Empat Hewan yang Dijamin Masuk Surga


Bukan hanya manusia, ternyata hewan juga bisa masuk surga. Tahukah Anda apa sajakah hewan yang dijamin masuk surga? Ada hewan yang memang berhak masuk surga dan ada yang tidak karena perbuatannya semasa hidup. Akan tetapi hewan yang dibahas di bawah ini sudah pasti masuk surga di akhirat.

Empat Hewan yang Dijamin Masuk Surga

1. Anak sapi milik Nabi Ibrahim
Salah satu hewan yang akan masuk surga yaitu anak sapi milik Nabi Ibrahim. Dalam Al-Quran dikisahkan bahwa saat malaikat-malaikat menghampiri Nabi Ibrahim, ia menyatakan bahwa malaikat-malaikat tersebut bukan merupakan orang yang dikenal. Nabi Ibrahim selanjutnya menghampiri keluarganya dengan diam-diam lalu membawa daging anak sapi gempal. Daging anak sapi ini dihidangkan kepada rombongan malaikat yang menghampirinya namun malaikat tersebut justru menolak untuk makan. Ibrahim akhirnya merasa takut terhadap rombongan malaikat tersebut tetapi malaikat menenangkan Nabi Ibrahim sembari menyatakan kabar gembira. Allah akan memberikan seorang anak yang alim yaitu Nabi Ishak kepada Nabi Ibrahim.

2. Anjing milik Ashabul Kahfi
Apakah hewan yang nanti masuk surga? Jawaban selanjutnya adalah anjingnya Ashabul Kahfi. Berdasarkan cerita, anjingnya ini berwarna kuning. Akan tetapi di surga kelak anjing tersebut akan berubah wujud menjadi kambing gibas yang bernama Qithmir. Sumber lain mengatakan bahwa perubahan kambing gibasnya bernama Huban sementara sumber lain menyatakan namanya adalah Tawarum.

3. Unta milik Nabi Saleh
Selanjutnya binatang yang masuk surga adalah untanya Nabi Saleh. Hal ini berdasarkan cerita mengenai Nabi Saleh dan Kaum Tsamud. Kaum Tsamud pernah menantang Nabi Saleh untuk mengeluarkan seekor unta dari batu besar. Mereka sudah yakin bahwa Nabi Saleh pasti tak akan bisa melakukannya. Akan tetapi, Nabi Saleh ternyata menyanggupi dengan tenang sambil kembali menantang mereka untuk beriman kepada Allah jika Nabi Saleh berhasil mengeluarkan unta dari batu bersangkutan. Kaum Tsamud kemudian mengiyakan tantangan tersebut. Beliau menunaikan sholat dan memohon kepada Allah SWT untuk memampukannya melakukan hal tersebut. Tak disangka-sangka, Nabi Saleh berhasil mengeluarkan seekor unta betina berbadan sangat besar dari batu tersebut. Batu itu terbelah lebih dahulu tanpa Nabi Saleh melakukan apa-apa. Sesuai perjanjian, beberapa orang dari Kaum Tsamud tersebut akhirnya beriman kepada Allah Yang Maha Pengasih sementara beberapa lainnya tetap tidak mau beriman kepada Allah. Mereka adalah orang-orang yang sombong yang tidak mau diselamatkan.

4. Unta milik Nabi Muhammad SAW
Terdapat sebuah kisah dimana seekor unta mendekati Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan. Unta tersebut secara mengejutkan meminta Nabi Muhammad SAW untuk menyelamatkannya dari sang pemilik yang hendak menyembelih unta itu. Mengetahui hal ini, Rasulullah SAW selanjutnya menemui pemilik unta itu lalu membeli hewan tersebut. Sesuai ekspektasi, unta yang kasihan itu lalu dibebaskan oleh Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya unta, di perjalanan juga seorang Arab bersama untanya datang kepada Nabi Muhammad SAW. Ia melaporkan bahwa tangannya hendak dipotong karena memberitakan kabar dusta. Unta yang dibawa oleh orang Arab tersebut menjelaskan bahwa orang Arab bersangkutan sama sekali tidak salah. Sebaliknya, ia membuat pengakuan palsu karena dipaksa pihak lain.

Informasi mengenai apa sajakah hewan yang dijamin masuk surga ini memang unik untuk disimak. Akan tetapi lebih dari itu, kita bisa belajar beberapa hal mengenai perbedaan hewan zaman Nabi dahulu dan zaman sekarang. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan Anda dengan baik.
0 Komentar untuk "Empat Hewan yang Dijamin Masuk Surga"

Back To Top