Di Akhir Zaman, Manusia Tidak Bergerak Sebelum Ditanya 4 Hal Ini


Setelah kehidupan di dunia, kita akan melewati alam kubur yang akan membawa kita pada kehidupan sebenarnya, yakni di akhirat. Ketika di alam kubur, kita akan ditanya mengenai pertanggungjawaban kita atas apa yang telah kita lakukan di dunia. Simaklah artikel berikut ini untuk mengetahuinya.

Di Akhir Zaman, Manusia Tidak Bergerak Sebelum Ditanya 4 Hal Ini

Kehidupan dunia adalah kehidupan yang sementara untuk makhluk hidup. Pada waktu tertentu, setiap makhluk yang bernyawa pasti merasakan mati. Meskipun kita bersembunyi hingga ke ujung dunia pun, takdir kematian akan menjemput siapa saja sesuai dengan kehendak Allah. Tidak ada yang dapat menghindar ataupun bertahan atas takdir Allah tersebut. Tapi, tak ada yang mengetahui kapan, dimana dan bagaimana diri kita akan mati serta siapa manusia akhir zaman menurut Islam.

Kematian seseorang adalah salah satu tanda kiamat kecil. Namun, pada akhirnya dunia ini akan mengalami kiamat besar seperti yang telah digariskan oleh Allah. Saat hari kiamat itu tiba, maka semua yang ada dunia ini akan binasa dengan dimulainya tanda-tanda akhir zaman menurut Islam. Selanjutnya, mereka akan dibangkitkan oleh Allah dan mereka akan dihadapkan kepada Allah. Sebelum mereka ditanya 4 hal ini, maka mereka tidak akan bisa bergerak.

Sebuah hadits menjelaskan mengenai empat pertanyaan di akhir zaman, yakni:

1. Untuk apa umurnya?
Setiap orang memiliki umur masing-masing. Allah memberikan kesempatan hidup bagi seseorang sesuai dengan kehendak-Nya. Apabila seorang bayi yang baru lahir atau masih berumur kecil meninggal, maka mereka akan masuk surga karena belum memiliki dosa ketika hidup. Berbeda jika seseorang telah melewati masa baligh dimana dosa dan pahala sudah menjadi tanggung jawabnya sendiri. Oleh karena itu, Allah akan bertanya kepada kita mengenai kegunaan umur yang telah diberikan oleh-Nya, apakah usia tersebut berkah ataupun hanya untuk bermaksiat.

2. Untuk apa badannya?
Allah telah memberikan karunia kehidupan untuk setiap manusia. Mereka diberikan akal untuk dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Pada zaman akhir, Allah akan bertanya untuk apa badan yang telah Allah berikan padanya. Kemana dia menyuruh kakinya untuk melangkah, untuk apa ia menyuruh tangannya bergerak, untuk apa matanya digunakan ketika di dunia, dan masih banyak lagi. Apabila mereka menggunakannya untuk kemaksiatan maka mereka akan mendapatkan siksaan yang pedih dari Allah.

3. Bagaimana cara memperoleh dan menggunakan hartanya?
Setiap orang telah diberikan rezeki masing-masing oleh Allah. Bagaimana cara mendapatkan harta akan ditanyakan oleh Allah ketika akhir zaman. Harta tersebut akan menjadi haram jika mendapatkannya dengan cara haram, begitu pula sebaliknya. Lalu Allah juga akan menanyakan mengenai kegunaan harta itu, apakah untuk kebaikan atau hanya untuk bersenang-senang dan berbuat maksiat.

4. Untuk apa ilmunya?
Sebagai seorang muslim, kita dituntut untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Pada akhir zaman nanti, Allah akan menanyakan untuk apa ilmu itu kita gunakan. Karena ilmu itu baik, tapi akan menjadi buruk jika digunakan untuk berbuat maksiat, seperti mencuri, menipu, dan lain sebagainya. Berbeda jika kita menggunakan ilmu itu di jalan Allah, seperti bersedekah, mengajarkan ilmu yang baik pada orang lain dan masih banyak lagi.

Akhir zaman menurut Islam adalah ketika terjadinya hari kiamat. Allah telah memberikan tanda-tanda datangnya kiamat sehingga hal tersebut dapat dijadikan sebagai alarm bahwa akan terjadi kiamat, mulai dari kiamat kecil atau besar.
0 Komentar untuk "Di Akhir Zaman, Manusia Tidak Bergerak Sebelum Ditanya 4 Hal Ini"

Back To Top