Ternyata Jurusan Kuliah Tak Jamin Pekerjaan Anda Kelak

Saat ini persaingan dalam dunia kerja sangat ketat dan ternyata jurusan kuliah tak jamin pekerjaan bagi seseorang sehingga saat ini banyak para sarjana yang masih menganggur padahal mereka sudah mengantongi ijazah sarjana. Mengapa demikian?

Ternyata Jurusan Kuliah Tak Jamin Pekerjaan Anda Kelak

Ternyata jurusan kuliah tak jamin pekerjaan, inilah alasannya!
Memilih jurusan kuliah merupakan hal yang cukup susah karena jika kita memilih jurusan kuliah yang tidak tepat maka setelah lulus kuliah kelak kita akan kesulitan untuk mencari pekerjaan. Jadi sebelum memilih jurusan kuliah sebaiknya kita harus memikirkan prospek kedepannya.

Ternyata jurusan kuliah gak jamin pekerjaan, Mengapa demikian? Berikut bisa jadi alasannya:

1. Minat perusahaan
Sebuah riset yang telah dilakukan oleh Amerika pada tahun 2013 menunjukkan bahwa 93% perusahaan selalu mencari calon karyawannya yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi baik, dan juga dapat memecahkan masalah dengan baik dari pada melihat jurusan kuliah yang telah mereka miliki. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat perusahaan kadang berbeda dengan minat yang Anda miliki.

2. Jurusan kuliah tidak dapat menuntun karir
Banyak orang yang bekerja diluar jurusan yang telah mereka pilih saat kuliah, selain itu jurusan kuliah yang telah kita pilih tidak dapat menjamin besarnya gaji yang akan kita terima, jadi apa salahnya jika kita mencoba untuk membuka diri dengan berbagai pilihan karir yang ada meskipun tidak sesuai dengan jurusan yang dipilih. Sehingga jurusan kuliah yang dipilih tidak menjamin pekerjaan Anda kelak.

3. Mungkin pekerjaan belum tersedia
Ada beberapa pekerjaan yang belum ada sepuluh tahun yang lalu seperti konsultan pendidikan, manajer media, atau pengembang aplikasi. Jadi jika Anda masih belum menemukan pekerjaan, mungkin saat ini pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah Anda belum tersedia.

Tapi masih ada yang mengatakan beberapa jurusan di bawah ini dapat menjanjikan masa depan dan karir. Berikut adalah 7 jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan, yaitu:

1. Desain
Ada banyak sekali jenis desain yang menjanjikan seperti desain gambar, desain produk, desain industri, dan desain lainnya seperti desain mobil, baju, payung, dan lainnya.

2. Teknik
Jurusan teknik selalu dibutuhkan sepanjang masa selama masih ada pembangunan di mana-mana dan setiap tahun, orang yang memilih jurusan ini semakin menurun karena mereka menganggap bahwa jurusan ini hanya akan membawa mereka sebagai karyawan saja bukan sebagai bos.

3. ICT
Jurusan ICT saat ini sangat banyak dibutuhkan karena seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi seperti gadget. Jurusan ini mempelajari software dan hardware dan saat ini telah populer game online yang banyak membutuhkan orang-orang yang memiliki jurusan ICT ini.

4. Bahasa dan komunikasi
Seiring dengan kemajuan hubungan internasional dan terbukanya perdagangan internasional maka orang-orang yang menguasai komunikasi dan bahasa sangat dibutuhkan khususnya orang yang dapat mengusai komunikasi dengan bahasa asing.

5. Planologi
Planologi merupakan jurusan yang mempelajari perencanaan kota atau wilayah. Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak orang yang akan tinggal di kota sehingga dibutuhkan orang-orang yang mengetahui bagaimana merencanakan penataan kota yang baik sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembang usaha.

6. Pendidikan dan kesehatan
Kedua jurusan ini semakin meningkat setiap tahunnya karena kedua jurusan ini memiliki prospek yang baik kedepannya, selain gaji yang menjanjikan juga banyaknya pahala yang akan mereka terima.

7. Bisnis
Dunia bisnis saat ini semakin meningkat dan pemerintah pun juga banyak memberikan dukungan untuk para pengusaha mikro untuk mengembangkan usaha mereka. Jadi jika Anda menyukai wirausaha maka jurusan ini sangat cocok dan juga menjanjikan.

Nah, jika dilihat dari beberapa jurusan yang katanya menjanjikan, apakah Anda masih percaya kalau ternyata jurusan kuliah tak jamin pekerjaan?
0 Komentar untuk "Ternyata Jurusan Kuliah Tak Jamin Pekerjaan Anda Kelak"

Back To Top