Rumitnya Bahasa Sandi Dari Mesin Enigma

Rumitnya bahasa sandi dari mesin Enigma buatan Jerman pada perang dunia kedua mungkin akan jadi hal yang masih terus menerus dibicarakan dari masa ke masa, karena teknologi yang diciptakan oleh tentara Nazi ini memiliki kemampuan untuk mengirik pesan terenkrip kepada anggotanya yang lain tanpa diketahui pasukan Sekutu. Karena adanya mesin ini, pihak Sekutu selama beberapa lama mengalami kerugian karena kapal-kapal perang mereka selalu hampir semuanya ditenggelamkan oleh U-Boat, kapal selam milik Kriegsmarine. Kali ini kita akan membahas apa yang menjadi keunikan mesin Enigma dan pemecahannya.

Rumitnya Bahasa Sandi Dari Mesin Enigma

Teknologi Perang Tentara Nazi Jerman yang Tidak Hanya Mengerikan, Juga Mematikan
Misteri mesin Enigma milik Nazi Jerman dimulai dengan ayah dari mesin yang nantinya menjadi pemanjangan tangan dari dewa kematian Jerman ini, yaitu Arthur Scherbius. Mesin mengerikan ini diciptakan oleh insinyur tersebut dengan pesanan dari intelijen pasukan Nazi, dan tujuannya adalah untuk mengirim sebuah pesan yang sudah diubah isinya sedemikian rupa demi tujuan Adolf Hitler yang dinilai amat mulia. Nantinya mesin Enigma ini akan menjadi sebuah alat komunikasi yang amat membantu hubungan komunikasi antara Wermacht, angkatan darat Jerman, dan Kriegsmarine, angkatan laut. Nama Enigma sendiri dipercaya diambil dari kata “Aenigma” di bahasa latin, yang artinya adalah teka-teki.

Cara kerja mesin Enigma sebenarnya menggunakan konsep enkripsi yang diberi nama Caesar’s Cipher, yaitu substitusi satu huruf dengan huruf lainnya. Hanya saja, dengan mesin ini dibutuhkan beberapa lapis substitusi huruf sehingga kode huruf yang baru akan keluar. Dengan uniknya kombinasi ini, jika dicoba memecahkan dengan metode paksa atau brute force maka ada sekitar 159 quintillion variasi yang harus diperhitungkan sebagai jawabannya. Jika bingung apa itu quintillion, maka cukup membayangkan 18 angka nol dari sebuah angka.

Mengingat rumitnya bahasa sandi dari mesin Enigma ini, pasukan Sekutu mengalami beberapa pukulan mundur terutama dari perang lautan. Kapal-kapal perang yang dimiliki Inggris pada waktu itu, selalu ditembak jatuh hingga tenggelam menggunakan torpedo oleh taktik dari para pasukan kapal selam Kriegsmarine yang diberi nama Wolf Pack, atau kumpulan serigala. Taktik tersebut mengutilisasi sekumpulan kapal selam U-Boat untuk meluncurkan torpedo di saat yang bersamaan kepada kapal perang Inggris, menenggelamkan mereka.

Terpecahkannya Enigma, Keruntuhan Teknologi Luar Biasa Nazi Jerman
Baru belakangan Alan Turing dan timnya yang mampu memecahkan rahasia misteri bahasa dari Enigma. Turing yang merupakan seorang ahli matematika sekaligus ahli kriptoanalis dan seorang ilmuwan komputer bekerja sama dengan banyak pegawai intelijen demi memecahkan satu hal yang menjadi penentu akhir dari perang dunia ke-2, yaitu mesin dengan nama Enigma. Pekerjaan yang mereka lakukan tidak bisa dibilang ringan mengingat ketika mereka melakukannya, masa itu merupakan masa yang amat kelam dengan kekalahan Inggris di perang lautan.

Setelah percobaan yang cukup lama, proyek yang didanai oleh pemerintah Inggris dan dilangsungkan di Bletchley Park membuahkan hasil, yaitu sebuah cara untuk melakukan pemecahan terhadap kode-kode yang dibuat oleh Enigma. Dengan cara tersebut, dalam satu hari bisa lebih dari 3000 kode yang dihasilkan Enigma mampu dipecahkan dan itu berujung pada kemenangan sekutu.

Penemuan tersebut dikatakan mengubah jalur Perang Dunia kedua, dan mempercepat hasil akhirnya beberapa tahun, semua hanya karena pemecahan dari rumitnya bahasa sandi dari mesin enigma.
0 Komentar untuk "Rumitnya Bahasa Sandi Dari Mesin Enigma"

Back To Top