Imam Mahdi dan Tanda-Tanda Kemunculannya di Dunia

Tanda-tanda kiamat serta munculnya Dajjal itu ada Tanda Penghubungnya dan oleh karena itu, Imam Mahdi dan tanda-tanda kemunculannya di dunia dipertanyakan banyak orang. Pengutusan Imam Mahdi ke muka bumilah yang menjadi Tanda Penghubung antara tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar kiamat menurut apa yang dikatakan para ulama. Di zaman kita ini, tanda-tanda kecil kiamat sudah muncul seperti yang dinyatakan oleh Nabi shollallahu ‘alaih wa sallam. Otomatis tanda-tanda besarnya pun akan muncul sebentar lagi seiring waktu.

Imam Mahdi dan Tanda-Tanda Kemunculannya di Dunia

Imam Mahdi dan Tanda-tanda Kemunculannya Sesuai Hadits
Telah disebutkan oleh Nabi shollallahu ‘alaih wa sallam dalam sebuah hadits bahwa kedatangan Imam Mahdi adalah pada akhir zaman. Peran Imam Mahdi di sini adalah sebagai pemimpin umat Islam untuk keluar dari kesewenang-wenangan, kezaliman, serta kegelapan menuju cahaya kejujuran dan keadilan di mana dunia seluruhnya diterangi. Umat Islam akan diantar olehnya untuk meninggalkan babak keempat era para penguasa diktator yang suka mengabaikan kehendak Allah dan Rasul-Nya serta memaksakan kehendak, kemudian akan menuju ke babak kelima di mana manhaj atau metode kenabian diikuti karena tegaknya kembali kekhalifahan Islam.

- Dalam HR abu Dawud 9345 disebutkan bahwa seandainya tinggal sehari di dunia, maka hari tersebut akan diperpanjang oleh Allah sehingga seorang laki-laki akan diutus untuk memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelum-sebelumnya bumi penuh dengan penganiayaan serta kezaliman.

Imam Mahdi adalah seorang pria keturunan Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaih wa sallam dan Allah memberinya izin untuk mengubah dunia yang tadinya penuh penganiayaan serta kezaliman menjadi dunia yang penuh dengan keadilan serta kejujuran. Di akhir zaman, Imam Mahdilah yang akan menjadi panglima perang umat Islam dan mengajak para umat Islam untuk berperang melawan Para Penguasa Diktator atau Mulkan Jabriyyan. Jika Imam Mahdi diizinkan oleh Allah memenangkan segala perang yang ia pimpun, maka nantinya ia akan menjadi pemimpin dengan ideologi penghambaan manusia kepada Allah saja atau aqidah Tauhid.

- Terdapat di dalam HR Muslim 5161 pernyataan bahwa Allah akan memberi kemenangan bagi yang memerangi jazirah Arab, Persia, dan Rum, serta Dajjal. Apakah tanda-tanda kemunculan Imam Mahdi? Gambaran umum atau indikasi kemunculannya sudah diberikan dalam sebuah hadits Nabi Shollallahu ‘alaih wa sallam. Disebutkan bahwa pengutusannya untuk datang ke bumi adalah pada waktu banyak gempa terjadi serta perselisihan antar sesama manusia semakin hebat. Seperti yang kita sering lihat dengan mata kepala kita sendiri atau bahkan dari media elektronik, di berbagai negeri kedua fenomena alam dan sosial tersebut makin marak saja dewasa ini. Bisa jadi sebentar lagi Imam Mahdi akan muncul.

- Dalam HR. Ahmad 10898 juga disebutkan tentang adanya kabar gembira akan kemunculan Imam Mahdi yang diutus Allah pada saat ada banyak gempa terjadi dan perselisihan antar-manusia yang memenuhi bumi. Kezaliman serta kesewenang-wenangan tersebut akan digantikan dengan kejujuran serta keadilan oleh Imam Mahdi.

- Dalam HR Abu Dawud 3737 disebutkan bahwa setelah wafatnya seorang pemimpin, akan terjadi perselisihan dan seorang pria akan berlindung ke Mekkah dari Madinah, kemudian beberapa orang dari Mekkah mendatangi pria ini serta membai’at Imam Mahdi secara paksa diantara Maqam Ibrahim dan Rukun. Sepasukan manusia dari Syam kemudian diutus, maka mereka dibenamkan diantara Mekkah dan Madinah yang bernama daerah Al-Baida.

Hadits terakhir memberi gambaran bahwa ada tiga peristiwa penting menyertai kedatangan Imam Mahdi. Pertama kematian seorang pemimpin yang setelahnya terjadi perselisihan panjang, kedua Imam Mahdi yang akan dibai’at di depan Ka’bah secara paksa, dan ketiga adalah terbenamnya orang-orang yang bertugas menangkap Imam Mahdi. Itulah Imam Mahdi dan tanda-tanda kemunculannya menurut pernyataan di hadits-hadits.
0 Komentar untuk "Imam Mahdi dan Tanda-Tanda Kemunculannya di Dunia"

Back To Top