Mimpi Dapat Direkam, Diabadikan dan Dilihat

Alangkah menyenangkannya kalau mimpi dapat direkam, diabadikan dan dilihat sewaktu-waktu kita menginginkannya. Tidak perlu ditanya, pasti kita semua pernah bermimpi indah saat tidur dan muncullah rasa ingin melanjutkan mimpi tersebut, mengulangnya, atau bahkan melihatnya lagi. Sayangnya, ada banyak mimpi indah yang pastinya terlupakan sekejap ketika kita bangun dari tidur lelap dan detilnya cerita mimpi pun tidak ingat lagi kalau sudah melek. Ada kabar mengejutkan yang ternyata membuat banyak orang berharap-harap.

Mimpi Dapat Direkam, Diabadikan dan Dilihat

Terkadang saat bangun tidur, kita bisa ingat bahwa kita baru saja bermimpi akan hal-hal yang menyenangkan karena suasana hati ketika bangun pun sangat baik, tapi yang disayangkan adalah jalan cerita yang terlupakan. Mencoba untuk mengingat sekeras mungkin pun juga tetap lupa dan tidak hafal keseluruhan dan detil mimpi yang dialami. Yang ada di benak kita malah mungkin hanya potongan-potongan mimpinya saja dan hal tersebut tentu agak sedikit menyebalkan.

Namun, kabarnya tidak akan lama lagi alat perekam mimpi hadir karena memang ada ilmuwa yang saat ini sedang membuatnya. Bukan hanya akan membuat dan menghadirkan alat perekam mimpi tapi mimpi pun bisa diinterpretasikan sehingga kita tidak akan lagi dibuat penasaran dengan mimpi yang misterius. Kabar baik bagi kita karena jika memang nanti alat ini benar-benar jadi dan bisa digunakan, mengoleksi mimpi indah bisa jadi salah satu hobi baru yang menyenangkan.

Benarkah mimpi dapat direkam, diabadikan, dan dilihat? Memang baru kabarnya saja yang beredar bahwa alat perekam mimpi masih dalam proses pembuatan, jadi mungkin masih perlu bersabar untuk tahu kapan rilisnya. Mungkin banyak dari kita pun sudah tahu bahwa setiap mimpi itu pada dasarnya tercipta dari campuran dari naluri biologi, pengalaman pribadi, serta asumsi budaya. Dan tetap saja, bagi umat manusia, mimpi adalah sesuatu yang membingungkan bahkan dari awal peradaban sampai detik ini meski sudah banyak teori yang membahas akan hal ini.

Pasti seru kalau mimpi bisa direkam sehingga kita pun bisa melihat sendiri apa yang sebenarnya ada dalam otak kita. Mulai dari mimpi yang sederhana sampai dengan yang rumit itu terjadi karena otaklah yang berperan. Untuk itulah visualisasi elektronik aktivitas otak akan lebih difokuskan oleh ilmuwan untuk merekam mimpi itu, menurut yang dilaporkan oleh jurnal Nature. Seperti diungkapkan oleh seorang ilmuwan, Dr. Moran Cerf dari California Institute of Technology di Pasadena dan dilansir dari BBC News bahwa mereka ingin membaca mimpi orang. Tapi jangan salah paham dulu soal kalimat “ingin membaca mimpi orang” tersebut.

Mimpi yang bisa dilihat dan dibaca oleh alat perekam bukanlah dimaksudkan untuk mencampuri urusan orang lain, dan hal ini sudah dijelaskan oleh Dr. Cerf sendiri. Tujuan dari penciptaan alat tersebut adalah supaya pemahaman manusia akan mengapa dan bagaimana orang bisa mengalami mimpi bisa lebih diperluas. Psikolog pun baru-baru ini menggunakan analisis mimpi untuk pemahaman pikiran bawah sadar seseorang lebih baik. Tapi memang mimpi tersebut bisa ditafsirkan hanya ketika orang yang bermimpi itu dibangunkan dan diminta untuk menceritakan mimpi yang dialaminya.

Dalam studi Nature, hanya konsep atau gambar yang tersimpan di database yang dapat diidentifikasi oleh para peneliti. Hasilnya akan diperoleh dengan mempelajari pasien yang sudah ditanam dengan elektroda supaya kejang otak bisa diperlakukan dan dimonitor. Disebutkan sebelumnya bahwa mimpi pun nantinya akan mampu diinterpretasikan. Untuk satu ini, ada mesin interface yang telah diupayakan untuk menerjemahkannya dengan bantuan instruksi yang dikontrol oleh mesin atau komputer. Jadi, tunggu saja hasil dari mimpi dapat direkam, diabadikan dan dilihat.
0 Komentar untuk "Mimpi Dapat Direkam, Diabadikan dan Dilihat"

Back To Top