Ini Alasan Mengapa Ngantuk Datang Malam Hari

Ketika matahari tidak lagi bersinar, biasanya kita mulai merasakan mata menjadi berat. Ternyata ini alasan mengapa ngantuk datang malam hari. Pada kesempatan yang menarik ini, kita tidak hanya akan membahas mengapa rasa berat di mata kita tiba saat malam, tapi juga alasan-alasan lainnya yang membuat kita merasa lemas dan lebih ingin tidur dibandingkan melakukan hal-hal yang berguna.

Ini Alasan Mengapa Ngantuk Datang Malam Hari

Ternyata Ini Alasan Mengapa Ngantuk Datang Malam Hari dan Kita Harus Segera Tidur
Menurut konsep sains, penyebab kantuk datang adalah karena hal itu merupakan tanda alamiah yang diproduksi oleh tubuh kita. Arti dari tanda itu adalah otak kita sudah mulai lelah dan ia meminta waktu untuk istirahat. Jika hal itu sudah terjadi, ada baiknya kita menuruti apa yang dimaui oleh otak, mengingat jika kita memaksakannya maka tidak akan baik efeknya bagi kita nanti. Bayangkan saja, otak yang sudah kelelahan digunakan selama satu hari penuh masih harus dipaksa untuk bekerja, terlebih lagi dengan oksigen yang amat minim padahal oksigen tersebut adalah sumber tenaga yang digunakan oleh otak.

Kenapa kita lebih cenderung untuk mengantuk di saat malam jika dibandingkan dengan saat masih siang? Hal ini disebabkan adanya hormon melatonin dalam tubuh, dimana hormon ini dikeluarkan oleh Supra Chiasmatic Nucleus atau SCN di saat matahari tidak lagi nampak batang hidungnya. Saat hormon ini muncul, mereka langsung mengambil alih dan segera memerintahkan tubuh untuk tidur. Meski begitu, banyak orang-orang yang SCN-nya sudah mulai beradaptasi seperti mereka yang bekerja dengan kondisi sekitar terang, atau para pekerja malam dimana mereka akan lebih bisa bertahan di malam hari dibandingkan orang-orang yang lain.

Setelah tahu bahwa ternyata ini alasan mengapa ngantuk datang malam hari, mungkin kita selanjutnya akan bertanya-tanya apa yang terjadi saat kita tertidur di kala itu. Memang ternyata tubuh kita paling tahu tentang dirinya sendiri sehingga waktu tersebut digunakan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak ketika terbangun tadi. Biasanya waktu tidur yang sehat adalah 7 hingga 9 jam tiap harinya. Perbaikan sel ini dilakukan oleh sebuah hormon yang dikenal sebagai Human Growth Hormone atau HGH. Belum lagi dengan tidur selama sekitar paling tidak 8 jam setiap harinya, kita bisa bangun dengan jauh lebih segar.

Alasan Lainnya Kita Bisa Mengantuk
Selain karena memang sudah malam, ternyata masih ada beberapa alasan kenapa kita mengantuk yang lainnya, hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

• Karena alergi makanan
Beberapa dokter mengatakan bahwa kantuk yang berlebihan bisa saja disebabkan oleh alergi kepada makanan yang kita konsumsi.

• Ngantuk yang terjadi setelah makan
Biasanya kita mengantuk karena tubuh mengeluarkan energi yang banyak saat makan.

• Kurang tidur
Biasanya tubuh akan meminta jatah hutang waktu tidur yang hilang ketika seseorang begadang semalaman.

• Adanya penyakit jantung
Saat kinerja jantung tidak begitu baik, biasanya kita akan merasa lebih mudah lelah.

• Dehidrasi
Ketika kita habis kehilangan banyak air, kita akan merasa menjadi jauh lebih lelah dari biasanya.

• Kantuk yang disebabkan oleh depresi
Saat kita mengalami depresi, biasanya kemalasan juga mengikuti dan menimbulkan rasa malas.

• Anemia sebagai penyebab kantuk
Ketika kita kekurangan darah, berarti kita juga kekurangan pengantar oksigen ke seluruh tubuh yang menyebabkan kelelahan.

Kini kita sudah mengetahui banyak hal dan mengetahui bahwa ternyata ini alasan ngantuk datang malam hari.
0 Komentar untuk "Ini Alasan Mengapa Ngantuk Datang Malam Hari"

Back To Top