Tips Mengatasi Mabuk Saat Perjalanan Mudik

Mudik secara pengertian adalah peristiwa dimana seseorang ingin pulang kembali ke kampungnya karena seseorang tersebut merindukan keluarganya yang ada dikampung atau alasan tertentu. Apalagi disaat menjelang lebaran pasti banyak ingin pulang kampung. Namun disaat mudik pasti ada masalah yang pastinya kita tau yaitu Mabuk dalam perjalanan, dimana disaat badan kita mulai tidak enak dan kepala pusing yang membuat kita muntah-muntah. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan beberapa tips yang bisa mengatasi mabuk dalam perjalan mudik Anda.

Tips Mengatasi Mabuk dalam Perjalanan Mudik

Sebelum membahas tips tersebut mari kita ketahui mengapa terjadi mabuk di saat perjalanan ? Dan apa penyebabnya? Mabuk kendaraan bukanlah penyakit, Menurut seorang Doketer yang bernama DR. Andreas Prasadja, RPSGT, ahli kesehatan tidur, mabuk kendaraan disebabkan karena adanya ganguan sesaat yang dipicu oleh adanya gangguan koordinasi pada otak dan akibatnya membuat rangsangan dari luar yang diterima oleh panca indra secara bersamaan dan diteruskan ke dalam otak. Saat kepala digerakkan, cairan yang ada di dalam kanal ikut bergerak. Cairan tersebut akan memberitahu otak seberapa jauh dan seberapa cepat kepala Anda bergerak. Selain itu, cairan ini pun dapat menginformasikan ke arah mana kepala bergerak sehingga membuat kita mabuk atau pusing. Dan penyebab terjadi mabuk di karenakan Beberapa hal yaitu membaca di dalam mobil, pergi dengan perut kosong, asap rokok di dalam kendaraan, dan sistem mobil yang tidak nyaman sehingga mengakibatkan guncangan pada penumpangnya. Jadi sudah kah anda tau mengapa terjadi mabuk? Ok, mari kita lanjutkan dengan beberapa tips berikut:

Tips-tips mengatasi mabuk disaat perjalanan :
1. Yang pertama kita lakukan pada saat ingin berpergian adalah memilih posisi duduk yang tepat. Setiap kendaraan yang digunakan memiliki tempat duduk yang dapat mencegah terjadinya mabuk. Pengguna kapal laut sebaiknya memilih tempat duduk yang berada di tengah, karena pada titik ini goyangan kapal paling tidak terlalu besar. Pada duduk di Kereta api anda dapat memilih termpat duduk yang dekat dengan jendela, dengan cara duduk menghadap kedepan.Jika di Bus, pilih tempat duduk yang ada didepan dan dekat dengan supir.

2. Kedua duduklah dengan nyaman atau rileks, jangan tegang dan tidak terlampau tegak.

3. Sangat di anjurkan agar posisi mata memandang terpaku pada sekitar 45 derajat di atas garis cakrawala.

4. Usahakan kepala tidak banyak bergoyang dan bagusnya dibuat tercekap pada sandaran kursi, usahakan memakai bantal sandar yang ada di jual di pasaran karena sangat berguna untuk mengurangi goyangan pada kepala.

5. Bagi anda yang pemabuk sebaiknya konsumsilah minuman yang mengandung herbal supaya untuk menahan perut agar tidak mual disaat perjalanan, dengan mengandung herbal seperti ekstrak jahe, royal jelly, ginseng, kencur, ekstrak biji pala, jeruk nipis, ekstrak mint dan thyme. Karena kandungan bahan-bahan ini mampu mengatasi masuk angin, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tubuh menjadi hangat, mengatasi gangguan batuk, dan melegakan tenggorokan.

6. Terakhir yang penting anda membawa bekal seperti buah-buahan sebagai bekal dalam perjalanan. Karena kandungan air, serat, dan gula yang terdapat dalam buah-buahan menyediakan cukup air penawar dahaga, menyehatkan, dan memberikan energi sekaligus dapat menghilangkan pusing karena lapar. 

Jadi sudahkah anda tahu bagai mana mengatasi mabuk di saat perjalanan dan masih banyak cara yang bisa dilakukan. Jadi Kebiasaan yang telah dilakukan turun temurun dan memberikan dampak positif tetap harus dilakukan agar perjalanan terasa nyaman dan menyenangkan. Terimaksih
0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Mabuk Saat Perjalanan Mudik"

Back To Top