Masya Allah, Inilah Rahasia Besar Dibalik Gerakan Sujud

Sujud adalah salah satu gerakan dalam shalat yang harus selalu dilakukan, tapi ternyata masya Allah, inilah rahasia di balik gerakan sujud yang selalu kita lakukan setiap shalat, yang berarti jika kita menjalankan shalat fardhu 5 waktu ada sekitar 34 kali kita melakukan gerakan sujud. Sesungguhnya Allah SWT tidak akan pernah menganjurkan kita melakukan sesuatu kecuali hal tersebut memiliki tujuan yang baik untuk tubuh kita sendiri. Kali ini, akan kita ulas apa saja fungsi bersujud bagi kita.

Masya Allah, Inilah Rahasia Besar Dibalik Gerakan Sujud

Rahasia Dibalik Gerakan Sujud yang Selalu Kita Lakukan Ketika Sedang Shalat
Seluruh gerakan shalat pasti punya arti dan maknanya sendiri, begitu juga dengan sujud, ada kebaikan saat dilakukan baik itu untuk kesehatan fisik kita maupun untuk kejiwaan. Sujud ternyata adalah sebuah gerakan yang amat sederhana, tapi manfaat yang ia miliki ketika kita melakukannya amat luar biasa. Begitulah cara kerja Allah SWT, Ia akan selalu memberikan kita sesuatu untuk dikerjakan dan sesuatu tersebut akan membawa keindahan dalam hidup kita baik secara langsung maupun disimpan untuk nanti ketika kita dibangkitkan lagi.

Sebelum kita mengetahui efek positifnya, ada baiknya jika mengetahui arti kata sujud, kata yang diambil dari arab, khadha’a, yaitu sebuah kondisi dimana seseorang tunduk dengan dahi yang melekat pada bumi. Ketika seseorang melakukan sebuah kegiatan dimana mereka merendahkan diri, bisa juga disebut bahwa mereka tengah sujud. Ini juga tertulis dalam Al-Qur’an pada surat al-Insyiqaq ayat 20 hingga 21 yang artinya mempertanyakan mengapa orang-orang kafir tidak mau beriman dan ketika Al-Qur’an dibacakan pun mereka enggan untuk bersujud.

Inilah Rahasia Dibalik Gerakan Sujud yang Diperintahkan Oleh Allah SWT:

• Efek Terhadap Kejiwaan
Ketika seseorang melakukan sujud yang gerakannya sesuai dengan apa yang diajarkan oleh sunnah dari Rasulullah, orang tersebut akan merasa tenang. Tenang ini berarti seorang hamba sangat bersyukur akan apa yang diberikan oleh Allah, dan membuatnya menjadi tidak sombong, menjadi lebih baik dari umat-umat Allah yang lainnya. Derajatnya pun akan ditingkatkan ketika seluruh kesombongan yang dia miliki luluh di hadapan Allah SWT seiring dengan sujud yang dilakukannya.

• Efek Terhadap Fisik Seseorang

1. Kecerdasan Seseorang Akan Meningkat
Efek positif dari sujud yang tuma’ninah adalah untuk memperlancar aliran darah, sehingga otak bisa mendapatkan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu, sel otak yang ada di dalamnya bisa bekerja jauh lebih maksimal.

2. Tubuh yang mereka miliki menjadi lebih indah
Dengan bersujud, kita juga berlatih untuk memperkuat otot dada. Hal ini terjadi karena saat sujud, kita menumpukan beban tubuh kita pada lengan kita. Bagi ibu menyusui, gerakan sujud juga memperbaikin kelenjar payudara mereka.

3. Organ persalinan orang-orang yang bersujud jadi terlatih
Mereka yang sering bersujud akan memiliki organ-organ untuk melahirkan yang jauh lebih elastis dan fleksibel.

4. Kesehatan pencernaan menjadi terjaga
Saat kita bersujud di tanah, kita secara tidak sadar juga sedang melakukan sebuah proses pemijatan kepada seluruh bagian yang kita gunakan untuk pencernaan selama ini. Dengan begitu, kita akan bisa mencerna lebih baik lagi.

Setelah mengetahui segala macam itu, bukankah kini terbukti bahwasannya Allah selalu menyuruh kita melakukan segala sesuatu yang ada gunanya untuk kita baik di dunia dan akhirat, seperti sujud ini.
0 Komentar untuk "Masya Allah, Inilah Rahasia Besar Dibalik Gerakan Sujud "

Back To Top