MasyaAllah, Ini Keajaiban Air Susu Ibu

Air susu ibu sekarang banyak ditinggalkan oleh para ibu, dimana mereka kini lebih suka memberikan anak-anak mereka susu formula yang asalnya tidak jelas. Air susu ibu asalnya natural dari ibu sang bayi, jadi tidak perlu lagi sebenarnya sang ibu ribet mencari susu dari hewan yang bukan ibu dari bayi mereka. Kali ini kita akan coba pelajari apa sih manfaat dari air susu seorang ibu untuk bayi yang menjadi darah dagingnya sendiri.

MasyaAllah, Ini Keajaiban Air Susu Ibu

Ini Keajaiban Air Susu Ibu Jika Dibandingkan Dengan Susu Formula Atau Susu Sapi
Yang menjadi dalil keajaiban ASI adalah sebuah ayat dari kitab suci umat Islam yang paling baik, yaitu dari Al-Qur’an tepatnya di surat Al-Baqarah ayat ke-233. Ayat tersebut bercerita bahwa sebaiknya para ibu yang sudah memiliki anak sebaiknya menyusui anak-anak mereka selama dua tahun  tanpa jeda. Hal ini adalah sebuah cara yang harus dilakukan oleh seorang ibu jika ia ingin membuat anaknya mengkonsumsi susu secara sempurna, dan agar bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan juga bisa berkembang dan bertumbuh secara sempurna.

Pada ayat yang menjelaskan kelebihan dari air susu seorang ibu tersebut, juga dijelaskan bahwa pemberian ASI tidak hanya terbatas pada seorang ibu saja tanggung jawabnya. Seorang ayah juga kini memiliki tanggung jawab yang sama, dimana ayah tadi diwajibkan untuk memberikan makanan dan pakaian yang disukai oleh para ibu, tapi pastikan bahwa pemberiannya dengan cara yang juga ma’ruf. Berarti seorang ayah memiliki tanggung jawab yang sama berat, jika sang ibu harus merawat bayi kecil yang baru datang ke dunia, sang ayah memikul tanggung jawab untuk mengurus segala keperluan dari sang ibu untuk menopang hidup dari bayi kecil tadi.

MasyaAllah, ini keajaiban air susu ibu yang selama ini telah ditinggalkan banyak orang, yaitu bagaimana ASI memiliki komposisi zat-zat yang paling baik untuk pencernaan seroang bayi. Belum lagi zat dalam ASI membuat susu tersebut sulit untuk terinfeksi kuman-kuman serta penyakit yang berbahaya, yang bisa membuat susu tersebut dari khasiat malah menjadi siksa untuk sang bayi karena sudah terkontaminasi penyakit ini dan itu. Ada pula kolostrum yang terdapat dari ASI, cairan yang paling baik.

Meskipun memang air susu ibu berkhasiat untuk bayi, Islam tidak pernah memaksa seorang ibu memaksakan dirinya hingga tersiksa demi memberi makan bayinya dengan ASI. Hal ini tertulis masih di ayat yang sama yaitu Al-Baqarah ayat 233. Pada ayat itu ditegaskan bahwa seorang ibu tidak sebaiknya menjadi derita karena sang anak, ayahnya juga tidak harus menjadi menderita. Jadi jika memang dinilai akan lebih baik bagi semua orang jika bayi tersebut disapih saat umurnya masih di bawah 2 tahun, maka boleh dan tidak terjadi dosa karenanya. Yang harus dipastikan adalah ada pembayaran yang tepat untuk itu bagi orang yang menyapihkan (menyusui) anak bayi  tersebut.

Beberapa kelebihan dari ASI adalah sebagai berikut:

• Mencerdaskan seorang anak
• Penyerapan oleh bayi jauh lebih mudah
• Nutrisi yang dikandung jauh lebih sempurna
• Kondisi ASI akan selalu segar dan bersih, mengingat muncul langsung dari sumbernya
• Mencegah obesitas pada si bayi

Itu hanyalah sebagian amat kecil dari kelebihan susu yang diproduksi lewat cinta seorang ibu. 
0 Komentar untuk "MasyaAllah, Ini Keajaiban Air Susu Ibu"

Back To Top