Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Tahukah Anda apa saja keutamaan bulan ramadhan bagi umat Islam? Bulan ramadhan sangat ditunggu oleh kaum muslim karena didalam bulan ini ada makna yang tersembunyi yang menyimpan banyak keberkahan. Untuk itu banyak sekali orang yang menginginkan dan selalu berdoa agar dapat bertemu selalu dengan bulan ramadhan. Bahkan apabila doa yang terucap banyak yang mengatakan bahwa mereka ingin diwafatkan pada bulan ini. Keinginan ini karena bulan ramadhan memiliki banyak sekali keutamaan yang harus diketahui umat muslim. Hanya sekedar mengingatkan sebagai sesama muslim ada beberapa keutamaan bulan ramadhan bagi umat Islam yang akan dijabarkan melalui artikel berikut ini.

Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Adapun keutamaan bulan ramadhan bagi umat Islam yang harus diketahui yaitu:

• Bulan Turunnya Al Qur’an
Bulan ramadhan memang sangat ditunggu umat muslim diseluruh penjuru dunia karena pada bulan inilah Al Qur’an kibat suci umat Islam diturunkan ke dunia. Turunnya ke dunia memberikan umat manusia mengenai petunjuk ke jalan yang lurus. Petunjuk ini diberikan untuk menjadi pembeda antara yang batil dan yang benar. Bisa dikatakan bahwa Al Qur’an menjadi pedoman hidup yang kebenaran dan keasliannya akan terjaga semenjak jaman Nabi Muhammad. Terjaganya keaslian sejak jaman Nabi inilah yang dapat dijelaskan secara nyata bahwa apabila ada perbedaan dalam satu ayat saja, maka akan dengan mudah diketahui karena Anda tentunya tahu bahwa banyak sekali penghafal Al qur’an yang dinamakan hafidz. Dengan demikian sangat sulit untuk diselewengkan sehingga bisa dikatakan bahwa Al Qur’an terjaga keasliannya sejak pertama kali diturunkan.

• Kebaikan yang Dilipat Gandakan
Apabila Anda mengetahui mengenai kebaikan bulan ramadhan yakni kebaikan yang dilipat gandakan, maka pasti anda akan berlomba-lomba mencari pahala yang sebanyak-banyaknya. Misal kebaikan yang dikerjakan contohnya sholat wajib maka akan dilipat gandakan menjadi tujuh puluh kebaikan. Sedangkan kebaikan yang dikerjakan sunah akan dilipat gandakan menjadi amalan wajib diluar bulan ramadhan.

• Bulan Keberkahan
Yang dinamakan bulan penuh keberkahan adalah bulan ramadhan, dan ini sering kali dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi muslim yang mengetahui mengenai keutamaannya. Tentunya kita tahu mengenai kesalahan atau dosa yang kita lakukan baik disengaja ataupun yang tidak disengaja. Dosa-dosa pada bulan lainnya sebelum Ramadhan dapat menjadi suci dibulan ini asalkan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya. Bahkan sepanjang bulan ramadhan yang dijalani umat muslim ini ada satu hari yang nilainya sama dengan kebaikan seribu bulan yakni malam Lailatul Qadar.

• Terbukanya Pintu Syurga dan Tertutupnya Neraka
Pada bulan ini semua syetan dikumpulkan dan dibelenggu selama satu bulan penuh. Setiap manusia diberikan banyak sekali kesempatan untuk mendapatkan pengampunan dan syurga yang selebar-lebarnya. Bulan ramadhan perlu diperhatikan mengenai keutamaannya dan semoga kita mampu untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

• Pengampunan Dosa
Dikatakan bahwa bulan suci ramadhan memang bulan pengampunan dosa yang mana ketika memasuk bulan ini dengan melaksanakan ibadah yang sempurna, niscaya akan mendapatkan hadiah dari Allah SWT. Hadiah tersebut adalah menjadi suci kembali seperti bayi yang baru saja dilahirkan ke dunia tanpa dosa.

• Malam Lailatul Qadar
Telah dijelaskan diatas mengenai malam Lailatul Qadar yang merupakan malam seribu bulan. Apabila mempelajarinya secara lengkap Islam adalah agama yang sangat nyata. Hal ini karena malam seribu bulan ini khusus hanya diberikan pada umat Nabi Muhammad SAW. Pengkuhususan ini karena umat Nabi Muhammad memiliki usia tidak sepanjang usia umat nabi terdahulu. Sehingga keistimewaan bulan inilah yang tak seharusnya disia-siakan bagi kaum yang berpikir.
1 Komentar untuk "Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam"

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Keutamaan di Bulan Ramadhan, semoga dapat saling melengkapi

16 Keutamaan di Bulan Ramadhan - Lengkap dengan hadisnya

Back To Top