NASA Temukan Planet Baru Pengganti Bumi

Planet bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni manusia hingga saat ini dan ternyata NASA temukan planet baru pengganti bumi untuk di huni oleh manusia kelak. Saat ini bumi telah berusia sangat tua dan bahkan telah banyak mengalami pergeseran pada bagian lapisan bumi sehingga menyebabkan banyak musibah di bumi ini. Jadi bukan hal yang mustahil jika kelak bumi akan rusak dan manusia harus mencari planet lain untuk mereka tempati. Ternyata NASA telah menemukan planet lain sebagai pengganti bumi. Planet apakah itu?

NASA Temukan Planet Baru Pengganti Bumi

4 planet! NASA temukan planet baru pengganti bumi
Badan antariksa milik Amerika yaitu NASA telah berhasil menemukan planet baru yaitu sebanyak 715 planet yang berada diluar tata surya kita dan NASA temukan 4 planet baru pengganti bumi. Jadi banyaknya planet yang berada diluar galaksi bumi semakin bertambah. Hal ini merupakan sebuah penemuan terbesar NASA karena sebelumnya planet yang telah ditemukan adalah sekitar 1.000 planet. Berita menggembirakan ini telah diumumkan oleh NASA melalui media pada tanggal 26 Februari 2014.

715 planet baru yang telah ditemukan oleh NASA ternyata memiliki orbit yang berbeda yaitu mengitari 305 bintang berbeda. Semua planet itu berhasil ditemukan melalui teleskop luar angkasa milik Amerika, yaitu Kepler. Temuan menakjubkan itu kemudian diuji untuk mengetahuii kebenarannya dengan menggunakan metode terbaru dan lebih inovatif. Para ilmuwan berharap bahwa metode baru yang mereka gunakan dapat membantu NASA kenalkan planet baru pengganti bumi dan untuk menemukan lebih banyak lagi planet-planet baru dengan mendetail.

Seorang ahli luar angkasa NASA yaitu Jack Lissauer telah memberitakan bahwa timnya telah menemukan cara baru untuk mengungkap seluruh isi jagad raya, bahkan dengan cara baru ini mereka dapat menemukan planet-planet baru sebanyak 20 kali lebih banyak dari jumlah planet yang telah mereka temukan selama ini. Hal ini telah diungkapkannya di media CNN. 

Jack Lissauer menjelaskan bahwa cara untuk menguji kebenaran hasil penelitian yang mereka lakukan yaitu dengan mengambil data-data informasi perjalanan teleskop luar angkasa Kepler yang telah diluncurkan pada tahun 2009. Data-data yang telah diambil dan terekam oleh Kepler dapat dijadikan referensi dan para ilmuwan NASA dapat memfokuskan penelitian mereka terhadap banyak bintang yang diduga memiliki beberapa planet dalam orbitnya.

Dari hasil pengamatan dan penelitian NASA, ditemukan bahwa 95% planet yang telah ditemukan ternyata memiliki ukuran lebih kecil dari planet Neptunus atau ukurannya merupakan empat kali ukuran bumi. Dari sekian banyak planet yang telah ditemukan, ternyata NASA temukan planet mirip bumi yaitu sebanyak 4 planet yang memiliki kemiripan dengan planet bumi dan layak dihuni karena memiliki karakteristik pendukung kehidupan seperti planet bumi. Salah satu faktor pendukung kehidupan yang ada dalam keempat planet itu adalah air. Keempat planet yang mirip bumi ini berukuran lebih besar dari bumi yaitu sekitar dua kali ukuran bumi dan semua planet ini mengelilingi bintang yang ukurannya lebih kecil dari matahari. 

Awalnya para ilmuwan NASA meragukan dengan hasil penemuannya ini, tetapi berdasarkan data-data yang telah mereka peroleh maka dengan yakin NASA mengumumkan hasil temuannya ini dan mereka berharap dapat menemukan lebih banyak lagi planet-planet yang memiliki kemiripan dengan bumi di masa yang akan datang. Hingga saat ini NASA telah menemukan sebanyak 1.700 planet yang ada di jagad raya ini dan mereka terus melakukan penelitian untuk menemukan lebih banyak planet lainnya yang tersebar di jagad raya. 

Para ilmuwan NASA mengaku bahwa semua kerja keras yang mereka lakukan banyak terbantu dengan adanya teleskop luar angkasa milik Amerika, Kepler.

Itulah beberapa informasi seputar NASA temukan planet baru pengganti bumi karena memiliki karakteristik hampir sama dengan bumi.
0 Komentar untuk "NASA Temukan Planet Baru Pengganti Bumi"

Back To Top