Keutamaan Besar Menghidupkan Sunnah Rasul

Keutamaan menghidupkan sunnah rasul perlu diketahui dan dimengerti oleh para umat Islam beriman karena telah disabdakan sendiri oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani bahwa siapapun yang menghidupkan satu sunnah dari sekian sunnahnya dan manusia pun mengamalkannya, maka pahala akan diterimanya seperti orang-orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala meski sedikit saja. Pelajari lebih jauh tentang keutamaan tersebut di bawah ini.

Keutamaan Besar Menghidupkan Sunnah Rasul

Beberapa Faidah Keutamaan Menghidupkan Sunnah Rasul
Hadits yang disebutkan di atas merupakan hadits agung di mana keutamaan besar untuk menghidupkan sunnah Rasulullah yang ditinggalkan ke banyak orang. Itulah yang menjadi alasan mengapa hadits ini tercantum di dalam kitab “Sunan Ibnu Majah” pada salah satu bab nya. Dikatakan juga oleh Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari bahwa orang yang menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang manusia tinggalkan adalah orang muslim yang paling utama, maka dari itu pecinta sunnah Rasulullah diharap bersabar karena memang jumlah umat seperti ini adalah yang paling sedikit di kalangan manusia.

- Salah satu faidah yang perlu diketahui di sini adalah mengenai sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang di mana segala sesuatu sumbernya adalah dari Rasulullah sendiri, termasuk perbuatan, penetapan, dan ucapan beliau disampaikan kepada umat Islam yang beriman sebagai syariat.

- Menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam itu artinya bahwa umat Islam paham betul akan petunjuk yang beliau berikan apalagi jika menyebarkannya serta mengamalkan sunnah tersebut di kalangan manusia, bahkan tidak lupa untuk memberi anjuran ke orang lain untuk mengikuti dan memberi larangan untuk menyelisihnya.

- Ada dua keutamaan atau pahala sekaligus yang bakal didapatkan oleh umat Islam yang menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengamalkan sunnah tersebut, serta menghidupkannya di tengah manusia yang meninggalkan sunnah tersebut atau bahkan mereka yang telah melupakannya. Dikatakan oleh Syaikh Muhammad bih Shaleh al-‘Utsaimin-rahimahullah bahwa semakin orang melupakan sunnah Rasulullah, maka keutamaan mengamalkannya akan semakin besar karena keutamaan sunnah tersebut serta keutamaan penyebaran sunnah akan didapatkan oleh orang yang setia mengamalkannya.

- Ada kelebihan menghidupkan sunnah Rasulullah SAW karena Allah SWT sendiri memberi pujian bagi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam akan segala perbuatannya dan bahkan menyebutkan sebagai “teladan yang baik”. Allah berfirman dalam QS. al-Ahzaab: 21 bahwa pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagi kita sebagai orang-orang yang senantiasa mengharapkan balasan kebaikan serta rahmat Allah di hari kiamat dan bagi juga yang banyak menyebut Allah.

Artinya orang yang meneladani sunnah Rasulullah jelas bahwa orang tersebut akan dibawa untuk mendapatkan kemuliaan serta rahmat Allah karena telah menempuh ash-shirathal mustaqim atau jalan yang lurus.

- Ada satu faidah yang diisyaratkan menghidupkan sunnah dan renungkan hal ini karena ada ikatan antara kesempurnaan iman kepada Allah dan hari akhir dan meneladani sunnah Rasulullah. Ini menunjukkan bahwa seorang muslim sempurna imannya ketika ia dengan sungguh-sungguh dan bersemangat untuk meneladani sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Disebutkan oleh Syaikh Abdurrahman as-Sa’di bahwa pengharapan balasan kebaikan, ketakutan pada Allah, iman pada Allah, serta ketakutan akan siksaan Allah akan menjadi motivasi baik bagi seseorang untuk mulai meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Setiap muslim bisa mengatakan diri mereka adalah orang beriman, tapi tidak semua muslim akan dengan semangat mengamalkan sunnah Rasulullah SAW apalagi menyebarkannya dengan setia. Itulah keutamaan menghidupkan sunnah rasul yang tentunya akan mendapatkan balasan yang baik dari Allah.
0 Komentar untuk "Keutamaan Besar Menghidupkan Sunnah Rasul"

Back To Top