Tiga Wasiat Penting Rasulullah Untuk Umatnya di Akhir Zaman

Ada tiga wasiat penting Rasulullah untuk umatnya di akhir zaman yang dikatakan oleh Al Imam Abu Dawud sebagai sesuatu yang menggetarkan hati meskipun hal tersebut berupa nasihat-nasihat. Sabda Rasulullah untuk kita para umat Islam adalah untuk tetap bertakwa kepada Allah, untuk taat dan senantiasa mendengar meski yang memerintah adalah seorang budak. Siapapun yang masih hidup sepeninggal Rasulullah, akan ada perselisihan yang pasti akan banyak kita lihat, oleh karena itu memegang sunnah Rasulullah serta Al Khulafa’ Ar Rasyidin itu penting.

Tiga Wasiat Penting Rasulullah Untuk Umatnya di Akhir Zaman

Daftar Tiga Wasiat Penting Rasulullah untuk Umatnya di Akhir Zaman
Para sahabat nampaknya merasa khawatir bahwa mereka tidak dapat bertemu lagi dengan Rasulullah setelah mendengar nasihat yang diberikan oleh Rasulullah dan untuk itulah, nasihat yang ada disempurnakan dengan wasiat Rasulullah, seperti berikut ini.

1. Wasiat pertama dari Rasulullah adalah untuk bertakwa kepada Allah karena memang inti dari segala perkara serta pokok kebaikan adalah takwa. Tidak hanya merupakan wasiat dari Rasulullah, Allah SWT pun mewasiatkan hal ini kepada umat-Nya melalui firman-Nya yang mengatakan bahwa orang-orang yang diberikan Al Kitab sebelum kita serta kita juga telah diwasiatkan untuk bertakwa kepada Allah; lihat An Nisaa’: 131 karena wasiat ini ada tercantum di sana.

Selain itu, terdapat juga dalam Al Baqarah: 197 di mana Allah SWT juga berfirman bahwa kita umat Islam diarahkan untuk berbekal dan sebaik-baik bekal di sini adalah takwa di mana kebaikan dunia dan akhirat terkumpul dalam takwa. Itulah alasan mengapa wasiat Rasulullah SAW adalah supaya kita lebih bertakwa dan berbekal; itu karena Allah sendiri berfirman demikian.

2. Wasiat kedua dari Rasulullah adalah supaya kita lebih mendengar dan taat. Yang dimaksudkan di sini adalah taat akan membawa kita kepada kebahagiaan dunia akhirat, khususnya wasiat ini diperuntukkan bagi pemimpin kaum muslimin. Menaati mereka akan mengiring ke kehidupan yang lebih baik bagi rakyat atau orang-orang yang dipimpin dan negeri pun bisa jadi lebih aman. Agama mereka pun selain itu pasti bisa dibantu untuk ditegakkan.

Ini merupakan salah satu dari tiga wasiat penting Rasulullah, sesuai dengan firman Allah SWT untuk menaati Allah dan Rasulullah dan kepada pemimpin yang memimpin kita. Ini terdapat di dalam An Nisaa’: 59. Meski seorang budak yang memimpin, mendengar dan taat kepadanya merupakan dua kewajiban yang hukumnya tetap berlaku. Ingat akan pesan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa kita harus tetap mendengar dan taat meski yang pemimpin kita seorang budak Habasyah yang rambutnya pun diumpamakan seperti kismis; hal ini terdapat di dalam HR. Muslim dari Abu Dzarr no. 648 dan HR. Al Bukhari dari Anas bin Malik no. 7142.

3. Wasiat Rasulullah SAW untuk kaum muslimin di akhir zaman yang terakhir adalah supaya kita tetap berpegang tegu pada sunnah seperti sabdanya bahwa siapapun, sepeninggal Rasulullah, wajib memegang sunnah Rasulullah serta Al Khulafa’ Ar Rasyidin yang mendapat petunjuk karena adanya perselisihan yang banyak di masa mendatang, bahkan sunnah tersebut perlu untuk digigit erat-erat menggunakan gigi geraham kita. Jika bingung sunnah apa yang dimaksud oleh Rasulullah; maksudnya adalah jalan hidup yang jelas, lurus, dan benar seperti yang telah dilakukan Rasulullah sendiri.

Hidup di akhir zaman akan tidak mudah karena banyaknya perselisihan, tapi selama tiga wasiat penting Rasulullah untuk umatnya di akhir zaman tersebut kita pegang dan taati dengan baik, kita tidak perlu khawatir akan apapun lagi setelah ini.
0 Komentar untuk "Tiga Wasiat Penting Rasulullah Untuk Umatnya di Akhir Zaman"

Back To Top