Mengerikan, Inilah Dampak Bahaya Helm Jarang Dicuci


Mengerikan!! inilah dampak bahaya helm jarang dicuci. Helm merupakan salah satu atribut wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengendara motor. Ada berbagai jenis helm yang ada dipasaran yang menawarkan merk, model dan warna yang sangat menarik bagi pengguna motor. Namun hal yang paling utama yaitu menjaga kebersihan helm ini karena meskipun helmnya mahal dan keren tetapi tidak bersih akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan lho…

Mengerikan, Inilah Dampak Bahaya Helm Jarang Dicuci

Bakteri Dan Jamur Mengerikan!! Inilah Dampak Bahaya Helm Jarang Dicuci
Helm merupakan barang yang wajib dibawa oleh setiap pengendara sepeda motor karena barang ini berfungsi sebagai pelindung kepala selama perjalanan, namun tidak semua pengendara motor memperhatikan penggunaan helm ini sehingga di jalanan masih banyak ditemukan para pengendara motor yang tidak menggunakan helm pelindung kepala mereka. Berdasarkan hasil survey dilapangan, disebutkan bahwa angka kematian yang paling banyak disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. Karena jika terjadi kecelakaan lalu lintas maka mayoritas pengendara motor yang tidak menggunakan helm akan mengalami luka yang sangat serius pada bagian kepala dan bahkan dapat mengakibatkan kematian. Jadi jangan remehkan pengguaan helm saat berkendara dengan motor.

Ada satu penggunaan helm yang sering diabaikan oleh setiap orang yaitu menjaga kebersihan helm. Banyak helm yang dijumpai dilapangan dalam kondisi kotor dan bahkan berbau karena jarang dibersihkan. Helm yang kotor ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit yang dapat menyerang si pengguna dan inilah bahaya helm yang jarang dicuci. Mengapa demikian?

Hal yang menjadi penyebab helm menjadi kotor dan sarang penyakit yaitu karena keringat yang melekat pada bagian dalam helm. Penyebab banyaknya keringat yang menempel pada bagian dalam helm ini yaitu kondisi cuaca yang sangat panas dan pengendara motor sering berkendara di jalanan. Keringat yang diproduksi oleh pengendara motor akan melekat pada bagian dalam helm karena kain yang melapisi bagian dalam helm adalah kain linen dan busa yang mempu menyerap keringat dengan cepat. Bisa dibayangkan bagaimana jika kita berkendara di pagi hari kemudian keringat mengendap hingga sore hari dan besok paginya dipakai lagi lalu sorenya keringat itu mengendap lagi dan seterusnya, maka dapat dipastikan helm Anda akan dibanjiri endapan keringat sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap selain itu kondisi helm yang demikian dapat menjadi sarang yang nyaman bagi perkembangan bakteri dan kuman penyebab penyakit, ini dia bahaya helm yang jarang dicuci.

Beberapa bakteri yang bersarang dihelm ini yaitu bakteri Staphylococcus Aureut dan Staphylococcus epidermis yang merupakan salah satu spesies bakteri dari golongan genus. Selain bakteri, ternyata kondisi helm yang kotor ini juga dapat memicu pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Penyakit apa sajakah yang dapat disebabkan oleh bakteri dan jamur ini?

Berikut daftar penyakit yang dapat disebabkan oleh bakteri jahat pada helm yang jarang dicuci dan jamur yang bersarang di dalam helm:

- Ketombe
- Gatal-gatal pada daerah kulit kepala
- Jerawat
- Bisul
- Berbagai penyakit kulit lainnya seperti panu, kadas, dan kurap.

Untuk menghindari hal ini Anda dapat mencuci helm secara teratur dan sekarang ini telah banyak jenis helm yang dapat dilepas busanya sehingga memudahkan untuk mencucinya sendiri. Namun jika Anda malas untuk mencuci helm sendiri, maka cucilah ditempat jasa pencucian helm yang sekarang ini telah banyak ditemui di berbagai tempat.

Itulah beberapa informasi seputar bahayanya tidak menjaga kebersihan helm dan mengerikan!! Inilah dampak bahaya helm jarang dicuci.
0 Komentar untuk "Mengerikan, Inilah Dampak Bahaya Helm Jarang Dicuci"

Back To Top