Ternyata Pulau Jawa Adalah Pulau Terpadat di Dunia

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan ternyata Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia. Pulau ini memiliki jumlah penduduk sekitar 124 juta jiwa, sehingga tidak heran jika Pulau Jawa menduduki peringkat pertama di dunia dalam kategori jumlah penduduk. 

Daftar Pulau yang Menunjukkan Pulau Jawa Adalah Pulau Terpadat di Dunia
Banyak media yang memberitakan bahwa pulau terpadat di dunia ada di Indonesia. Yup, begitulah kenyataannya. Indonesia memiliki banyak pulau yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi terutama di Pulau Jawa. Pulau ini terdiri dari berbagai suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Madura, Betawi, dll, tetapi yang mendominasi adalah suku Jawa karena suku ini asli dari pulau Jawa. Selain terkenal dengan banyaknya jumlah penduduk, pulau ini juga terkenal sebagai pulau terbesar ke-13 dari pulau-pulau di dunia. Selain pulau Jawa ada beberapa pulau lainnya yang juga memiliki jumlah penduduk yang padat, berikut daftar 7 pulau yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia:

Ternyata Pulau Jawa Adalah Pulau Terpadat di Dunia

1. Pulau Jawa
Pulau Jawa terpadat di dunia dan menduduki urutan nomor satu. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Indonesia dan memiliki luas 126.700 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 124 juta jiwa. Pulau ini terbagi menjadi 6 provinsi yaitu Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pusat pemerintahan Indonesia juga berada di pulau ini.

2. Pulau Honsu
Pulau Honsu merupakan salah satu bagian dari wilayah Jepang. Pulau ini mempunyai jumlah penduduk sekitar 103 juta jiwa dengan luas 230.500 km2 dan merupakan pulau terbesar di Jepang.

3. Britania Raya
Britania Raya merupakan pulau yang berada di Inggris. Pulau ini memiliki jumlah penduduk sebesar 58 juta jiwa dengan luas wilayah 218.595 km2. Didalam pulau ini terdapat tiga negara bagian yaitu Skotlandia, Wales, dan Inggris.

4. Pulau Luzon
Pulau Luzon adalah pulau yang terletak di Filipina. Pulau ini memiliki jumlah penduduk sekitar 46.228.000 jiwa dengan luas wilayah 104.668 km2. Ibu kota negara ini yaitu Manila yang merupakan salah satu kota terpadat di dunia juga terdapat di pulau Luzon ini.

5. Pulau Sumatera
Pulau Sumatera adalah salah satu pulau yang terletak di Indonesia. Jumlah penduduk pulau ini sekitar 45 juta jiwa dengan luas wilayah 470.000 km2 dan merupakan pulau terbesar ke-6 di dunia.

6. Pulau Taiwan
Pulau Taiwan terletak di Republik Cina dengan jumlah penduduk mencapai 22.200.000 jiwa. Panjang pulau ini adalah 245 mil dan lebarnya 89 mil.

7. Pulau Srilanka
Pulau Srilanka terletak di Srilanka dan memiliki jumlah penduduk mencapai 20.700.000 jiwa. Nama lain pulau ini adalah Lanka, Lankadeepa, Selan, dan Serendip.

Itulah beberapa daftar pulau terpadat di dunia dan rupanya pulau Jawa merupakan pulau dengan populasi terpadat di Indonesia juga di dunia. Pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi tingkat kepadatan penduduk khususnya di pulau Jawa. Upaya-upaya yang telah dilakukan antara lain:

1. Melaksanakan program Keluarga Berencana (KB)
Program KB telah diberlakukan di Indonesia sejak lama, program ini bertujuan untuk menekan jumlah penduduk dengan cara pemograman terhadap pasangan suami istri untuk memiliki anak maksimal dua saja.

2. Transmigrasi
Transmigrasi bertujuan untuk memeratakan jumlah penduduk pada setiap daerah sehingga tidak ada penumpukan jumlah penduduk pada satu daerah saja.

3. Pelaksanaan wajib belajar 12 tahun
Dengan adanya wajib belajar 12 tahun dapat meningkatkan sumber daya manusia dan pola pikir generasi muda sehingga dapat mengurangi terjadinya pernikahan muda.

Itulah beberapa informasi yang membuktikan bahwa pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dan rupanya pemerintah tidak tinggal diam untuk mengatasinya.
0 Komentar untuk "Ternyata Pulau Jawa Adalah Pulau Terpadat di Dunia"

Back To Top