Mengenal Putra dan Putri Rasulullah, Hikmah Mengapa Mereka Berumur Pendek


Mengenal putra dan putri Rasulullah akan sangat bermanfaat agar kita lebih mengenal Rasul kita. Mungkin, banyak orang yang tidak mengetahui mengenai putra dan putri Nabi. Padahal kita dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ada, terlebih kisah yang berkaitan dengan Rasul.

Mengenal Putra dan Putri Rasulullah, Hikmah Mengapa Mereka Berumur Pendek

Berikut ini adalah putra putri Rasulullah SAW:

1. Zainab
Zainab telah memeluk agama Islam seperti saudaranya dan ibunya. Namun, suaminya masih dalam agama jahiliah. Suami Zainab bernama Abu al-Ash. Hal inilah yang membuat Zaiban tidak bisa ikut hijrah ke Madinah. Namun, pada akhirnya mereka menyusul ke Madinah dan Abu al-Ash masuk ke agama Islam. kebahagiaan ini pun bertambah ketika mereka dikaruniai seorang putri bernama Umamah. Tak berapa lama, Zainab wafat pada tahun 8 H.

2. Ruqayyah
Rasulullah menikahkan Ruqayyah dengan sahabatnya bernama Utsman. Pasangan ini ikut dalam hijrah ke Habasyah. Setelah itu, pasangan ini dikaruniai seorang putra bernama Abdullah. Kemudian mereka ikut serta dalam hijrah kedua rasul menuju Madinah dari Mekah. Ketika mereka tinggal  di Madinah, ujian datang kepada rumah tangga ini, yakni wafatnya putra tunggal mereka. Tak lama kemudian, Ruqoyyah wafat ketika Zaid mengabarkan bahwa umat Islam telah menang dalam perang Badar.

3. Ummu Kultsum
Rasulullah menikahkan putrinya ini dengan Utsman setelah putrinya Ruqayyah wafat. Oleh karena itulah, Ustman mendapat julukan sebagai pemilik dua cahaya atau dzu nurain. Dalam pernikahannya, mereka tidak dikaruniai putra ataupun putri hingga akhirnya Ummu Kultsum wafat pada tahun 9 H bulan Sya’ban.

4. Fatimah
Fatimah adalah putri bungsu Rasul yang dilahirkan lima tahun sebelum kenabian. Rasulullah menikahkan Fatiman dengan Ali bin Abi Thalib pada tahun ketiga hijriah. Pasangan ini dikaruniai dua putra bernama Hasan dan Husein serta satu putri bernama Ummu Kultsum. Fatimah merupakan putri Rasul yang memiliki banyak kemiripan dengan ayahnya, yakni dalam hal gaya berjalan, berbicara dan lain sebagainya. Rasul sangat mencintai putrinya. Hal ini ditunjukkan dari sebuah hadist yang menjelaskan bahwa Fatimah adalah bagian dari Rasul. Selain itu, Fatimah merupakan salah satu wanita yang menjadi penduduk surga menurut sebuah hadist. Ia wafat enam bulan setelah ayahnya wafat.

Berikut ini adalah nama putra putri Rasulullah:

1. Al-Qashim
Rasulullah berkunyah dengan nama putra Rasul ini. Beliau sering disebut sebagai Abu al-Qashim atau bapaknya Qashim. Putra Rasul ini lahir sebelum masa kenabian dan  wafat saat berumur dua tahun.

2. Abdullah
Abdullah juga dikenal dengan nama ath-Thahir atau ath-Thayyib karena ia dilahirkan ketika masa kenabian.

3. Ibrahim
Ibrahim merupakan satu-satunya putra Rasul yang terlahir dari istrinya bernama maria al-Qibthiyah dimana ia merupakan budak yang diberikan oleh penguasa mesir bernama Muqauqis kepada Rasul. Umur Ibrahim tidaklah panjang, ia wafat ketika berumur 17 atau 18 bulan pada tahun 10 H. Kepergian putra kecilnya ini membuat hati Rasulullah sangatlah sedih. Namun, beliau tidak mengucapkan apa yang tidak diridhai oleh Allah.

Berdasarkan kisah tersebut, kita tahu bahwa Allah tidak ingin jika putra dan putri nabi Muhammad masih hidup maka akan menimbulkan banyak fitnah dari orang-orang yang lemah. Selain itu, kisah ini menunjukkan bahwa ketika ujian diberikan oleh Allah, maka kita harus menerimanya dengan ikhlas dan sabar.
0 Komentar untuk "Mengenal Putra dan Putri Rasulullah, Hikmah Mengapa Mereka Berumur Pendek"

Back To Top