Setelah Berakhirnya Makhluk, Ini yang Akan Terjadi


Islam adalah agama yang mengakui adanya kehidupan setelah mati. Tapi tidak ada yang tahu kapan hari akhir akan datang. Allah telah memberikan penjelasan mengenai tanda-tanda dan bagaimana kiamat itu terjadi. Simaklah apa yang terjadi setelah dunia ini musnah.

Setelah Berakhirnya Makhluk, Ini yang Akan Terjadi

Pada suatu masa, akan datang hari kiamat yang membuat seluruh makhluk di dunia ini binasa bersama isinya. Allah telah menerangkan bagaimana kiamat akan terjadi. Tanda-tanda kiamat kecil pun sudah terjadi pada zaman Rasulullah. Semakin ke sini, tanda-tanda kiamat besar bahkan sudah mulai terlihat, seperti merajalelanya maksiat dan zina. Inilah mulanya fitnah dan petaka akhir zaman.

Pada akhirnya semua manusia akan musnah karena tidak ada manusia yang kekal. Meskipun mereka sembunyi dan menghindar kemana pun dari kematian, takdir tersebut tidak akan bisa terelakkan. Setelah mati, Allah akan menimbang amalan kita selama hidup. Apabila lebih banyak perbuatan buruk maka Neraka-lah tempat kembalinya, sedangkan jika amalan baiknya yang lebih banyak maka surga lah tempat kembali kita yang abadi. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana keadaan bumi setelah kiamat itu terjadi? Hanya Allah lah yang tahu mengenai takdir ini melalui dalil-dalil yang Dia turunkan.

Setelah berakhirnya makhluk, inilah yang akan terjadi di hari kiamat kelak. Pada suatu hari, seorang ulama bernama Abdl Kadir mendapatkan pertanyaan demikian. Kemudian, beliau menjawab bahwa akan kembali seperti semula, makhluk-makhluk baru akan diciptakan oleh Allah SWT. Beliau juga menambahkan firman Allah mengenai Dia yang telah menciptakan kita sebagai permulaan dan sebagaimana kita akan kembali pada Allah. Hal ini dijelaskan dalam surah Al-Araf.

Namun, belum ada kepastian yang benar-benar mengatakan jika akan ada kehidupan baru lagi di bumi setelah semua makhluk binasa. Meskipun terdapat ayat yang menyinggung mengenai hal ini, tapi Al-Qur’an memiliki bahasa tinggi sehingga perlu pemahaman yang lebih sehingga belum bisa dipastikan apakah pernyataan itu benar atau tidak. Selain itu, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam memandang suatu hal.

Namun, terlepas dari itu semua. Allah telah menerangkan bahwa setelah manusia mati maka mereka akan memasuki alam kubur dimana terdapat malaikat Mungkar dan Nangkir yang akan bertanya mengenai hal-hal tertentu kepadanya. Ini yang akan terjadi setelah berakhirnya makhluk di bumi.

Setelah itu, pada suatu masa akan terjadi kiamat dan semua makhluk yang bernyawa akan mati. Kemudian, Allah akan membangkitkan mereka dan mengumpulkannya di padang Mahsyar. Di padang inilah mereka menunggu giliran untuk menghadap Allah dan ditimbang seluruh amalannya. Apabila hal itu telah selesai, maka kita akan tahu dimana tempat kembali untuk kita, bisa surga dan bisa neraka, tergantung amalan kita di dunia.

Sebagai seorang muslim kita harus mengimani adanya hari akhir. Hal ini juga merupakan cara untuk beriman kepada Allah. Apapun yang akan terjadi pada dunia ini hanya Allah lah yang berhak. Satu hal yang terpenting adalah bagaimana kita mempersiapkan diri untuk menuju kehidupan yang kekal di akhirat. Karena ketika kita meninggal, tidak akan ada yang bisa menolong kita selain diri kita sendiri. Selain itu, Allah adalah Maha Pengampun, jadi segeralah bertaubat untuk mendapatkan ampunan dari Allah serta berlomba-lombalah untuk melakukan kebaikan.
0 Komentar untuk "Setelah Berakhirnya Makhluk, Ini yang Akan Terjadi"

Back To Top