Istimewanya Unta, Hewan Gurun yang Mampu Menahan Kondisi Sulit

Kita semua hampir pernah mendengar nama hewan unta, tapi tahukah kita mengenai istimewanya unta, hewan gurun yang mampu menahan kondisi sulit? bahkan ketika persediaan air amat sedikit hewan ini ternyata masih bisa tetap hidup dan masih bisa membantu masyarakat sekitarnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dilakukan. Pada artikel kali ini, kita akan sama-sama berusaha untuk membahas apa yang membuat unta menjadi sebuah hewan yang cukup istimewa terutama dari gaya hidupnya di padang pasir.

Istimewanya Unta, Hewan Gurun yang Mampu Menahan Kondisi Sulit

Unta diciptakan Allah secara khusus agar ia bisa tinggal dan hidup di padang pasir demi melayani manusia yang menjadi pemiliknya meskipun di tempat tersebut amat jarang bisa ditemukan sumber air yang melimpah ruah. Jika kita mau mengamati dan mencoba untuk mengetahui bagaimana penciptaan unta terjadi, maka kita juga akan menemukan bahwa ternyata setiap-setiap bagian dari unta bahkan hingga yang terkecil adalah sebuah mukjizat dari aktivitas penciptaan yang dilakukan oleh Allah SWT.

Unta bisa bertahan di kondisi ekstrim padang gurun, padahal kita sama-sama tahu bahwa padang gurun merupakan sebuah tempat dimana kondisinya amat panas dan tentu saja dibutuhkan minuman yang amat banyak. Sedangkan di gurun sendiri, untuk mencari air butuh daya yang lebih banyak lagi yang malah akan membuat orang semakin haus. Tapi maha besar Allah dan segala teka-teki yang dilakukannya, Allah menciptakan unta dengan kemampuan ia bisa tahan tanpa harus minum banyak air, juga ia tidak butuh makanan yang banyak juga.

Uniknya Struktur Tubuh dan Bagian Dalam dari Unta
Istimewanya unta, hewan gurun yang mampu menahan kondisi sulit tidak berhenti sampai situ saja, ada lagi yang lainnya. Salah satunya adalah fakta bahwa unta mampu bertahan hidup pada kondisi ekstrim dimana panasnya bisa mencapai 50 derajat celsius. Seakan itu belum cukup ajaib, ternyata unta bahkan bisa tahan hidup di kondisi tersebut tanpa makan dan minum sama sekali. Untuk mengakomodir kondisi ini, ketika seekor unta menemukan sumber air yang melimpah maka ia akan menyimpan air tersebut. Unta mampu menenggak air dengan volume hingga sekitar 1/3 berat badannya dalam waktu yang cukup singkat, yaitu sekitar 10 menit saja.

Sistem pencernaan yang dimiliki oleh unta juga berbeda dibandingkan dengan hewan-hewan lain, inilah salah satu unsur lain yang masuk dalam daftar keanehan unta di padang pasir. Makanan di daerah tersebut biasanya dipenuhi duri dan bentuknya juga keras dan kering, tapi ternyata unta tidak memiliki masalah dalam mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Bagian perut dari unta didesain sedemikian rupa untuk bertahan dari kondisi-kondisi ekstrim tersebut sehingga ia bisa tetap bertahan hidup di padang pasir hingga bertahun-tahun.

Keunikan yang tidak dimiliki hewan lain tapi ada pada unta yang akan kita bahas juga sebagai penutup dari artikel ini adalah ketahanannya terhadap badai pasir. Badai tersebut jika terjadi biasanya akan membutakan karena banyak butiran pasir yang terbang, belum lagi jika kita hirup udaranya maka kita akan terkena serangan sesak napas. Nah, unta tidak mengalami itu karena kelopak matanya khas dan mampu melindunginya, begitu juga hidung yang terpasang pada hewan ini. Subhanallah, ternyata hal-hal itulah istimewanya unta, hewan gurun yang mampu menahan kondisi sulit.
0 Komentar untuk "Istimewanya Unta, Hewan Gurun yang Mampu Menahan Kondisi Sulit"

Back To Top