Jika Mengetahui, Niscaya Anda Ingin Sakit Hingga Meninggal Dunia


Sakit merupakan hal yang banyak dikeluhkan oleh sebagian besar orang. Padahal jika mengetahui, niscaya Anda ingin sakit hingga meninggal dunia. Allah menurunkan sakit pada diri seseorang karena memiliki banyak makna di dalamnya. Jika setiap manusia mengetahui akan makna dari sakit yang diturunkan Allah kepada setiap hambanya maka manusia akan rela untuk sakit selamanya. Benarkah itu?

Jika Mengetahui, Niscaya Anda Ingin Sakit Hingga Meninggal Dunia

Setiap orang selalu berdoa untuk mendapatkan kesehatan, tetapi ada kalanya Allah menurunkan sakit pada diri setiap hamba-Nya. Sebagian besar orang akan berkeluh kesah dan sedih jika mengalami sakit meskipun hanya beberapa hari saja padahal dalam sakit itu terdapat banyak hikmah yang dapat dipetik darinya.

Orang yang beriman akan selalu bersyukur dengan kesehatan yang Allah berikan kepadanya dan mereka juka akan selalu bersabar tanpa berkeluh kesah jika mengalami sakit. Orang yang beriman selalu berpikir bahwa sehat merupakan karunia Allah untuk menjadikan mereka selalu taat beribadah, selain itu mereka juga selalu berpikir dan menjadikan rasa sakit yang dideritanya sebagai sarana untuk mengurangi dosa-dosa yang telah diperbuatnya selama di dunia sehingga mereka selalu bersabar menghadapi sakit yang diberikan oleh Allah SWT. Inilah cara menyikapi sakit dalam islam.

Sahabat Rosulullah bernama Abdullah bin Mas’ud pernah mengisahkan bahwa ketika dirinya sedang duduk bersama dengan beliau tiba-tiba Rosulullah tersenyum. Abdullah heran dan bertanya mengapa beliau tersenyum. Ternyata Rosulullah menyayangkan setiap muslim yang selalu mengeluh dan berkeluh kesah saat sakit padahal jika mereka mengetahui apa yang akan didapat mereka jika bersabar dalam sakit maka mereka akan berdoa kepada Allah untuk menurunkan sakit kepadanya hingga meninggal dunia. Sehat dan sakit dalam Islam telah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Dalam hadits lainnya juga telah dijelaskan bahwa kedua malaikat yang biasa mencatat semua amal perbuatan seorang hamba yang biasanya beribadah kepada Allah akhirnya kembali ke langit karena tidak mendapatkan hamba yang biasa beribadah ditempatnya. Kedua malaikat itu menceritakan kepada Allah apa yang telah mereka lihat sehingga mereka tidak dapat mencatat satu amal apapun dari hamba itu karena sedang sakit. Allah SWT memerintahkan kepada kedua malaikat untuk tetap mencatat semua amal ibadah yang biasa dilakukan seorang hamba tersebut tanpa menguranginya meskipun hanya sedikit. Sungguh beruntung bagi setiap manusia yang semasa sehatnya selalu beribadah dan beriman kepada Allah karena meskipun dirinya tengah sakit dan tidak mampu untuk melaksanakan ibadah seperti biasanya maka malaikat akan tetap mencatat semua amal ibadah yang telah dilakukannya semasa dirinya sehat.

Hadits tentang sakit ini dapat memberikan pelajaran dan renungan kepada kita semua agar selalu bersyukur dalam keadaan apapun yaitu saat sehat dan juga saat sakit. Ketika sehat hendaklah kita memperbanyak amal ibadah kepada Allah SWT dan meningkatkan ketaqwaan kepada-Nya karena Allah akan menjamin semua amal ibadah yang telah dilakukan seorang hamba selama sehatnya sehingga saat sakit malaikat akan tetap mencatat semua amal ibadah dan kebaikan yang telah dilakukannya selama sehat tanpa menguranginya meskipun hanya sedikit.

Saat sakit hendaklah kita selalu bersabar dan bersyukur dengan kondisi yang sedang dideritanya tetapi sudah kewajiban kita untuk mencari obat dan berdoa kepada Allah agar diberikan kesembuhan. Setiap orang beriman yang bersabar dalam sakit maka Allah telah menyiapkan pahala yang besar untuk dirinya.

Demikian informasi seputar makna di balik sakit dan jika mengetahui, niscaya Anda ingin sakit hingga meninggal dunia, semoga kita termasuk dalam orang-orang yang selalu bersabar.
0 Komentar untuk "Jika Mengetahui, Niscaya Anda Ingin Sakit Hingga Meninggal Dunia"

Back To Top