10 Jenis Sholat yang Tidak Diterima Allah SWT

Meskipun sholat merupakan hal yang wajib dilakukan, belum tentu sholat yang kita lakukan pasti diterima oleh Allah SWT. Mengingat ternyata ada jenis-jenis sholat yang sama sekali tidak akan ada harganya jika dihadapkan pada sisi Allah SWT karena hal-hal tertentu. Untuk mengetahui dan menghindari jenis-jenis dari sholat yang tidak akan diterima di sisi Allah, kali ini kita akan membahasnya bersama-sama.

10 Jenis Sholat yang Tidak Diterima Allah SWT

Dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, diceritakan mengenai pentingnya melakukan sholat. Dari hadits tersebut diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai 5 hal yang akan membangun Islam secara penuh. Setelah menyebutkan bahwa sesungguhnya tidak ada lagi yang layak untuk disembah selain Allah SWT, nabi Muhammad SAW berkata bahwa menegakkan sholat termasuk dalam hal yang berpengaruh penting pada keislaman seseorang.

Lewat hadits tersebut, tidak heran jika banyak orang yang langsung buru-buru berkumpul di masjid untuk melakukan sholat jamaah demi pahala yang lebih besar. Tapi dari semua, belum tentu semua sholat diterima oleh Allah SWT karena kadang kita tidak tahu apa yang ada di dalam otak dan hati manusia, dan hanya Allah yang mengetahui hal tersebut. Sholat juga sebenarnya berfungsi untuk mencegah manusia untuk melakukan maksiat, dan seperti yang pernah dikatakan oleh Hasan al-Bashri bahwa jika sholat kita gagal melakukan itu maka kita belum melakukan sholat.

Rasulullah juga pernah mengucap bahwa sholat merupakan sebuah cahaya bagi seseorang, dan jika mereka tidak memelihara sholat mereka maka sholat tersebut tidak akan bisa menjadi cahaya, dan tidak bisa juga menjadi petunjuk maupun juru selamat orang tersebut.

Berikut Daftar Tentang 10 Jenis Sholat yang Tidak Diterima Allah SWT
Dijelaskan di atas  bahwa ada beberapa sholat yang tidak diterima oleh Allah SWT dan daftar 10 jenis sholat yang tidak diterima Allah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sholatnya para lelaki yang memelihara sholat tapi tidak pernah mau berzakat
2. Sholatnya orang yang sendirian dan tidak membaca apapun
3. Sholatnya seorang pria yang sedang dalam pelarian diri
4. Sholat dari seorang pria yang gemar minum arak tanpa bertaubat dulu sebelumnya
5. Sholat dari mereka yang menjadi imam tapi makmumnya benci pada orang tersebut
6. Sholat dari para perempuan yang sedang bertengkar dengan suami
7. Ibadah sholat dari mereka yang suka memakan harta riba
8. Ibadah sholat dari perempuan yang tidak menggunakan tudung atau jilbab
9. Ibadah sholat para pemimpin yang senang menganiaya
10. Sholat yang gagal mencegah pelakunya dari melakukan kemunkaran dan kekejian

Itulah jenis-jenis sholat yang tidak akan diterima di sisi Allah SWT, semoga sholat yang kita lakukan tidak akan termasuk dalam 10 golongan tersebut.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa siapapun yang ketika sholat, sholat tersebut gagal untuk mencegah mereka dari berbuat segala sesuatu yang berkaitan dengan kekejian dan kemungkaran, maka sholat yang mereka lakukan hanya akan membuat Allah SWT menjadi semakin murka, dan alih-alih mendekatkan diri mereka malah menjadi semakin jauh dari Allah SWT. Karena dari itu, sebelum kita melakukan sholat yang diwajibkan, ada baiknya kita mengecek daftar mengenai 10 jenis sholat yang tidak diterima Allah.
4 Komentar untuk "10 Jenis Sholat yang Tidak Diterima Allah SWT"

disitu laki laki disebut 3 kali sedangkan perempuan cuma 2 kali, ga adil banget dan ga enak banget jadi laki laki!

disitu laki laki disebut 3 kali dan wanita cuma disebut 2 kali, ga adil banget dan ga enak banget jadi laki laki!

Back To Top