Amalan yang Pahalanya Dituntun Tangannya Sampai Surga


Kehidupan di dunia hanya sementara dan tidak lebih dari tempat persinggahan semata. Setiap amalan baik yang kita lakukan di dunia, besar atau kecil akan dinilai ibadah oleh Allah SWT. Namun ternyata ada beberapa amalan yang imbalan pahalanya dituntun tangannya hingga ke surga, amalan apakah yang dimaksud? Lalu bagaimana caranya kita mendapatkan pahala tersebut?

Amalan yang Pahalanya Dituntun Tangannya Sampai Surga

Surga merupakan tempat kembali bagi mereka yang melakukan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Amalan-amalan tersebut banyak terdapat di dalam Al-Qur’an dan hadits atau sunnah Rasulullah. Namun, seseorang dapat masuk ke dalam surga hanya karena rahmat Allah sehingga amalan dapat disebut sebagai perantara kita untuk menuju tempat tersebut. Meskipun demikian, kita harus melakukan amalan yang bisa menuntun seorang hamba masuk surga atas ridho Allah.

Berbagai amalan dapat kita lakukan untuk menuju surga, termasuk yang ada dalam hadits. Meskipun banyak janji pahala dari amalan yang tertulis, tapi kita juga harus memastikan bahwa hadits tersebut shahih karena banyak bertebaran hadits palsu.

Berdasarkan hadits, amalan ringan pembuka jalan menuju surga yang dimaksud disini antara lain membantu orang yang lemah, sedekah, tidak menyakiti, dan ucapan yang baik. Sungguh amalan tersebut mengantarkan kita untuk masuk ke dalam surga. Meskipun amalan-amalan itu terlihat mudah untuk dilakukan tetapi sulit untuk mendapatkan pahalanya. Hal ini dikarenakan harus adanya keikhlasan dari dalam hati ketika melakukan amalan ini. Telebih untuk sedekah, percuma jika kita bersedekah tapi hati tidak ikhlas. Setiap amalan harus dilakukan dengan hati ikhlas tanpa mengharap imbalan apapun kecuali ridho Allah SWT.

Betapa beruntungnya orang-orang yang dapat melakukan amalan ini. Berarti mereka telah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Orang seperti ini adalah ciri-ciri orang bertaqwa. Apabila mereka hidup di jalan Allah maka Allah akan memberikan kemudahan bagi mereka, baik ketika hidup maupun di akhirat kelak. Inilah amalan yang pahalanya dituntun tangannya menuju surga.

Seperti yang kita tahu, surga adalah tempat idaman bagi setiap orang. Orang yang sering melakukan maksiat pun sebenarnya memiliki keinginan untuk masuk surga juga. Hal ini dikarenakan mereka tahu bahwa di dalam surga kita akan mendapatkan kenikmatan yang luar biasa dimana tidak akan kita temukan di ujung dunia manapun. Apa yang kita inginkan dalam surga akan Allah berikan.

Sebaliknya, bagi orang yang membangkang atau tidak melaksanakan perintah Allah maka tempat kembali bagi mereka adalah neraka. Pada tempat itu, mereka akan mendapatkan siksa atau adzab yang amat pedih bahkan kesakitannya tidak bisa kita rasakan di dunia ini bahkan tidak ada yang menandinginya. Tempat ini diperuntukkan bagi mereka yang bodoh dimana tidak mau menerima kebenaran dari Allah. Selain itu, orang-orang kafir dan munafik akan menunggu siksa Allah dalam neraka itu. 

Sebagai seorang muslim, kita harus menyadari akan kewajiban kita hidup di dunia ini. Allah menciptakan manusia hanya untuk beribadah kepada-Nya. Namun, banyaknya urusan dan kenikmatan dunia menyebabkan sebagian banyak orang lupa akan tujuan utama mereka diciptakan. Sebenarnya banyak amalan yang bisa kita lakukan sebagai wujud bersyukur kepada Allah. Namun, satu hal yang harus kita ketahui bahwa setiap amalan akan diterima jika kita ikhlas dalam melakukannya, yakni hanya mengharapkan ridho Allah semata, baik itu amalan kepada orang lain atau kepada Allah.
0 Komentar untuk "Amalan yang Pahalanya Dituntun Tangannya Sampai Surga"

Back To Top