Di Akhir Zaman, Inilah Orang Pertama yang Diberi Pakaian Oleh Allah


Seluruh umat Muslim pasti ingin menjadi penghuni surga kelak, di akhir zaman inilah orang pertama yang diberi pakaian oleh Allah SWT. Apakah kita berhak dipakaikan baju berikut? Jika tidak atau belum, apa saja yang harus kita perbuat selama di dunia? Simak jawaban dari pertanyaan tersebut melalui ulasan dalam artikel di bawah ini.

Di Akhir Zaman, Inilah Orang Pertama yang Diberi Pakaian oleh Allah

Kita pasti sudah tahu bahwa pakaian yang dikenakan ke seseorang saat mengakhiri masa hidupnya merupakan kain polos warna putih. Akan tetapi, tahukah kita karakteristik pakaian dalam surga terutama saat seseorang menghadap Allah Yang Maha Kuasa? Terdapat sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa di hari kiamat hamba-hamba Allah menghadap-Nya dalam kondisi tidak dikhitan serta tidak menggunakan busana. Tak lama kemudian Allah memberi pakaian, yang mulia untuk orang-orang saleh sementara pakaian karatan, pakaian bergetah, serta pakaian buruk lainnya diberikan untuk orang-orang yang hidup tak sesuai dengan kehendak-Nya.

Ternyata, hamba Allah yang pertama kali dikenakan pakaian oleh Allah sendiri adalah Nabi Ibrahim al-Khalil. Hal ini dinyatakan dalam shahih al-Bukhari sehingga kebenarannya tak perlu diragukan. Sesungguhnya, apa alasan Nabi ibrahim layak mengenakan warna pakaian ahli surga tersebut pertama kali? Jawabannya karena Nabi Ibrahim merupakan manusia yang paling takut kepada Allah SWT di antara seluruh manusia yang ada pada saat itu. Pakaian diberikan pada beliau agar beliau lamgsung merasa tenang di surga dan tidak merasa takut sama sekali. Ditambahkan juga bahwa ketika beliau menggunakan baju tersebut, sebuah kursi datang dan dilemparkan dari sisi kanan Arasy.

Alasan lain yang juga dinyatakan dalam hadist adalah bahwa Nabi Ibrahim al-Khalil merupakan orang yang menggunakan celana shalat pertama kalinya. Beliau khawatir bahwa kemaluan beliau akan menyentuh tempat shalatnya yang kudus. Bukan hanya itu, beliau juga selalu menjalankan segala perintah Allah kemudian menjauhi larangan-Nya semasa hidup. Ia hidup berkenan kepada Allah SWT dan itulah yang menyebabkan beliau ditetapkan sebagai orang yang menggunakan baju penghuni surga pertama kali. 

Aurat beliau pun tertutup untuk segera memasuki surga. Ada juga sebuah ulasan yang menyatakan bahwa Nabi Ibrahim dikenakan pakaian surga pertama kali karena selama ini orang-orang melemparkan beliau ke dalam api dengan kondisi beliau yang telanjang (hendak dibunuh oleh orang banyak). Tragedi inilah yang membuat beliau menjadi istimewa di mata Allah sehingga dijadikan orang yang pertama kali mengenakan pakaian tersebut. 

Sementara itu, orang-orang yang tidak setakut Nabi Ibrahim kepada allah dijadikan prioritas lebih rendah. Menjadi Nabi Ibrahim di zaman sekarang ini memang tergolong sulit, banyak kondisi sosial maupun ekonomi yang menghambat kita untuk jadi sangat takut dengan Allah. Akan tetapi meskipun begitu, saat kita memiliki iman sepenuhnya pada Allah SWT, kita pasti merasa takut secara otomatis dan hidup sesuai dengan kehendak Allah. Niscaya saat kita hidup seperti ini, Allah akan menjadikan kita prioritas atas untuk menerima pakaian surga. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda siap menjadi prioritas awal tersebut? Sekian artikel mengenai di akhir zaman inilah orang pertama yang diberi pakaian oeh Allah, semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu kita semua dan menjadi fondasi beragama yang sangat kuat. Pada akhirnya, yang menyelamatkan kita semua adalah iman.
0 Komentar untuk "Di Akhir Zaman, Inilah Orang Pertama yang Diberi Pakaian Oleh Allah"

Back To Top