Perbedaan Setan, Iblis, dan Jin Menurut Al-Qur’an

Tahukah anda bahwa terdapat perbedaan antara setan, iblis, dan jin? Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui bahwa sesungguhnya ketiga makhluk itu berbeda, atau bahkan ada sebagian yang tidak mengerti mengenai makhluk-makhluk tersebut? Ketiga makhluk tersebut adalah makhluk-makhluk yang sering disebut dalam al-Qur’an, makhluk hidup selain hewan, tumbuhan, manusia, dan bukan juga termasuk dalam golongan malaikat. Untuk mengetahui apa yang bisa membedakan ketiga makhluk tersebut, maka kali ini kita akan bersama-sama membahasnya dengan seksama.

Perbedaan Setan, Iblis, dan Jin Menurut Al-Qur’an

Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai beda antara setan, jin, dan iblis, padahal mereka semua hidup di sekitaran kita manusia, dan mungkin juga menghirup udara yang sama. Karena dari itu dirasakan perlu mengetahui perbedaan antara ketiga makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT ini.

• Jin
Beberapa kali dalam al-Quran, Allah SWT menyebutkan kata-kata “jin”, dan bahkan ada sebuah surat yang diberi nama makhluk tersebut, yaitu surat al-Jin. Dari al-Qur’an, diketahui bahwa Jin itu sebagai berikut:

1. Penciptaan jin dari api
Perbedaan mendasar antara jin dan manusia adalah manusia diciptakan oleh Allah SWT menggunakan tanah, sementara jin menggunakan api. Hal ini disebutkan lewat surat al-Hijr ayat 27 yang menuliskan bahwa jin diciptakan dari api yang luar biasa panasnya, dan surat ar-Rahman ayat 15 menegaskan penciptaan jin menggunakan nyala api.

2. Beberapa jin menganut agama Islam
Sama seperti manusia, jin juga menganut agama masing-masing. Seperti dituliskan pada surat al-Jin ayat 11 yang artinya bahwa di antara para jin juga ada yang saleh dan yang tidak, karena mereka mengikuti jalannya masing-masing.

• Iblis
Ketika ingin mencari perbedaan setan, iblis, dan jin terutama antara jin dan iblis mungkin agak sulit mengingat iblis sendiri adalah sebuah makhluk yang jenisnya jin, seperti yang tertulis dalam al-Qur’an. Diceritakan juga bahwa dulunya iblis adalah seorang jin yang amat dekat kepada Allah SWT, namun ia menjadi durhaka dan ingkar kepada Allah SWT setelah nabi Adam diciptakan, hanya karena ia merasa lebih tinggi derajatnya mengingat ia dicipta dari api.

Kelebihan yang jadi pembeda iblis dibandingkan dengan jin-jin lainnya adalah ia tidak bisa mati sama sekali hingga kiamat tiba, hal ini juga dituliskan pada surat al-Araf ayat 14 hingga 15 dan pada surat Shaad ayat 79 hingga 81. Iblis juga memiliki keturunan, tapi keturunan dari iblis tidak ada yang memiliki kemampuan untuk hidup abadi hingga akhirnya kiamat tiba dan mengakhiri semua yang bernyawa di dunia, untuk kembali kepada Allah SWT.

• Setan
Menurut al-Qur’an, setan adalah makhluk yang buruk, dimana pekerjaannya meliputi mengajak manusia untuk berbuat kebatilan seperti berbohong dan semacamnya. Jika iblis merupakan jin dan jin adalah makhluk selain manusia, maka setan lebih cocok dijuluki kepada sifat seseorang baik jin dan manusia. Adapun karakteristik khusus mereka adalah:

1. Musuh manusia
Pada surat al-Baqarah ayat 208 tertulis bahwa kita yang beriman wajb masuk ke dalam Islam dan memusuhi setan.

2. Bisa berwujud sebagai manusia
Surat al-An’am ayat 112 menuliskan bahwa tentang setan jin dan manusia.

3. Sering mengajak kepada kebatilan
Melihat surat al-Baqarah ayat 169, tertulis bahwa setan hanya mengajak pada perbuatan keji.

Nah, dengan penjelasan tadi diharap kita kini mengetahui tentang perbedaan setan, iblis, dan jin.
12 Komentar untuk "Perbedaan Setan, Iblis, dan Jin Menurut Al-Qur’an"

ass...
mau nanya ni..trus wktu Allah memerintahkan malaikat2 untuk sujud pada Adam as tuh..jin dan setannya kmana?? soalx cman di sbut iblis aja yang ndk mau unduk kpda Adam.

Jin iku keturunan iblis,
setan kui sifat, menungso seng kelakuane elek yo keno disebut setan..

Dlu cuma ada malaikat malaikat dan iblis saja, lalu diciptakan nabi Adam menyusul siti hawa..
Stelah dilaknat dan diusir Allah dari surga karena tdk mau sujud kepada nabi Adam. Iblis (dia) murka.. Lalu Allah melaknat iblis tersebut dan iblis minta penangguhan waktu sampai kiamat terjadi..
Lalu diciptakan lah jin, jin itu ada yg kafir ada yg soleh... Sama seperti golongan manusia dan golongan jin kalau keji maka disebut syaithon (setan) tetapi jika jin tersebut muslim, baca QS 71 jin
Jin yg soleh pun mendengarkan dan mengaji ayat suci Al Quran..
Semoga membantu utk jawabannya

Maaf, sebaiknya kalo menulis salam yang lengkap, kalau sepotong2 akan mempunyai arti berbeda.. seperti 'ass' (maaf: pantat)..

Paijo
betul mas tapi ya kita semua kan tau maksudnya itu salam, jangan terlalu di besarkan. kaya kalo beli chiken kan kita bilang nya "Minta Dada nya Mba 2" kalo di besar besarkan pembeli jadi salah. si mba nya juga paham kalo itu dada ayam bukan dadanya... heeee heee

Ini orang sok tau Jin Iblis dan Setan ya dia2 juga. Mereka dibuat dr api. Iblis adalah rajanya Jin yg punya perjanjian dgn Allah karena dikutuk meminta penangguhan dan diberi kesempatan utk menggoda anak keturunan Adam hingga kiamat. Sedangkan Setan kata sifat yg disandang Jin.

tulisan sama chiken kan beda perumpamaan....jadi ga bisa di samakan....perkataan dalam islam tu emang harus jelas...ga mau di singkat2 ,.....begicuuuuu tohhhh

Asallamualaikum..Setuju mas paijo ngucap salam aja dsingkat malas bngt
Emlanderz...maaf kenapa yg salah d bela..walaupun tau maksudnya apa...tp cara pengucapanya atau tulisannya salah beda arti

Ketika kamu wafat apa kmu mau tulisan d nisan nya. Telah wafat si dia tgl...
Keluargamu mungkin tau si dia siapa tp yg laen tidak tau

Begitu juga salam ...miris bngt masih banyak yg ngucap salam masih disingkat
Di beritahu salah tp masih melakukan pembenaran

1. iblis adalah nenek moyang bangsa jin, sebagaimana adam adalah nenek moyang bangsa manusia.
2. iblis diberi tangguh sampai hari kiamat sedangkan keturunannya dari bangsa jin tidak
3. jin ada yang baik/muslim/soleh ada yang jahat/kafir
4. setan merujuk pada sifat yang jauh dari kebenaran, mengajak kepada kesesatan, ingkar, bisa pada diri manusia maupun jin
5. hantu adalah penampakan jin

5.
4.

@Rami Syah:
Kejadian tersebut adalah di langit ato di surga.., Saat itu yg menghuni langit dan surga adalah para malaikat dan Iblis.., Sedangkan bangsa jin menghuni bumi..

Iblis adalah golongan dari bangsa jin.., tp dia sangat taat beribadah, sehingga Allah mengangkat derajatnya seperti malaikat, bahkan Iblis menjadi pemimpin malaikat..

Karena pembangkangannya gak mau sujud, akhirnya Iblis menjadi terlaknat dan di usir dari surga dan langit.., setiap seorang manusia lahir, maka terlahir 2 setan untuk Iblis.., jadi setan itu anak turunan Iblis..

Wallahua'lam..

@Rami Syah, coba di baca lagi surat Al-Kahfi [18.50] mungkin bisa menyegarkan ingatan anda dan semoga bermanfaat bagi kita semua

Ngga ada bedanya sih IBLIS sama JIN, karena Iblis sendiri di lahirkan dari bangsa Jin. Lagi pula Iblis hanyalah NAMA untuk makhluk ciptaan Allah yg dlunya tekun beribadah dari langit pertama hingga ke langit ke tujuh(Arsy Allah). Nah, karena sifat sombong yg di miliki si AZAZIL IMAM para MALAIKAT(Nama prtama iblis sblm di laknat Allah SWT) ini yg menolak perintah Allah utk bersujud di depan ADAM dan akhirnya di usir dari kedudukannya. Hingga pada waktu itu Allah SWT menamainya dengan sebutan IBLIS.

Back To Top