Ini Dia Doa yang Dibaca Ketika Sujud dalam Shalat


Sujud merupakan salah satu rukun di dalam shalat yang harus kita lakukan. Kita harus mempelajari setiap bacaan dalam shalat, termasuk dalam sujud. Rasulullah juga telah memberikan contoh bagi umatnya untuk menunaikan shalat dengan baik dan bacaan yang benar.

Ini Dia Doa yang Dibaca Ketika Sujud dalam Shalat

Pada suatu ketika, Allah berseru kepada malaikat untuk sujud kepada Adam, maka mereka semua sujud kecuali iblis. Mereka takabur dan tidak mau sujud. Orang-orang kafir termasuk di dalam golongan itu. Hal ini dijelaskan dalam sebuah ayat di dalam Al-Qur’an.

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada kita mengenai beberapa bacaan yang bisa kita gunakan ketika sujud dalam shalat sesuai dengan ajaran Islam. Bacaan pertama, biasanya digunakan Rasul untuk shalat subuh, sedangkan bacaan kedua untuk shalat dzuhur, begitu juga seterusnya, meskipun beberapa diantaranya bisa digunakan untuk shalat malam. Berikut adalah beberapa doa yang dibaca saat sujud, yaitu:

1. Subhaana rabbiyal a’laa (tiga kali)
Rasul pernah membaca bacaan ini hingga berulang-ulang pada shalat malam ketika sujud. Hal ini membuat sujud Rasul sama lamanya ketika beliau berdiri.

2. Subhaana rabbiyal a’laa wabihamdih (tiga kali)

3. Subbuuhun quddusun rabbul malaaikati war ruuh
Maksud dari kata ruuh dalam bacaan ini ialah malaikat Jibril.

4. Subhaa-nakallahumma rabbanaa wa biham-dika allaahum-maghfil-lii
Ketika ruku dan sujud, Rasul banya membaca doa ini, terlebih setalh surah An-Nashr telah diturunkan. Beliau melakukan hal ini untuk mengamalkan perintah Allah yang ada pada akhir surah.

5. Allhummagh-fir-lii dzan-bii kullahuu, diqqahuu, wa jullahuu, wa awwa-lahuu, wa aa-khirahuu, wa ‘alaa-niya-tahuu wa sirrahuu

6. Allahumma laka sajad-tu, wa bika aamantu, wa laka aslam-tu. Sajada wajhii lilladzii khala-qahuu, wa shawwa-rahuu, wa syaqqa sam’ahuu wa basharahuu, tabaarakallahu ahsanul khaaliqin.

7. Subhaana dzil jabararuut, wal malakuut, walkibtiyaa, wal ‘adzamah
Pada shalat malam, beliau sering mengulang bacaan ini hingga lama sekali. Beliau juga membaca surah Al-Baqarah.

Selain itu, Rasul juga memberikan contoh bacaan sujud untuk shalat malam dan doa ketika sujud sajadah. Hal ini berdasarkan keterangan oleh A’isyah. Berikut ini adalah beberapa bacaannya:

1. Subhaanaka allahumma wa bihamdika laa ilaaha illa anta

2. Allahummagh-firlii maa asrar-tu wa maa a’lantu

3. Allahumma innii a’-uudzu bi ridhaa-ka min sakhatik, wa bi mu’aafatika min ‘uquubatik, wa a-‘auudzu bika min-ka, laa uh-shii tsa-naa-an ‘alaika anta, karnaa ats-naita ‘alaa nafsik

Berdasarkan penjelasan doa ketika sujud sahwi di atas, kita tahu bahwa sholat merupakan kewajiban dimana banyak kandungan doa dalamnya. Bahkan disebutkan bahwa shalat merupakan tiang agama. Terdapat satu rukun yang masih jarang diketahui orang-orang, yaitu tumakninah. Setiap rukun harus diikuti dengan rukun tersebut, maksud dari tumakninah adalah tenang sehingga jika kita melakukan sujud, kita harus melakukannya dengan tenang hingga sujud sempurna, baik gerakan dan bacaannya.

Sebagai seorang muslim, kita harus mencontoh perilaku tauladan Nabi. Setiap perilaku dan perkataan Nabi merupakan perbuatan mulia yang patut untuk dicontoh. Bahkan hal tersebut, dijadikan sebagai sunnah dimana kita akan mendapatkan pahala jika mengerjakannya, dan apabila meninggalkannya kita tidak akan berdosa, hanya saja kita menjadi orang yang merugi. Selagi Allah masih memberikan waktu untuk kita hidup, apa salahnya kita menggunakan kesempatan itu untuk mengumpulkan amal ibadah sebanyak-banyaknya.
1 Komentar untuk "Ini Dia Doa yang Dibaca Ketika Sujud dalam Shalat"

Back To Top