Arti dan Makna Qul Huwallahu Ahad

Mungkin banyak dari kita yang bingung akan arti dan makna Qul Huwallahu Ahad dalam surat Al-Ikhlas yang menjadi ayat paling pertama dari surat itu juga. Terkadang banyak orang yang tidak mengetahui makna dari kata-kata ini padahal sebenarnya sudah cukup jelas. Tapi karena hal itu juga, pada kesempatan yang amat baik ini akan lebih indah jika kita bersama-sama mempelajari lebih dalam apa yang dimaksud dengan kalimat pada pembuka atau ayat pertama dari surat tersebut.

Arti dan Makna Qul Huwallahu Ahad

Arti yang dimiliki oleh Qul Huwallahu Ahad yang kebetulan adalah ayat pertama dari surat Al-Ikhlas memiliki arti yang kira-kira berbunyi bahwa katakanlah, Ia adalah Allah SWT yang Maha Esa (Tuhan). Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah SWT adalah tidak seperti makhluk-makhluk yang Ia ciptakan, melainkan Ia adalah Tuhan yang justru menciptakan serta memiliki kendali akan apa yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi kepada makhluk-makhluk yang telah Ia ciptakan di seluruh dunia, bahkan di seluruh sudut jagat raya gelap yang belum tersentuh oleh manusia.

Surat Al-Ikhlas adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang sering digunakan atau dibaca oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia baik saat mereka mengaji atau ketika mereka melakukan shalat lima waktu maupun shalat sunnah. Jika kita membahas singkat tentang arti dan makna dari ayat pertama Al-Ikhlas, maka kita bisa melihat bahwa artinya cukup jelas dan mengena langsung kepada siapapun yang membacanya, yaitu esensi paling utama yang dimiliki oleh kalimat tauhid, menerima bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang ada, dan bahwa benar Ia merupakan Tuhan yang maha segalanya.

Arti dan makna Qul Huwallahu Ahad dalam surat Al-Ikhlas ayat yang pertama ini ditujukan tidak hanya kepada manusia, tapi juga kepada jin dan seluruh makhluk di pelosok alam semesta agar mereka mengerti bahwa Tuhan yang maha esa yang mencipta seluruh dunia ini adalah Allah SWT. Dengan hadirnya ayat ini dan Islam secara keseluruhan, maka mereka yang terbiasa menyembah berhala serta banyak Tuhan kemudian diberikan pintu petunjuk bahwa ternyata Tuhan hanya ada satu, dan cukup hanya satu saja yaitu Allah SWT.

Jika ada yang bisa dikatakan mengenai arti dari ayat pertama surat Al-Ikhlas, maka hal tersebut adalah fakta bahwa Allah SWT yang berperan sebagai pencipta segala macam hal yang ada di jagat raya ini, serta jagat raya itu sendiri, memiliki eksistensi yang satu, yang tunggal, yang esa. Ayat ini kemudian dilanjutkan dengan ayat kedua, dimana arti dari ayat kedua adalah bahwa semua hal yang ada di alam semesta kita amat bergantung kepada Allah SWT dan kemampuanNya yang tanpa batas.

Nah, tidak hanya dalam surat Al-Ikhlas saja kata-kata ini dikeluarkan. Berulang kali dalam Al-Qur’an ternyata pengetahuan yang diberikan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya yang mampu menjadi penopang kehidupan di dunia ini telah berulang kali disebut, dimana sebagai buktinya adalah segala makhluk di dunia menyembahnya seperti tertulis dalam surat Al-Isra ayat ke-44.

Dengan artikel ini, diharapkan kita kini paham tentang segala hal yang berkaitan dan ada hubungannya dengan arti dan makna Qul Huwallahu Ahad dalam surat Al-Ikhlas.
0 Komentar untuk "Arti dan Makna Qul Huwallahu Ahad "

Back To Top