Ini Dia Manfaat Mengendalikan Amarah

Jika kalian adalah tipe orang yang bertemperamen tinggi, ini dia manfaat mengendalikan amarah yang akan dibagikan di sini untuk menambah pengetahuan dan mengajarkan kita untuk tidak mengumbar amarah. Ada sebuah kalimat mutiara yang menyebutkan bahwa janganlah kita memutuskan sesuatu ketika sedang marah karena memang hasilnya nanti akan membuat kita menyesal. Amarah merupakan perasaan yang harus bisa dikontrol karena banyak hal yang tidak diinginkan akhirnya terjadi saat emosi sedang memuncak.

Ini Dia Manfaat Mengendalikan Amarah

Umar bin Khattab meriwayatkan bahwa ada seorang lelaki yang mengatakan kepadanya bahwa ia tidak bersikap adil dan sesungguhnya tidak banyak yang diberikan juga. Sekejap saja wajah Umar pun berubah begitu juga sikapnya, maka orang lain yang hadir di sana pun mengatakan ke Umar untuk ingat akan firman Allah yang mengatakan bahwa kita haruslah menjadi pemaaf dan menyuruh orang melakukan yang ma’ruf serta menjauh dari orang-orang bodoh. Umar akhirnya menjawab bahwa ia seperti api yang lalu padam setelah diingatkan akan ayat tersebut.

Amarah yang tengah memuncak kadang bisa meledak setiap saat yang pada akhirnya malah menyakiti perasaan orang lain. Sebenarnya apa yang kita lakukan ketika amarah menimpa kita? Ada beberapa dari kita yang amarahnya langsung padam ketika ayat-ayat Allah SWT dibacakan kepada kita, tapi ada juga yang tidak begitu mempan. Namun, bagaimana juga amarah harus bisa dikendalikan karena bermanfaat bagi kita.

1. Manfaat dari menahan amarah yang pertama adalah ketika kita tidak meledak saat marah, itu artinya kita mampu untuk berpikir secara benar alias mengendalikan diri dengan baik. Bahkan menahan amarah akan membantu kita untuk memutuskan hal yang tepat sehingga kita tidak terjerumus ke perbuatan yang menimbulkan penyesalan di hari kemudian. Ada banyak kasus di mana orang-orang yang marah tidak terkendali malah melakukan tindak penganiayaan serta pembunuhan yang sama sekali tidak berkenan bagi Allah SWT dan akhirnya malah merugikan diri sendiri juga.

2. Mengendalikan perasaan marah juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Hal ini dikarenakan kita terjaga dari penyakit fisik yang dapat dipicu oleh emosi yang tidak terkendali. Mengontrol emosi dengan baik akan membuat fisik dan mental kita sehat dan jauh dari penyakit yang bisa saja merugikan kita di kemudian hari.

3. Mengendalikan rasa marah dan menghindari main fisik atau pertengkaran tentu akan membuat kita secara otomatis terdorong untuk interospeksi diri. Di lain waktu, kita akan mampu memperlakukan mereka dengan lebih baik dan tentunya ukuwah akan dibina terhadap diri kita sendiri dengan orang lain. Jangan sampai amarah kita malah melukai orang lain secara fisik atau verbal.

4. Ada banyak cara mudah mengendalikan marah yang bisa dicari dan dipraktikkan supaya manfaat bisa didapat, yaitu keseimbangan tubuh. Biasanya orang yang dilanda rasa marah akan menjadi tegang karena adanya kekuatan yang bertambah dan memicu bertambahnya gula di hati. Dengan mengendalikan amarah, diri sendiri pun akan terhindarkan dari berbagai perlakuan anarkis serta tidak akan menganiaya musuh.

Faktanya adalah saat orang sedang merasa marah, pikiran tidak berfungsi dengan baik dan biasanya akan berbuat sesuatu yang khilaf karena ketidakmampuannya untuk berlaku yang benar. Di hormon adrenalin terjadi dan berpengaruh terhadap hati saat kita sangat marah. Inilah mengapa manusia ketika marah memiliki kekuatan lebih sehingga mampu untuk mempertahankan diri atau justru malah melakukan perlawanan kepada orang yang memicu kemarahannya. Oleh karena itu, ditinjau dari berbagai aspek, ada banyak manfaat yang didapat ketika menahan emosi.
0 Komentar untuk "Ini Dia Manfaat Mengendalikan Amarah"

Back To Top