Cukup Miliki Tiga Hal Ini, Maka akan Miliki Dunia Seisinya


Banyak diantara kita yang bekerja keras dari pagi hingga malam untuk mengumpulkan pundi-pundi harta untuk hidup mewah dan kaya hingga tujuh turunan, tetapi banyaknya harta yang melimpah tidak menjamin bahwa seseorang dapat hidup seperti raja yang memiliki dunia beserta isinya.

Cukup Miliki Tiga Hal Ini, Maka akan Miliki Dunia Seisinya

Memiliki harta melimpah bukanlah jaminan untuk hidup bak seperti raja yang memiliki dunia dan seisinya. Rosulullah telah menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki tiga hal dalam hidupnya akan hidup seperti raja yang memiliki seluruh dunia beserta isinya. Apa sajakah ke-3 hal itu?

Berikut adalah 3 hal yang dimiliki seorang manusia yang dapat menjadikannya seperti seorang raja:

1. Rasa aman
Hal pertama memiliki dunia seisinya dengan 3 hal ini yaitu seseorang yang memiliki perasaan aman dimanapun mereka berada karena selalu yakin akan dilindungi oleh Allah SWT dari segala hal buruk yang dapat menimpanya, maka orang ini telah memiliki satu hal yang dapat menjadikannya seperti seorang raja. Rasa aman ini bukan muncul karena adanya satpam, anjing galak, atau CCTV yang selalu menjaganya, tetapi rasa aman ini muncul karena selalu beriman kepada Allah SWT sehingga dia yakin bahwa Allah akan selalu menjaganya. Maka sebaliknya orang yang menggunakan satpam, anjing galak, atau CCTV untuk menjaganya merupakan tanda bahwa orang itu tidak merasa aman.

Orang yang selalu menjaga perilaku dan lisannya dengan baik maka dia akan selalu dijaga dari semua kejahatan sehingga Allah akan memberikan rasa aman kepada dirinya.

2. Kesehatan
Hal kedua yang dimiliki seseorang yang membuatnya seperti seorang raja adalah kesehatan. Setiap orang di dunia ini selalu berdoa untuk kesehatannya karena orang yang sehat dapat menikmati semua jerih payahnya seperti makanan atau minuman yang disukainya, sedangkan orang yang sakit tidak dapat makan dan minum dengan bebas seperti orang yang sehat meskipun mereka memiliki banyak harta. Sungguh ironis bukan jika kita memiliki banyak harta tetapi makan saja harus diatur dan tidak boleh makan makanan yang kita inginkan. Kesehatan adalah salah satu dari 3 hal saja, untuk mendapat dunia seisinya.

3. Memiliki makanan untuk hari ini
Memiliki makanan untuk hari ini saja ternyata cukup untuk menjadikan Anda hidup seperti seorang raja. Setiap manusia seharusnya tidak perlu khawatir untuk makanan besok karena Allah akan mencukupkan segala kebutuhan hambanya yang selalu bertaqwa kepada-Nya. Setiap manusia seharusnya tidak perlu khawatir akan kebutuhan dunianya karena Allah akan selalu mencukupkan semuanya bagi hambanya yang selalu bertaqwa. Maka tak seharusnya jika manusia hanya mengejar kenikmatan dunia saja dengan bekerja keras mengumpulkan harta berlimpah tetapi malah meninggalkan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Jika ketiga hal ini telah dimiliki oleh seseorang maka dia telah hidup jadi raja dengan 3 hal ini dan memiliki dunia beserta dengan seluruh isinya. Hal ini telah dijelaskan dalam hadits Rosul yang diriwayatkan oleh Bukhari bahwa seseorang yang memiliki rasa aman, kesehatan, dan memiliki makanan untuk hari ini maka dia telah hidup seperti seorang raja yang memiliki dunia beserta isinya.

Hadits ini telah mengajarkan kepada manusia bahwa kita harus menjaga hubungan dengan sesama dan menjaga perilaku serta lisan untuk hidup tentram dan aman, kita senantiasa juga harus menjaga kesehatan dengan baik, dan kita harus selalu bersyukur dengan rejeki yang telah kita terima serta kita harus menurunkan ambisi untuk mengejar dunia saja.
0 Komentar untuk "Cukup Miliki Tiga Hal Ini, Maka akan Miliki Dunia Seisinya"

Back To Top