Menurut Imam al-Ghazali, Inilah Penyakit yang Tidak Ada Obatnya


Allah menurunkan berbagai penyakit dimuka bumi ini pasti terdapat obatnya, tetapi Menurut Imam al-Ghazali, ada sebuah penyakit yang sama sekali tidak ada obatnya. Banyak penyakit yang dapat menyerang setiap manusia mulai dari penyakit jasmani yang biasa ditangani dengan bantuan medis hingga penyakit rohani yang banyak menyerang siapa saja. Penyakit apa yang tidak ada obatnya?

Menurut Imam al-Ghazali, Inilah Penyakit yang Tidak Ada Obatnya

Penyakit yang banyak menjakit seluruh umat manusia adalah penyakit rohani dan jenis penyakit ini sangat sulit untuk disembuhkan. Menurut Imam Al-Ghazali terdapat satu penyakit yang tidak ada obatnya di dunia ini. Penyakit ini banyak menjakit seluruh umat manusia bahkan mereka tidak merasa terjangkit oleh penyakit membahayakan ini. Penyakit rohani yang dimaksud adalah debat dan ternyata terdapat hadits tentang larangan berdebat.

Dalam kitab yang telah ditulis Imam Al-Ghazali ini telah dijelaskan bagaimana bahayanya penaykit debat yang banyak menyerang setiap orang. Beliau telah berpesan melalui kitabnya bahwa janganlah kita berbantah-bantahan karena penyakit ini tidak ada obatnya sehingga jauhilah dengan semaksimal mungkin.

Banyak kita lihat dimasyarakat bahwa orang yang melakukan perdebatan selalu ingin kemenangan dan ujung-ujungnya pasti akan menimbulkan permusuhan dan perpecahan. Dalam debat sebagian besar orang telah dikuasai oleh hawa nafsu mereka masing-masing sehingga meraka hanya berpofus pada kemenangan semata tanpa memperdulikan benar atau salah sehingga setiap terdapat perdebatan pasti hanya mengutamakan kemenangan, sehingga debat kusir dalam islam sebaiknya dijauhi.

Setiap orang memiliki pendapat dan pemikiran masing-masing dalam melihat sebuah masalah sehingga akan menimbulkan perdebatan. Masing-masing orang akan memberikan alasan kuat dari pendapatnya itu sehingga mereka banyak yang menutup mata dan telinga untuk mendengarkan pendapat dari orang lain. Hal ini terjadi karena hawa nafsu yang telah menguasai pikiran dan hati sehingga kebenaran tidak lagi dicari tetapi hanya kemenangan yang menjadi tujuan utama dalam perdebatan.

Perdebatan yang demikian ini tidak akan menghasilkan keuntungan atau kebenaran yang jelas tetapi hanya akan menimbulkan kerugian bagi semua orang karena mereka akan semakin diliputi rasa kebencian jika mengalami kekalahan dan akan semakin sombong jika mengalami kemenangan. Inilah yang sangat dikhawatirkan bagi setiap muslim karena dapat merusak keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Rosulullah juga pernah menjelaskan bahwa seseorang yang mulanya benar tetapi gemar melakukan perdebatan maka dia akan menjadi sesat karena perdebatan ini, maka sebagai seorang muslim kita harus menghindari hal-hal yang dapat menjerumuskan kedalam masalah perdebatan atau bantah-bantahan yang sangat merugikan.

Hukum berdebat dalam Islam memang diperbolehkan tetapi dengan tata cara yang benar yaitu dengan ahsan. Maksudnya adalah perdebatan yang dilakukan dilandasi dengan tujuan menyampaikan kebenaran dan kebaikan, serta harus disampaikan dengan akhlak yang baik dan santun, selain itu juga tidak diperbolehkan untuk memaksakan pendapat kita kepada orang lain serta harus menghargai dan menghormati pendapat orang lain. Jika kita memiliki kesalahan dalam menyampaikanj pendapat maka harus mengakui kesalahan dan menerima pendapat yang benar dengan hati terbuka.

Tetapi masih banyak ibadah lainnya yang dapat dilakukan untuk menumpuk pahala tanpa harus melakukan debat. Jadi sebaiknya kita menghindari perdebatan dan lebih berfokus pada amal ibadah lain yang lebih bermanfaat. Jika ibadah lain masih banyak lalu mengapa kita harus melakukan debat yang justru lebih berpeluang untuk menjerumuskan kita kedalam dosa seperti pertengkaran, sifat sombong, dan lainnya.
0 Komentar untuk "Menurut Imam al-Ghazali, Inilah Penyakit yang Tidak Ada Obatnya"

Back To Top