Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menghafal Al-Qur’an


Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam. Beberapa dalil menjelaskan bahwa sebagai seorang muslim kita harus membaca bahkan menghafal Al-Qur’an. Lalu, apa alasan kita harus menghafal Al-Qur’an? Jawaban atas pertanyaan ini dibutuhkan karena masih banyak orang belum mengetahui alasan mereka harus menghafal Al-Qur’an selain untuk mendapatkan pahala.

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menghafal Al-Qur’an

Berikut ini adalah 7 keutamaan menghafal al quran, yaitu:

1. Al-Qur’an mengandung seluruh urusan dunia maupun akhirat
Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan segala urusan dari umat terdahulu hingga sekarang. Segala urusan dunia dan akhirat yang meliputi berbagai ilmu seperti kedokteran, geografis, saintis, dan lain sebagainya juga ada di dalamnya. Di dalamnya juga menjelaskan mengenai aturan yang boleh dilakukan oleh manusia dan yang tidak boleh dilakukan.

2. Menghafal Al-Qur’an berarti mengumpulkan pahala
Seperti yang kita tahu, dalam sebuah dalil dijelaskan mengenai keutamaan membaca ayat suci Al-Qur’an. Pada setiap huruf dalam Al-Qur’an yang kita baca, Allah akan memberikan sepuluh pahala kebaikan. Lantas, bagaimana jika kita membaca 30 huruf? Maka kita akan mendapatkan 300 pahala. Padahal dalam sehari kita bisa membaca lebih banyak huruf lagi. Selain itu, kebaikan dalam membaca Al-Qur’an melebihi perbuatan baik lainnya. Itu saja kita hanya membacanya, apalagi jika kita menjadi hafidz Al-Qur’an.

3. Di akhir zaman, Al-Qur’an akan menjadi pelindung kita
Kiamat adalah suatu kepastian yang akan datang. Kelak kita akan berkumpul di padang Mahsyar sambil menunggu perhitungan amal. Pada saat itu tidak ada yang bisa melindungi kita lagi, melainkan Al-Qur’an yang sering kita baca.

4. Menghafal Al-Qur’an berarti menggunakan waktu dengan bermanfaat
Membaca Al-Qur’an akan membuat waktu kita menjadi lebih bermanfaat sehingga kita tidak lagi memiliki waktu untuk berbuat hal-hal yang tidak berguna, meratapi nasib, atau galau.

5. Al-Qur’an merupakan kalamulloh
Ketika kita menghafalkan Al-Qur’an berarti kita telah melakukan suatu pekerjaan yang besar. Hal ini dikarenakan kita ikut menjaga kesucian Al-Qur’an di dalam hati kita. Bahkan pintu-pintu kebaikan akan terbuka dan satu hal yang harus kita ingat bahwa Allah telah mengutus Rasulullah untuk menyampaikannya pada umat manusia.

6. Ketika kita menghafal Al-Qur’an maka kita akan mengetahui metode apa yang cocok dengan kemampuannya
Kesastraan yang ada di dalam Al-Qur’an memiliki tingkat yang tinggi. Hal ini membuat kita akan lebih bersabar dalam menghadapi orang lain. Selain itu, dengan menghafal Al-Qu’an maka akan meningkatkan kebaikan input diri kita. Hal ini membuat akhlak kita menjadi lebih baik sesuai dengan apa yang ada di dalam Al-Qur’an. Metode menghafal Al-Quran hampir sama dengan menghafal lirik lagi dengan syair yang begitu indah.

7. Al-Qur’an dapat digunakan sebagaoi obat, baik medis atau psikis
Di dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat suci yang dapat mengobati penyakit medis ataupun psikis. Dengan membacanya maka hati kita menjadi lebih tenang. Hati yang tenang inilah membuat kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit dan mempermudah penyembuhan. Penyakit yang dimaksud termasuk penyakit yang disebabkan dengan setan sehingga dapat menambah imunitas.

Pertanyaan mengapa kita harus menghafal al quran telah terjawab. Sebenarnya, masih banyak keutamaan lain dalam membaca Al-Qur’an. Sebagai seorang muslim kita harus menyadari keutamaan kitab suci Al-Qur’an sehingga dapat menjaga kesucian Al-Qur’an dengan membacanya dan juga menghafalnya. Kebaikan akan turut hadir dalam kehidupan kita karena kita dapat mengisi waktu dengan kebaikan, yakni penghafal Al-Qur’an.
0 Komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menghafal Al-Qur’an"

Back To Top