Seperti Inilah Kehidupan Manusia 100 Tahun Mendatang

Mungkin kita sering membayangkan bagaimana kehidupan manusia 100 tahun mendatang atau bahkan lebih jauh di masa depan. Dengan pesawat-pesawat canggih yang didominasi warna krom dan cahaya berwarna biru, robot-robot yang menggantikan kerja manusia sebagai teller bank, sebagai polisi, dan sebagai pramusaji di sebuah bar. Mungkin itu yang seringkali menjadi bayangan kita jika membicarakan masalah kehidupan manusia yang akan datang, mungkin juga lengkap dengan pedang dari laser terang aneka warna.

Seperti Inilah Kehidupan Manusia 100 Tahun Mendatang

Untuk mengetahui apa yang akan terjadi pada manusia 100 tahun ke depan, tidak perlu menggunakan bola kristal maupun menaiki sebuah mobil De Lorean untuk mengunjungi masa depan dan melihat langsung apa yang terjadi di masa tersebut. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencatat kejadian-kejadian yang seringkali terjadi belakangan ini dan mencoba mencari titik terang apakah hal itu masih bisa terjadi 100 tahun lagi? Masihkah teknologi tersebut tetap hidup dan bisa menopang kehidupan manusia saat itu?

Perkiraan beberapa peneliti mengenai hidup manusia 100 tahun mendatang, hal-hal berikut akan menjadi sorotan utama dari kehidupan di masa depan:

• Teratasinya masalah polusi
Melihat sejarah bagaimana industri di kota-kota besar sekarang dulunya menjadi salah satu penyumbang polusi terbesar, ternyata kini kepulan asap tidak seintens dulu. Hal ini berimplikasi bahwa suatu saat di masa depan nanti ada kemungkinan bahwa polusi akan benar-benar hilang dari dunia dan kita bisa menghirup udara yang lebih jernih. Tapi selalu ada juga kemungkinan bahwa mungkin udara di bumi menjadi tidak lagi bisa dihirup karena polusi yang malah semakin bertambah atau karena pencemaran gas biologis lainnya.

• Kehidupan yang dijalani oleh manusia akan lebih mudah
Semuanya dibantu oleh komputer atau asisten digital, mungkin seperti inilah kehidupan manusia 100 tahun mendatang. Bukan ide yang asing, mengingat sekarang sudah banyak teknologi-teknologi kecerdasan buatan yang dibuat untuk membantu manusia. Beberapa waktu yang lalu bahkan sudah dirilis sebuah mobil pintar yang bisa pergi dan kembali dalam hitungan waktu yang cukup cepat. Tidak heran jika nanti kita sudah hidup bahkan dengan memiliki robot pribadi yang akan membantu kita kemana-mana, atau sistem navigasi yang mampu melakukan belokan sendiri.

• Perjalanan antara negara menjadi semakin singkat
Spekulasi mengenai semakin singkatnya perjalanan antar negara yang terpaut jauh mengacu pada keadaan 100 tahun belakangan, dimana untuk mencapai suatu negara saja butuh waktu yang cukup lama, dan itu juga masih melewati laut. 100 tahun di masa depan, entah bagaimana teknologi transportasi berkembang. Mungkin kita sudah bisa membuat teknologi yang membengkokkan ruang dan waktu untuk transportasi.

• Makanan menjadi semakin aneh bentuknya
Mengingat ada kemungkinan semakin meningkatnya populasi manusia di masa depan, tentu saja rekayasa pangan menjadi sebuah hal yang kritis untuk dilakukan penelitiannya. Mungkin saja mereka nanti bisa membuat makanan yang bentuknya sedikit tapi amat mengenyangkan diri kita.

• Populasi manusia kemungkinan menjadi dua kali lipat
Menurut data, populasi manusia pada tahun 2013 ada sekitar 7 miliar orang kurang lebih, dan pada tahun 2100 bisa menjadi dua kali lipat. Atau bisa juga bahkan terjadi sebuah kecelakaan yang membuat hanya beberapa manusia yang tersisa. Masa depan yang sesak atau kekosongan manusia, kira-kira seperti inilah kehidupan manusia 100 tahun mendatang.
0 Komentar untuk "Seperti Inilah Kehidupan Manusia 100 Tahun Mendatang"

Back To Top