8 Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah pegangan setiap umat Islam dan tentunya ada keutamaan membaca Al-Qur’an yang perlu diketahui oleh setiap kita, termasuk apabila juga hafal dan mengerti setiap isinya, serta mengamalkannya. Ada balasan serta pahala super besar dan berlipat-lipat yang akan didapatkan oleh orang-orang baik yang suka berinteraksi dengan Al-Qur’an. Kemuliaan di sisi Allah SWT pun juga akan didapatkan orang tersebut.

8 Keutamaan Membaca Al-Qur’an

8 Keutamaan dan Kemuliaan Membaca Al-Qur’an

1. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengutamakan membaca Al-Qur’an dianggap sebagai amal yang terbaik dari kita. Hal ini disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam HR Bukhari bahwa sebaik-baik kita adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an kemudian mengajarkannya kepada orang lain.

2. Membaca Al-Qur’an juga disebut-sebut sebagai perniagaan yang tidak pernah merugi karena telah difirmankan sendiri oleh Allah SWT dalam QS. Al-Fathir: 29 bahwa siapapun yang selalu membaca kitab Allah serta mengerjakan dan membangun shalat dan bahkan menafkahkan rezeki yang telah dianugerahkan kepada mereka secara terang-terangan dan diam-diam, orang-orang seperti itulah yang berharap akan perniagaan yang tidak merugi.

3. Membaca Al-Qur’an ternyata membawa jiwa kita kepada ketenangan alias mendapat sakinah serta kasih sayang atau rahmat. Hal ini disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam HR Muslim bahwa tidaklah berkumpul satu kaum dalam suatu rumah Allah untuk belajar dan membaca Al-Qur’an kecuali rahmat dan sakinah turun atas mereka berikut juga diliputi oleh malaikat. Itulah salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari.

4. Dengan membaca Al-Qur’an dengan rajin, kedudukan atau derajat yang tinggi akan didapat di sisi Allah SWT, disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam HR Bukhari dan Muslim bahwa siapapun yang membaca dengan mahir setiap isi Al-Qur’an, maka ia akan bersama dengan malaikat yang mulia lagi taat.

5. Rasulullah juga pernah bersabda dalam HR Muslim bahwa kita diperintahkan untuk membaca Al-Qur’an karena ada syafaat yang akan diberikan oleh kitab suci ini pada hari kiamat kepada yang dengan setia membacanya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa membaca Al-Qur’an bisa membuat kita mendapatkan syafaat saat hari kiamat yang kita tidak dapat menduga atau meramalkannya.

6. Keutamaan membaca Al-Qur’an di rumah lainnya adalah kita bisa mendapatkan kebaikan yang berlipat-lipat, seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah dalam HR Tirmidzi bahwa ada satu kebaikan bagi siapapun yang membaca satu huruf dari kitabullah, yang akan dibalas sepuluh kali lipat. Yang dimaksud satu huruf di sini adalah alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf bukanlah alif lam mim satu huruf sebab Rasulullah tidak mengatakan hal tersebut.

7. Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan puasa juga harus tetap diperhatikan karena seperti yang disabdakan juga oleh Rasulullah dalam HR Bukhari dan Muslim bahwa orang yang setia membaca Al-Qur’an diumpamakan seperti buah utrujah yang rasanya lezat dan aromanya harum, sedangkan orang yang tidak membaca Al-Qur’an tapi mengaku beriman diumpamakan seperti kurma, rasanya manis tapi tidak wangi. Ada lagi orang munafik yang membaca Al-Qur’an diumpamakan seperti buah raihanah, punya rasa pahit meski aromanya harum, sedangkan orang munafik yang juga tidak membaca Al-Qur’an diumpamakan seperti buah handhalah (seperti labu) yang punya rasa pahit serta tidak beraroma.

8. Keutamaan yang terakhir ketika membaca Al-Qur’an dengan baik dan tekun adalah mendapatkan anugerah Allah SWT, seperti bunyi sabda Rasulullah dan firman Allah bahwa siapapun yang berdzikir dan sibuk dengan Al-Qur’an dari meminta-Nya, orang tersebut akan diberikan sebaik-baik anugerah Allah. Itulah beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an yang patut dipahami dan seharusnya menjadi motivasi bagi kita untuk lebih rajin lagi dalam membacanya.
0 Komentar untuk "8 Keutamaan Membaca Al-Qur’an"

Back To Top