Fakta Unik dan Menarik Tentang Arab Saudi


Siapa sih yang tidak kenal negara Arab Saudi? Ada banyak sekali fakta unik dan menarik tentang negara yang menjadi pusat agama Islam di dunia ini selain pemandangan gurun pasirnya yang indah. Sebelum tahu lebih lanjut mengenai kebudayaan serta kerajaan Arab Saudi, ada baiknya kita tahu profil negara Arab Saudi terlebih dahulu. Negara ini memiliki kerajaan berdasarkan hukum Islam dan karena hal tersebut, Arab Saudi tak memiliki undang undang dasar seperti banyak negara pada umumnya. 

Fakta Unik dan Menarik Tentang Arab Saudi

Bahasa persatuannya sendiri adalah Bahasa Arab dan lambang negaranya merupakan pohon kurma yang diapit 2 buah pedang bersilangan. Makna dari lambang ini adalah sebagai berikut. Kurma menggambarkan kemakmuran dan pertumbuhan negara, sementara 2 pedang melambangkan kepercayaan serta keadilan. 

Secara geografis, Arab Saudi tidak memiliki sungai tetapi kaya akan gurun pasir yang pasti sering kita lihat di televisi, buku, atau bahkan lihat langsung. Selain itu, di wilayah negara ini terdapat semenanjung terbesar di dunia yaitu Semenanjung Arabia. Mungkin kita tidak akan familiar dengan penjualan unta di Indonesia, tetapi di Riyadh, Arab Saudi, terdapat pasar unta yang setiap harinya dapat menjual hewan ini sampai sebanyak 100 ekor. Mengagumkan, bukan? Wajar saja, hewan unta menjadi transportasi Arab Saudi yang khas dan sangat sering digunakan. 

Selain itu, orang dengan agama non Muslim tidak diizinkan menjadi warga negara Arab Saudi dan tidak diizinkan masuk pula ke tempat-tempat ibadahnya.

Lalu, bagaimana dengan kebudayaan Arab Saudi? Ternyata ada komunikasi non verbal yang sering digunakan oleh negara ini dengan pengaruh Barat dan Timur yang berbeda. Komunikasi non verbal ini umum digunakan untuk menyampaikan perasaan dari 1 pihak ke pihak lain. Memang sebagian besar orang Arab Saudi tidak sering menyampaikan pendapat secara langsung seperti orang Eropa, jika satu orang bertemu dengan yang lainnya, mereka bukan hanya basa basi tetapi bisa membicarakan hal lain yang lebih panjang. Selain itu, saat seorang warga Arab Saudi bertemu dengan teman akrabnya di tengah perjalanan, mereka akan tanpa ragu mengecup pipi teman akrabnya menggunakan bibir. Di Indonesia, hal tersebut sangat mungkin dianggap tabu dan tak lazim. 

Jangan heran jika saat kita berkunjung ke sana, banyak orang yang berbicara dengan volume suara keras dan nada tinggi. Pasalnya, warga Arab Saudi dibiasakan untuk menyampaikan ekspresi sejak kecil dengan menangis dan berteriak. Jadi tak heran intonasi mereka sangat bervariasi dan sering bicara dengan volume cenderung keras. Bagi warga Arab Saudi pun tumah merupakan area dengan privasi tinggi. Oleh karena itu, hanya orang-orang sangat dekat bisa masuk ke rumah kerabatnya. Berbeda lagi dengan Indonesia yang tak terlalu masalah menerima tamu yang baru dikenal sekali pun ke dalam rumah.

Hal menarik lainnya mengenai Arab Saudi yaitu keluarga kerajaan Arab Saudi. Kita mungkin sudah melihat beberapa di antaranya melalui media berupa televisi atau koran atau majalah. Sesungguhnya, raja-raja Arab Saudi yang sudah memimpin hingga saat ini tak dipilih berdasarkan keturunan, melainkan karena kemampuan mereka, hal inilah yang membedakan negara ini dari negara-negara monarki lainnya. Selain itu, kerajaan Arab Saudi pernah menggandeng Inggris untuk memberantas gerakan Ikhwan di negara tersebut. Jadi, Arab Saudi punya relasi sangat baik dengan negara Inggris. Apakah Anda sudah tahu sebelumnya? Sekian fakta unik dan menarik tentang Arab Saudi, semoga bisa menambah wawasan.
0 Komentar untuk "Fakta Unik dan Menarik Tentang Arab Saudi"

Back To Top