Ada Pahala Besar yang Menanti Jika Bebaskan Hutang Orang Lain


Pernah bebaskan hutang orang lain? inilah balasan yang pasti Anda dapatkan dari Allah Ta’ala. Kebutuhan yang semakin banyak membuat orang-orang memilih untuk berhutang untuk dapat mencukupi semua kebutuhan itu. Lalu apakah janji yang diberikan oleh Allah pada mereka yang membantu saudaranya dalam jeratan hutang?

Ada Pahala Besar yang Menanti Jika Bebaskan Hutang Orang Lain

Semakin lama kebutuhan manusia semakin banyak, ditambah dengan harga yang terus melambung tinggi. Bagi mereka yang memiliki pendapatan tinggi hal ini tentunya tidak menjadi masalah, lalu bagaimana dengan mereka yang memiliki pendapatan pas-pasan? Tentunya mereka akan mengalami kesulitan dalam perekonomian.

Kesulitan ini memaksa mereka harus berhutang demi melangsungkan kehidupan. Terlebih bagi orang tua, hal ini akan terasa berat karena mereka tidak hanya menghidupi dirinya sendiri, melainkan keluarganya juga. Inilah doa bayar hutang segera agar tidak terbebani.

Kisah ini bermula ketika terdapat seseorang yang berhutang kepada Abu Qatadah. Pada saat jatuh tempo, Abu Qatadah datang kerumah orang tersebut untuk menagih hutangnya. Sayangnya, ia tidak bertemu dengan orang itu karena sedang bersembunyi di dalam rumahnya.

Pada waktu lain, Abu Qatadah kembali mendatangi rumah orang tersebut untuk menagih hutang. Namun, seorang anak keluar dari rumah itu dan ditanyai oleh Abu Qatadah mengenai keberadaan dari orang yang berhutang itu. Anak itu pun menjawab jika orang yang dicari ada di dalam rumah.

Setelah mengetahuinya, Abu Qatadah memanggil orang tersebut untuk keluar. Karena orang tersebut merasa sudah ketahuan, maka ia pun keluar untuk menemui Abu Qatadah. Abu bertanya tanpa basa-basi kepada orang tersebut mengenai apa alasannya orang itu menghindarinya. Orang itu pun menjawab jika ia sedang dalam kesulitan dan ia tidak memiliki apa pun untuk membayar hutangnya pada Abu Qatadah.

Mendengar ungkapan orang tersebut, Abu pun merasa iba dan menyebut nama Allah dengan lirih. Kemudian ia bertanya apakah orang itu benar-benar dalam kesulitan. Orang itu pun membenarkan perkataan Abu. Setalah itu, Abu tiba-tiba meneteskan air mata karena teringat dengan sabda Rasul. Pernah membebaskan hutang orang lain? Inilah pahalanya yang akan didapatkan. Rasul pernah bersabda bahwa siapa saja yang memberikan kemudahan pada penghutang ataupun menghapuskannya, maka ia akan berada di ‘Arsy pada hari akhir nanti.

Sungguh mulianya orang yang bermurah hati memberikan keringanan bahkan menghapuskan hutang orang yang dalam kesulitan. Mereka adalah orang-orang yang lebih mementingkan urusan akhirat daripada dunia. Tak ada alasan lain yang mendorong hal ini, melainkan ikhlas hanya kepada Allah dan pahala membebaskan hutang orang lain. Apabila kita beramal dengan ikhlas maka insyaAllah amalan itu akan diterima oleh Allah.

Setiap manusia diberikan rezeki masing-masing oleh Allah. Apabila kita mendapatkan kekurangan, maka sudah seharusnya kita senantiasa bersabar dan terus beribadah kepada Allah. Sedangkan, apabila Allah memberikan kelebihan kita berupa harta, maka sebenarnya harta tersebut bukanlah milik kita semata. Itu hanya titipan dari Allah dan suatu saat bisa saja Allah mengambilnya. Oleh karena itu, sebelum harta tersebut diambil maka kita harus menggunakannya sebaik mungkin di jalan Allah SWT. Terlebih, pada hari akhir kita akan dimintai tanggung jawab mengenai apa yang dititipkan oleh Allah. Membantu orang dalam hutang merupakan amalan yang akan memberikan kebaikan untuk kita. Jika Anda pernah bebaskan hutang orang lain, maka pahala besar pasti akan Anda dapatkan.
0 Komentar untuk "Ada Pahala Besar yang Menanti Jika Bebaskan Hutang Orang Lain"

Back To Top