-pegang muka bikin wajah ‘jelek’!
0 Komentar untuk "Kebiasaan Memegang Muka Bikin Wajah Jelek"

Back To Top