Inilah Kehebatan dan Keajaiban Kilat dan Petir

Kilat dan petir memang selalu membuat kita takut apalagi ketika hujan terjadi dan kita melihat petir yang menyambar langsung turun dari angkasa membelah langit meninggalkan suara yang menggelegar begitu tiba di tanah. Allah tidak mungkin menciptakan sesuatu kecuali ada alasan dibalik penciptaannya, dan begitu juga dengan petir. Apa sih yang menjadi manfaat dari petir? Ayo sama-sama kita coba ulas sampai tuntas di kesempatan kali ini.

Inilah Kehebatan dan Keajaiban Kilat dan Petir

Kengerian kilat dan petir seringkali kita saksikan ketika rintik-rintik hujan turun membasahi daratan, tapi tidak jarang juga di hari yang cerah dan terang tiba-tiba ada suara menggelegar mengikuti sebuah cahaya yang membelah langit. Banyak yang tidak takut jika hanya melihat cahaya dari kilat sendiri, tapi baru mereka melompat saat suara yang menyeramkan dari cahaya tersebut menyusul beberapa saat setelah cahaya itu menghilang. Tidak jarang beberapa orang bahkan mencari tempat untuk sembunyi sesaat setalah terdengar suara keras itu.

Misteri mengenai kilat dan petir terjelaskan dalam Al-Qur’an, terutama pada surat yang memiliki judul ar-Raad yang jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah guntur atau guruh. Lewat surat tersebut juga dijelaskan bahwa guntur terbentuk dari kilat-kilat yang bertasbih serta mengelu-elukan namaNya sebagai Tuhan semesta alam, sebagai satu yang mencipta segala dan menjadi pengatur semua yang terjadi pada makhluk yang Ia ciptakan satu-persatu, juga sebagai satu yang memegang kendali akan awal dan akhir dari segalanya yang ada di dunia ini.

keajaiban kilat dan petir selama ini coba dipecahkan oleh seluruh orang pintar dan jenius di dunia, lewat teori-teori yang merupakan hasil karangan mereka sendiri. Pada akhirnya, karangan hanyalah tinggal karangan, dan bukan itu alasan Allah SWT menciptakan segala sesuatu. Adapun kelebihan-kelebihan yang bisa dimiliki oleh kedua fenomena alam yang cukup menakuktkan bagi sebagian orang dan tak mampu direplikasi oleh manusia tersebut adalah sebagai berikut:

• Keajaiban sisi kecepatan
Keajaiban kilat dan petir salah satunya adalah kecepatan yang dimilikinya, yaitu kira-kira 150 ribu kilometer per detiknya, belum lagi intensitasnya adalah sekitar 2,5 sampai 5 centimeter.

• Keajaiban dari sisi molekul
Ketika petir memutuskan untuk singgah ke bumi, ia juga sekalian melepaskan nitrogen dimana nitrogen ini amat dibutuhkan oleh tumbuhan yang hidup di bumi demi bertahan hidup.

• Kemampuan dari petir
Jika ada alat yang bisa menyimpan energi dari kilat, maka satu sambaran saja bisa membuat lampu 100 wat menyala selama 3 bulan.

• Energi hasilan dari petir dan kilat
Energi yang bisa dihasilkan oleh satu kali sambaran jauh lebih besar daripada energi dari seluruh pembangkit listrik yang berdiri di sekitaran Amerika.

• Dari segi titik sentuh
Ketika petir menyentuh sesuatu, benda tersebut panasnya bisa mencapai lebih dari 25 ribu derajat celcius.

• Daya yang dimiliki oleh satu petir
Daya listrik yang dimiliki oleh tiap petir adalah sekitar 20 ribu amper. Sebagai pembanding, yang digunakan oleh tukang las hanya 250 hingga 400 amper paling tinggi.

• Cahaya yang dikeluarkan oleh petir
Ketika petir mengeluarkan cahaya, maka cahayanya akan jauh lebih terang daripada 10 juta lampu yang dayanya 100 watt. Subhanallah, inilah keajaiban kilat dan petir ciptaan Allah SWT.
0 Komentar untuk "Inilah Kehebatan dan Keajaiban Kilat dan Petir"

Back To Top